Sukses

Miris, Viral Uang Rp 15 Juta Rusak Dimakan Rayap usai Ditabung Bertahun Tahun

Banyak cara dilakukan masyarakat untuk menyimpan uang miliknya tetap aman sebelum dipakai.

Liputan6.com, Jakarta Uang merupakan alat pembayaran yang sah di negeri ini maupun bagian di dunia lain. Banyak cara dilakukan masyarakat untuk menyimpan uang miliknya tetap aman sebelum dipakai.

Mulai dari  yang menyimpan di bank, celengan. Meskipun ada yang menaruh di tempat yang dianggap aman di area rumah, seperti bawah kasur.

Namun, viral di media sosial Tiktok yang memperlihatkan tumpukan uang senilai total Rp 15 juta rusak di makan rayap. Terkuak jika uang tersebut selama bertahun-tahun tersimpan di bawah kasur.

Akun Tiktok @cheetoss227, seperti dikutip Kamis (7/1/2021), menunjukkan uang pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu dalam satu wadah plastik kresek hitam, terlihat menjadi sobekan-sobekan kecil karena dimakan rayap.

Pemilik akun Tiktok bernama Citra Permatasari ini membagikan kisah miris yang dikatakan terjadi pada kerabatnya.

"Diambil pelajaran ya teman teman uang Rp 15 juta dimakan rayap, akibat disimpan di bawah kasur," mengutip cuitan dalam akun Tiktok tersebut.

Tampak beberapa orang terdiri dari pria dan perempuan terlihat terus memperhatikan kondisi uang tersebut. Bahkan, sang wanita tampak memegang pecahan uang yang rusak dan menunjukkan kesedihan.

Tertulis pula kata-kata, "Sedih ga tuh,". "Tak tersisa sedikitpun." Dan "Disimpan bertahun-tahun,".

 

@cheetoss227

Di ambil pelajaran yaa teman teman , uang total 15 juta di makan rayap akibat simpan di bawah kasur selama 3thn lbh lamanya :) #fypdongggggggg #fypã‚·

♬ Hati Yang Kau Sakiti - Rossa

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diganti Bank

Kini, kabar terbarunya uang yang telah rusak dimakan rayap tersebut telah ditukarkan ke bank. Meskipun demikian, wanita tersebut tidak mendapatkan uangnya dengan nominal yang utuh.

"Iya teman-teman, ludes Rp 15 Juta, di ganti oleh pihak Bank BRI tapi gantinya cuma Rp 900 Ribu. Maaf gak bisa balas pesan satu-satu," tambah Citra menjelaskan kejadian yang terjadi setelahnya.

Respon warganet

Video ini pun lantas viral di kalangan warganet TikTok dan menuai beragam respon. Ada banyak yang menyayangkan tindakan yang dilakukan oleh wanita dalam video tersebut karena menyimpan uangnya tanpa dicek secara berkala.

"Pasti kesel banget pengen bunuh rayapnya," tulis @Dinda Annisa

"Orang-orang pada kuat ya nyimpen duit berjuta-juta di bawah kasur, gua aja nyimpen duit di celengan baru 1 juta gua intipin mulu," tulis akun @ingin kurus.

"Terus yang jadi pertanyaan, selama 3 tahun gak pernah dibersihin dan jemur tuh kasur?" tulis @GSLeader

"Jangan khawatir kak, bisa ditukar kok ke Bank Indonesia," tulis akun @Eko Saputra

"Makanya kalo punya duit simpennya di bank atau di brangkas sendiri, dan yang penting jangan pelit dan saling berbagi. Niscaya akan bertambah tak terduga," tulis @Dede Maulana

 

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.