5 Tips Bikin Karir Lebih Kinclong di 2021

Oleh Helena Yupita pada 21 Jan 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 21 Jan 2021, 07:00 WIB
Wanita Karir
Perbesar
ilustrasi Foto Wanita Karir (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang, pekerjaan hanyalah alat untuk menghasilkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Namun banyak pula yang bangga dan senang melakukan pekerjaan mereka dan menganggap pekerjaan lebih dari itu.

Apa pun kategori yang Anda sukai, akan bermanfaat untuk menjadi sebaik mungkin dalam apa yang dilakukan. Berikut beberapa tips untuk menjadi karyawan yang lebih dihargai, melansir dari laman the ascent, Kamis (21/1/2021).

1. Mengembangkan keterampilan

Pasar kerja mungkin tidak kuat saat ini, dan peluang mungkin tampak terbatas di dalam dan di luar perusahaan karena krisis ekonomi yang sedang berlangsung. 

Namun bukan berarti peluang baru tidak akan segera muncul. Itulah mengapa selalu bermanfaat untuk mengembangkan keterampilan kerja dan meningkatkan keterampilan yang sudah dimiliki maupun mempelajari keterampilan baru. 

Bukan ide yang buruk untuk fokus pada keterampilan khusus dalam industri. Misalnya mempelajari perangkat lunak baru jika berada di bidang TI, keterampilan lunak yang berlaku untuk industri apa pun seperti manajemen waktu, komunikasi, dan organisasi.

2. Tetap berhubungan dengan kolega

Banyak orang bekerja dari rumah akhir-akhir ini, dan dengan pengaturan tersebut, mudah untuk tidak berhubungan dengan sesama karyawan. 

Tetapi tetap berhubungan atau membangun relasi itu penting. Ini akan membantu Anda mempertahankan hubungan kerja yang solid, dan memberi kesempatan untuk belajar dari orang lain. 

Berusahalah untuk tetap menjangkau kolega Anda. Selenggarakan makan siang atau bahkan makan malam virtual setelah bekerja. Dan juga tidak ada salahnya untuk sesekali menyapa dengan chatting.

 

3. Terbuka dengan atasan

[Fimela] bekerja
Perbesar
ilustrasi bekerja di kantor | unsplash.com/@brookecagle

Manajer Anda seharusnya membimbing dan membantu berkembang secara profesional, jadi jangan gunakan work from home sebagai alasan untuk melewatkan umpan balik itu. 

Sebaliknya, bicarakan dengan atasan tentang kinerja Anda. Tanyakan bagaimana perasaan, dan area apa yang berpotensi ditingkatkan. Wawasan tersebut dapat membantu Anda membuat keputusan yang mengarah pada peran yang lebih baik.

4. Mau menerima perubahan

Banyak orang harus beralih ke pekerjaan jarak jauh ketika pandemi virus korona merebak. Namun saat vaksin tiba, mungkin staf akan kembali ke kantor sebagian, atau bahkan penuh waktu. 

Bersikaplah fleksibel, dan lakukan yang terbaik  dengan perubahan apa pun yang menghampiri Anda selama itu tidak membahayakan kesehatan. Sikap yang benar mengirimkan pesan positif kepada orang yang bertanggung jawab atas gaji Anda.

5. Temukan gairah

Sulit untuk melakukan pekerjaan yang benar-benar tidak dapat dipertahakankan dengan baik. Jika Anda melakukan gerakan hanya untuk mengumpulkan gaji, tetapi tidak mendapatkan kegembiraan atau kepuasan dari apa yang dilakukan, mungkin inilah saatnya untuk melihat perubahan. 

Tentu saja, tahun 2021 adalah waktu yang menakutkan untuk berpindah dari satu peran ke peran lainnya. Perekonomian secara keseluruhan tidak bagus, dan ada krisis kesehatan yang sedang berlangsung yang membuat semua orang ketakutan. 

Tetapi jika Anda menemukan peran yang lebih disukai, itu tidak hanya lebih membuat bahagia, tetapi juga bekerja lebih baik untuk perusahaan. 

Itu bisa menjadi tiket untuk mendapatkan keamanan kerja yang lebih baik atau bahkan kenaikan gaji. Anda mungkin menghabiskan banyak waktu di tempat kerja, jadi ada gunanya untuk sukses dalam pekerjaan itu.

 Ikuti tips-tips berikut, dan jika beruntung, Anda akan membuat kemajuan yang solid tahun ini yang bermanfaat bagi diri sendiri untuk jangka panjang.

Saksikan Video Ini

Lanjutkan Membaca ↓