Sukses

Inilah Alasan Harus Ajari Anak Tentang Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit tidak dapat sembarangan. Berilah anak Anda pengajaran tentang bagaimana menggunakan kartu kredit yang baik dan benar.

Liputan6.com, Jakarta Berbicara dengan anak tentang kartu kredit sama pentingnya dengan mengajari mereka mengemudi, menanamkan etika yang baik, dan memberi tahu mereka tentang narkoba dan alkohol.

Banyak anak-anak dan remaja yang bersemangat saat tahu akan mendapatkan kartu kredit, tetapi seringkali karena alasan yang salah.

Lawan kesalahpahaman mereka sejak dini, dan mereka lebih cenderung menjadi pengguna kartu kredit yang cerdas ketika saatnya tiba.

Anak-anak harus memahami bahwa kartu kredit dapat menjadi alat yang hebat jika digunakan dengan benar. Mereka juga harus memahami bahaya penyalahgunaan kartu kredit yang dapat menghancurkan kehidupan finansial Anda.

Mulailah dengan konsep uang dasar terlebih dahulu. Biarkan anak mendapatkan pengalaman membelanjakan uang yang mereka peroleh dari uang saku, pekerjaan paruh waktu, atau melakukan pekerjaan rumah.

Mungkin pula biarkan mereka meminjam uang dari Anda beberapa kali untuk menunjukkan cara kerja pinjaman.

Melansir dari laman the balance, jika saatnya tiba, berikut adalah beberapa pelajaran yang perlu Anda ajarkan ke anak tentang kartu kredit.

1. Ini Bukan Uang Anda dan Tidak Gratis

Anak-anak sering kali tumbuh dengan berpikir bahwa kartu kredit ibu dan ayah adalah keajaiban. Namun, uang itu perlu dibayar kembali, dan semakin lama waktu yang dibutuhkan, semakin banyak biayanya. 

Hal pertama yang harus mereka ajarkan adalah bahwa kartu kredit memungkinkan mereka menggunakan uang orang lain. 

Saldo memang dapat dilunasi sekaligus atau seiring waktu, tetapi anak Anda harus tahu bahwa semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk membayar kembali saldo tersebut, semakin banyak bunganya yang akan bertambah.

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Anak Harus Tau Tentang Penggunaan Kartu Kredit

 

2. Tidak Harus Mengandalkan Kartu Kredit

Karena kartu kredit dan kartu debit terlihat hampir sama, anak mungkin berpikir Anda telah menggunakan kartu kredit untuk semua pembelian. Jelaskan bahwa kartu kredit tidak dimaksudkan untuk kebutuhan pokok seperti makanan dan kebutuhan sehari-hari. 

Ajari anak Anda bahwa rekening giro mereka, yang menyimpan uang yang telah mereka peroleh, harus menjadi cara utama mereka untuk membayar pembelian bahkan yang besar. Pelajaran tentang menabung dan menunda kepuasan adalah hal mendasar.

3. Ada Batasan untuk Apa yang Dapat Dibeli dengan Kartu Kredit

Penerbit kartu kredit memberlakukan batas kredit dengan saldo maksimum yang dapat dimiliki pemegang kartu. Peringatkan anak agar tidak menumpuk saldo besar karena itu akan mempersulit mereka menggunakan kartu kredit ketika sesuatu yang penting muncul.

Menjaga saldo kartu kredit rendah juga bertanggung jawab karena lebih mudah untuk melunasi dan membantu membangun sejarah kredit yang lebih baik. 

Keseimbangan di bawah 30 persen dari batas kredit sangat ideal. Tunjukkan pada anak Anda cara menghitung saldo kartu kredit yang ideal dan ajari mereka untuk memantau saldo secara teratur.

4. Kreditur Tidak Terima Dengan Pembayaran yang Hilang

Orang tua memiliki kesabaran yang tak terukur terhadap anak-anak mereka, yang sering kali menganggap remeh hal ini. Tetapi anak-anak harus belajar bahwa setiap orang tidak akan bersabar, terutama dalam hal uang dan biaya keterlambatan kartu kredit.

Jelaskan kepada anak bahwa, meskipun penerbit kartu kredit tidak akan mengetuk pintu untuk pembayaran yang terlewat, mereka akan mengenakan biaya. 

Mereka juga akan menelepon, mengirim surat, dan pada akhirnya dapat memutuskan untuk menuntut saldo kartu kredit yang belum dibayar, berapa pun jumlahnya. Lebih buruk lagi, perusahaan kartu kredit melaporkan keterlambatan pembayaran ke biro kredit, yang akan merusak peluang seseorang untuk mendapatkan kartu kredit lain di masa depan.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Jangan Biarkan Orang Lain Mempengaruhi Keputusan Pembelian

Kartu kredit dapat memberikan peluang besar untuk tekanan teman sebaya atau manipulasi pemasaran. Pastikan anak Anda memahami dampak iklan dan kehadirannya di mana-mana. 

Ajari mereka untuk membuat keputusan pengeluaran yang tepat dengan menghindari pembelian impulsif. 

Bicarakan tentang bagaimana teman mereka memengaruhi pilihan mereka, dan bagaimana mereka dapat berpikir kritis tentang hal itu. 

6. Gunakan Kartu Kredit Hanya Jika Anda Mampu Membayarnya

Ini kemungkinan besar akan menjadi kebalikan dari semua yang dipikirkan anak Anda tentang kartu kredit. Membuat tagihan yang tidak mampu mereka bayar kembali mengarah pada serangkaian masalah kartu kredit lainnya.

Anak harus dibiasakan untuk memikirkan pendapatan mereka sebelum melakukan pembelian kartu kredit. Selamatkan mereka dari kesalahan kartu kredit, beri tahu sebelumnya. 

Banyak anak cenderung lebih bertanggung jawab dengan keuangan mereka ketika mereka tahu ayah dan ibu tidak akan menutupi kesalahan mereka.

Setelah anak memiliki kartu kredit, sesekali tanyakan kepada mereka untuk melihat bagaimana perkembangannya. 

Pastikan Anda memberikan jawaban yang benar atas semua pertanyaan atau mengarahkan mereka ke sumber yang dapat diandalkan. Ini adalah tanggung jawab yang mengasyikkan, tetapi harus dipersiapkan dengan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.