Sukses

Inilah 20 Maskapai Penerbangan Teraman di Dunia pada 2021

AirlineRatings.com menganalisis daftar 20 teratas maskapai teraman dengan melihat riwayat kecelakaan dan insiden serius yang terjadi di satu maskapai

Liputan6.com, Jakarta Keamanan menjadi faktor sangat penting dalam dunia penerbangan dan tak bisa ditawar lagi. Dari banyaknya perusahaan atau maskapai penerbangan, tentu memiliki standar penerapan keamanan masing-masing, yang mengacu pada aturan yang ada.

Nah, situs web maskapai AirlineRatings.com, kembali melansir daftar 20 Maskapai Penerbangan Teraman 2021. Daftar tersebut menganalisis catatan kecelakaan dan kepatuhan keselamatan maskapai.

AirlineRatings.com menganalisis daftar 20 teratas maskapai teraman dengan melihat riwayat kecelakaan dan insiden serius yang terjadi di satu maskapai. Juga terkait, usia armada, dan audit 385 maskapai penerbangan yang dilakukan oleh pemerintah dan asosiasi penerbangan.

Analisis tersebut digunakan untuk merangkum 20 maskapai penerbangan teraman selama 2021.  Qantas, maskapai penerbangan asal Australia, dinobatkan sebagai maskapai teraman di dunia untuk tahun ketiga berturut-turut oleh situs AirlineRatings.com.

Qantas menjadi satu-satunya maskapai penerbangan yang akan diterbangkan karakter Dustin Hoffman dalam film "Rain Man" tahun 1988 karena "tidak pernah jatuh".

Meski, maskapai ini pernah mengalami kecelakaan fatal sebelum tahun 1951, tetapi tidak ada korban jiwa selama 70 tahun sejak saat itu.

“Qantas telah menjadi maskapai penerbangan yang sangat memperhatikan operasional keselamatan utama selama 60 tahun terakhir dan tidak mengalami hal yang menyebabkan kematian,” kata Geoffrey Thomas, Pemimpin Redaksi situs web tersebut.

Tapi Qantas dikatakan tidak sendiri. Maskapai yang sudah lama berdiri seperti Hawaiian dan Finnair memiliki rekor sempurna di era pesawat jet. 

Melansir laman CNBC, Rabu (6/1/2021), berikut 20 maskapai penerbangan teraman 2021 di dunia.

1. Qantas

2. Qatar Airways

3. Air New Zealand

4. Singapore Airlines

5. Emirates

6. Eva Air

7. Etihad Airways

8. Alaska Airlines

9. Cathay Pacific

10. British Airways

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Berikutnya

11. Virgin Australia/Virgin Atlantic

12. Hawaiian Airlines

13. Southwest Airlines

14. Delta Air Lines

15. American Airlines

16. SAS (Scandinavian Airlines)

17. Finnair

18. Lufthansa

19. KLM

20. United Airlines

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.