DPR Minta Kemenhub Segera Sampaikan Informasi Terkini Pesawat Sriwijaya Air SJ182

Oleh Andina Librianty pada 09 Jan 2021, 19:18 WIB
Diperbarui 09 Jan 2021, 19:21 WIB
Desember Nanti, Penerbangan PP Belitung ke Singapura Meningkat
Perbesar
Nantinya, penerbangan carter bersama maskapai Sriwijaya Air ini kan rajin bolak balik terbang dari Belitung ke Singapura.

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat Sriwijaya Air dengan rute Jakarta-Pontianak hilang kontak, pada Sabtu (9/1/2021). Anggota Komisi V DPR Fraksi Demokrat, Irwan, meminta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan pihak maskapai Sriwijaya agar segera menyampaikan informasi dan situasi terkini.

Keterangan mengenai situasi terkini diperlukan pihak keluarga penumpang agar mendapatkan informasi yang jelas.

"Kementerian Perhubungan dan pihak maskapai agar segera menyampaikan informasi dan situasi terkini dengan hilang kontaknya pesawat agar masyarakat, khususnya keluarga penumpang mendapatkan informasi yang jelas dan tidak menimbulkan kebingungan di tengah masyarakat," kata Irwan pada Sabtu (9/1/2020).

Selain itu, ia juga mengimbau segera dibentuk tim dan dilakukan tindakan pencarian, serta penyelamatan baik oleh Basarnas dan tim pencarian lainnya. Begitu pula dengan posko bersama sebagai pusat informasi.

"Segera membuka posko bersama sebagai pusat informasi dan aksi tanggap darurat adanya musibah hilang kontaknya pesawat tujuan Jakarta-Pontianak," ungkapnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pesawat Sriwijaya Air SJ182 Hilang Kontak 4 Menit Setelah Lepas Landas

Pesawat Sriwijaya Air. (Foto: Instagram @sriwijayaair)
Perbesar
Pesawat Sriwijaya Air. (Foto: Instagram @sriwijayaair)

Pesawat Sriwijaya Air dengan rute Jakarta-Pontianak hilang kontak pada Sabtu (9/1/2021), dan diduga jatuh di skeitar Pulau Seribu. Berdasarkan data Flightradar24, pesawat hilang kontak empat menit setelah lepas landas dari Jakarta.

"Penerbangan Sriwijaya SJ182 kehilangan ketinggian lebih dari 10.000 kaki dalam waktu kurang dari satu menit, sekitar empat menit setelah keberangkatan dari Jakarta," tulis Flighrtradar24 di Twitter pad Sabtu (9/1/2021).

Pihak Sriwijaya pun angkat bicara terkait hal ini. Senior Manager Corporate Communication Sriwijaya Air, Theodora Erika, menyatakan Sriwijaya Air sampai saat ini masih terus melakukan kontak dengan berbagai pihak, guna mendapatkan informasi lebih rinci terkait penerbangan SJ-182 rute Jakarta-Pontianak.

"Managemen masih terus berkomunikasi dan menginvestigasi hal ini dan akan segera mengeluarkan pernyataan resmi setelah mendapatkan informasi yang sebenarnya," katanya pada Sabtu (9/1/2021).

Pihak Kemenhub pun telah mengkonfirmasi hilang kontaknya pesawat Sriwijaya ini.

"Telah terjadi lost contact pesawat udara Sriwijaya rute Jakarta-Pontianak dengan call sign SJY 182. Terakhir terjadi kontak pada pukul 14.40 WIB," kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati. 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya