Profil Sriwijaya Air, Maskapai yang Pesawatnya Hilang Kontak Usai 4 Menit Lepas Landas

Oleh Andina Librianty pada 09 Jan 2021, 18:52 WIB
Diperbarui 09 Jan 2021, 18:52 WIB
Desember Nanti, Penerbangan PP Belitung ke Singapura Meningkat
Perbesar
Nantinya, penerbangan carter bersama maskapai Sriwijaya Air ini kan rajin bolak balik terbang dari Belitung ke Singapura.

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak dengan nomor penerbangan SJ-182 telah hilang kontak pada Sabtu (9/1/2021). Pesawat Sriwijaya Air ini diduga jatuh di sekitar Pulau Seribu, di mana terakhir terjadi kontak pada pukul 14.40 WIB.

Sriwijaya Air merupakan maskapai penerbangan nasional yang berdiri pada 10 November 2003. Dikutip dari laman sriwijayaair.co.id, Sabtu (9/1/2021), Sriwijaya Air adalah salah satu maskapai terbesar di Indonesia yang menerbangkan lebih dari 950 ribu penumpang setiap bulan.

Perusahaan dengan slogan Your Flying Partner ini terbang ke 53 destinasi termasuk tiga negara di tingkat regional dan daerah-daerah tujuan wisata popular lainnya di seluruh Indonesia.

Sriwijaya Air berkonsentrasi pada bisnis penerbangan penumpang dan layanan pengiriman barang, dengan jangkauan nasional maupun regional.

Pada mulanya Sriwijaya Air hanya mengoperasikan 1 armada Boeing 737-200. saat ini, Sriwijaya Air mengoperasikan sudaah mengoperasikan berbagai pesawat. Diantaranya adalah Boeing 737-99ER, Boeing 737-88 NG, Boeing 737 500 W, dan ATR 72-600.

Perusahaan ini adalah perusahaan swasta murni yang didirikan oleh Chandra Lie, Hendry Lie, Johannes Bunjamin, dan Andy Halim.

Beberapa tenaga ahli yang turut menjadi pionir berdirinya Sriwijaya Air diantaranya adalah Supardi, Capt. Kusnadi, Capt. Adil W, Capt. Harwick L, Gabriella, dan Suwarsono.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Petugas Gabungan Temukan Serpihan Diduga dari Pesawat Sriwijaya SJ-182 Rute Jakarta-Pontianak

Sriwijaya Air
Perbesar
Spirit Indonesia Incorporated yang disuarakan Menpar Arief Yahya ikut direspon Maskapai Sriwijaya Air.

Sebelumnya, Kepala Sektor 8 Kepulauan Seribu Selatan Sudin Gulkarmat Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Eko Mahendra menyatakan, ada temuan serpihan kecil dan kursi yang diduga dari Pesawat Sriwijaya Air dengan rute Jakarta (Cengkareng)-Pontianak.

Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 dengan rute Jakarta-Pontianak hilang kontak pada Sabtu, 9 Januari 2021.

"Kita baru melakukan pencarian sifatnya inisiatif, dari petugas gabungan polisi, damkar, satpol pp. Dari laporan baru ditemukan serpihan kecil dan kursi," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (9/1/2021).

Ia menambahkan, pihaknya telah mengumpulkan petugas pemadam kebakaran (damkar) di sekitar Pulau Lancang.

"Saya kumpulkan pasukan (damkar) di sekitar Pulau Lancang, sementara saat ini belum dibentuk poskodal," kata dia.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 Rute Jakarta-Pontianak Hilang Kontak

Pesawat Sriwijaya Air dengan rute Jakarta-Pontianak dikabarkan hilang kontak, pada Sabtu, 9 Januari 2021. Terakhir terjadi kontak pada pukul 14.40 WIB

"Telah terjadi lost contact pesawat udara Sriwijaya rute Jakarta - Pontianak dengan call sign SJY 182. Terakhir terjadi kontak pada pukul 14.40 WIB," kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati ketika dikonfirmasi, Sabtu.

Dia mengatakan, hilangnya kontak Sriwijaya Air saat ini tengah dalam investigasi dan tengah dikoordinasikan dengan Basarnas dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

"Kami akan menyampaikan informasi lebih lanjut jika sudah ada perkembangan lain," kata dia. 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya