Sukses

Program Kartu Prakerja Dibuka Lagi, Kapan Pendaftarannya?

Pemerintah memastikan kembali melanjutkan program Kartu Prakerja di 2021

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memastikan kembali melanjutkan program Kartu Prakerja di 2021. Selain membantu meningkatkan produktivitas masyarakat, program ini juga ampuh dalam menekan angka kemiskinan di tengah pandemi Covid-19.

Untuk itu, para angkatan kerja baik yang belum bekerja, masih bekerja atau ingin meningkatkan kemampuan bekerja dipastikan dapat kembali memanfaatkan Kartu Prakerja di tahun ini.

Lalu, kapan pendaftaran Kartu Prakerja ini dibuka? 

"Program Kartu Prakerja akan berlanjut di 2021 dengan pembukaan gelombang 12," ujar Head of Communication Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja Louisa Tuhatu ketika dihubungi Liputan6.com, seperti ditulis Rabu (6/1/2021).

Kendati, Louisa belum bisa membeberkan kapan pembukaan gelombang 12 ini akan dilaksanakan. Semuanya masih bergantung kepada keputusan Komite Cipta Kerja.

"Jadwal pendaftaran dan mekanisme program Kartu Prakerja akan diputuskan oleh Komite Cipta Kerja. Begitu sudah ada keputusan akan segera kami umumkan," ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Janji Pemerintah

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto memastikan jika program kartu prakerja akan berlanjut di 2021. Bahkan, Program Kartu Prakerja tahun depan akan memakai model yang sama seperti 2020.

Tahun ini, anggaran program Kartu Prakerja mencapai Rp 20 triliun. Sedangkan tahun depan program ini juga akan dilanjutkan namun dengan dana yang kembali seperti perencanaan yakni Rp 10 triliun.

"Tahun depan kita akan kembali ke dana yang Rp 10 triliun karena program bantuan pemerintah disesuaikan dengan situasi dengan harapannya pandemi ini akan turun," ujar dia, Selasa (15/12/2020) lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.