Sukses

3 Jurus Andalan Sandiaga Uno Tarik Wisatawan Masuk Indonesia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno telah menyiapkan tiga strategi untuk menarik lebih banyak wisatawan masuk ke Indonesia di 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno telah menyiapkan tiga strategi untuk menarik lebih banyak wisatawan masuk ke Indonesia tahun ini. Tiga strategi tersebut antara lain inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

"Tiga platform Kemenparekraf yaitu akan menitik beratkan pada inovasi, adaptasi dan kolaborasi. Inovasi, kita akan menyelesaikan persoalan dengan solusi dan alternatif baru," ujar Sandiaga saat rapat dengan DPR, Jakarta, Kamis (14/1).

Kedua, adaptasi. Di mana industri pariwisata akan diarahkan untuk bisa bertahan dalam segala kondisi termasuk di tengah kondisi pandemi saat ini. Lalu, kolaborasi di mana Kemenparekraf akan menggerakkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan bekerjasama dengan sinergi untuk mencapai pertumbuhan yang maksimal.

"Untuk menerapkan upaya tersebut kita akan sampaikan strategi inovasi. Ini upaya mendasar mulai dari kebersihan toilet, hotel program destinasi super prioritas. Desa wisata ini kita perbaiki produk ekraf nya, kuliner, kriya. Mulai dari busana tarian sampai infratruktur dan interkoneksi," jelasnya.

Sandiaga Uno menjelaskan, untuk kolaborasi pihaknya akan bekerjasama dengan semua pihak. Nantinya akan terus digencarkan kampanye 3G, 4K dan 5 Destinasi Super Prioritas.

"Kolaborasi saya rasa, kita yakin kolaborasi khususnya pentahelix melibatkan semua pihak. Ini sangat dibutuhkan semua pelaksaan program tersebut akan dengan semangat 3G, 4K, 5 Destinasi. 3G Gercep gerak cepat, geber gerak bersama, gaspol garap semua potensi lapangan kerja. 4K kebersihan, kesehatan, keselamatan, keberlanjutan lingkungan," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rapat Perdana di DPR, Sandiaga Uno Beberkan 4 Tugas Penting dari Jokowi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menghadiri rapat kerja perdana dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Rapat tersebut beragendakan perkenalan menteri baru dan rencana kerja di 2021.

Sandiaga Uno mengatakan, sejak dilantik Presiden Jokowi pada 23 Desember lalu ada sejumlah tugas penting yang disampaikan. Pertama, melakukan akselerasi pembangunan infrastruktur di 5 destinasi prioritas.

"Saya ingin menyampaikan arahan yang saya terima pada saat saya ditunjuk pada 23 Desember lalu. Pertama, akselerasi pembangunan infrastruktur di 5 destinasi prioritas," ujar Sandiaga Uno, Jakarta, Kamis (14/1).

Kedua, melakukan penyiapan rencana kegiatan atau calender of events di setiap destinasi terutama di 5 destinasi super prioritas. Hal ini tak lain untuk memberikan informasi kepada wisatawan mengenai agenda penting di tempat wisata.

"Ketiga, berkaitan dengan mata rantai Covid yaitu implementasi aspek K4 yaitu kebersihan, kesehatan, keselamatan dan keberlanjutan lingkungan pada setiap destinasi pariwisata sehingga wisatawan merasa aman dan nyaman," jelasnya.

Keempat adalah, menjadikan ekonomi kreatif menjadi lokomotif penciptaan lapangan pekerjaan terutama untuk sektor yang menggerakkan ekonomi.

"Kita hampir menaungi 34 juta rakyat Indonesia yang mencari kehidupan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Ini menjadi tugas penting," paparnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com 

3 dari 3 halaman

Sandiaga Uno Libatkan Relawan Parekraf Bantu Cari Korban Sriwijaya Air SJ182

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno atau yang akrab dipanggil Sandiaga Uno mendukung penuh upaya pencarian korban jiwa dan serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu. Pihaknya bahkan sudah berkoordinasi dengan seluruh pelaku pariwisata ekonomi kreatif (parekraf) untuk turut membantu proses pencarian.

"Jadi kami langsung minta beberapa simpul relawan masyarakat pariwisata dan ekonomi kreatif Kepulauan Seribu untuk membantu langkah pemerintah untuk segera melakukan langkah yang secara koordinasi di bawah Basaranas. Untuk bekerja giat di lokasi agar mudah-mudahaan kita bisa lebih lancar dalam proses search and rescue Sriwijaya 182 ini," katanya kepada wartawan, Minggu (10/1).

Di samping itu, pihaknya juga menggandeng beberapa relawan pariwisata ekonomi kreatif lokasinya berada di daerah pesisir. Sebab, tidak menutup kemungkinan bangke pesawat akan terbawa hingga ke pesisir pulau di sekitaran Kepulauan Seribu.

"Jadi kita siapkan juga relawan yang ada di pesisir Jakarta karena arus laut yang mengarah ke darat dan kokasi kejadian juga saya diberi tahu oleh relawan di laut yang cukup dangkal," jelasnya.

Adapun hingga sejauh ini, Menurut Mantan Gubernur DKI Jakarta itu, sudah ada dua simpul relawan utama yang turun di lapangan. Salah satunya relawan Indonesia bersatu. Di mana para relawan tersebut terus membantu Basaranas di sekitar lokais jatuhnya pesawat.

"Mereka membantu aparat sebetulnya sejak kemrin sejak dengar musibah dan warga empat pulau mulai dari untung jawa, lancang, payung dan tidung dibantu masyarakat nelayan muara angke dan kamal muara pagi ini juga sudah berada di lokasi dengan koordinasi dari Basarnas BNPB dan TNI AL," jelas Sandiaga Uno.

Dwi Aditya Putra

Merdeka.com  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.