Sukses

Mengenal Black Box Pesawat, Cara Kerja dan Fungsinya

Selain korban dan serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ182 petugas tim gabungan memprioritaskan untuk mencari black box yang akhirnya ditemukan pada sore ini.

Liputan6.com, Jakarta - Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di perairan Kepulauan Seribu masih menyisakan duka mendalam bagi keluarga dan bangsa Indonesia. Upaya pencarian korban kecelakaan pesawat jenis Boeing 737-500 itu terus dilakukan oleh tim gabungan.

Setelah berhasil menemukan para korban dan serpihan pesawat, petugas tim gabungan memprioritaskan untuk mencari black box yang akhirnya ditemukan pada sore ini.

Seperti dikutip dari FlightRader24, black box adalah perekam penerbangan atau flight recorder yang mencatat semua data selama penerbangan. Black box sendiri menjadi kunci utama untuk mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan pesawat.

Black box sengat penting dan perlu ditemukan, sebab bisa membantu penyelidik untuk mencari tahu peristiwa sebelum terjadinya kecelakaan. Nantinya, data yang disimpan pada perekam akan membantu penyelidik kecelakaan penerbangan (Air Crash Investigators) dalam menghasilkan rekonstruksi video komputer penerbangan dan menggambarkan terkait penanganan pesawat sebelum kecelakaan.

Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan black box dan bagaimana cara kerjanya? Simak ulasannya yang Merdeka.com rangkum dari FlightRader24:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Black Box

Black box adalah komponen penting dalam pesawat yang digunakan dalam industri penerbangan sebagai perekam data penerbangan. Seperti dikutip dari FlightRader24, black box merupakan hard drive yang berfungsi untuk merekam semua riwayat dalam suatu penerbangan.

Komponen penting dalam pesawat yang ditemukan oleh ilmuwan Australia, Dr David Warren ini, pertama kali diproduksi pada tahun 1957.

Meski dinamakan black box atau kotak hitam, sebenarnya komponen ini berwarna oranye. Tentu saja, warna oranye dipilih agar memudahkan petugas saat mencarinya. Sedangkan, penamaan black box sendiri berawal dari sejarah penggunaannya pada masa Perang Dunia II.

3 dari 4 halaman

Cara Kerja Black Box

Sebagaimana kita tahu, black box merupakan komponen penting dalam pesawat yang digunakan untuk mengetahui informasi penyebab kecelakaan pesawat. Seperti dikutip dari DW, black box dirancang sangat kuat dan mampu menahan banyak skenario kecelakaan tanpa mengalami kerusakan. Bahkan, black box mampu menahan benturan dinding beton dengan kecepatan 750 kilometer per jam.

Black box sendiri terdiri dari dua bagian, yakni Flight Data Recorder (FDR) dan Cookpit Voice Recorder (CVR). FDR berisi rekaman kecepatan, percepatan vertikal, aliran bahan bakar, dan ketinggian. Sedangkan, CVR berisi mengenai pembicaraan atau percakapan yang terjadi di kokpit selama penerbangan.

Di samping itu, black box juga memiliki perangkat Underwater Locator Beacon (ULB). Nantinya, perangkat tersebut akan aktif setelah perekam bersentuhan dengan air dan bisa mengirimkan sinyal dari kedalaman 14.000 kaki. Oleh karena itu, perangkat tersebut bisa membantu menemukan black box jika jatuh di kedalaman laut.

Apabila black box ditemukan, nantinya penyelidik akan membawa komponen tersebut ke laboratorium untuk mengunduh data di dalamnya. Setelah itu, akan mencoba merekonstruksi ulang semua peristiwa selama penerbangan. Meski begitu, proses ini membutuhkan waktu sekitar berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk menyelesaikannya.

4 dari 4 halaman

Fungsi Black Box

Setelah terjadi kecelakaan pesawat, tim penyelidik akan selalu berusaha menemukan black box. Pasalnya, black box menjadi kunci utama untuk mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan. Seperti dikutip dari Netgeotv, black box berfungsi untuk mencatat percakapan kru pesawat dan memonitor setiap suara yang terjadi pada kokpit.

Di samping itu, black box juga mampu merekam semua kejadian sebelum terjadinya kecelakaan pesawat. Dengan ditemukannya black box, para penyelidik akan menangkap suara seperti suara peringatan atau ping darurat. Tak hanya itu, black box juga dilengkapi dengan komponen yang mampu memantau aksi lain yang dilakukan oleh pesawat, seperti pergerakan flap pada sayap dan pengukur bahan bakar.

Reporter: Jevi Nugraha

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.