Sukses

Puncak Arus Balik, Angkasa Pura II Pastikan Ketersediaan Alat Rapid Test Antigen

Hari ini, Minggu 3 Januari 2021 diprediksi menjadi puncak arus balik angkutan Natal dan Tahun Baru 2020/2021 di 19 bandara PT Angkasa Pura II.

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, Minggu 3 Januari 2021 diprediksi menjadi puncak arus balik angkutan Natal dan Tahun Baru 2020/2021 di 19 bandara PT Angkasa Pura II.

“Kesiapan termasuk di Airport Health Center yang merupakan fasilitas bagi calon penumpang pesawat yang ingin melakukan tes COVID-19 di bandara,” jelas President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, Minggu (3/1/2021).

Muhammad Awaluddin menambahkan, pihaknya memastikan bahwa ketersediaan alat tes COVID-19 khususnya rapid test antigen agar mencukupi. Prosedur di Airport Health Center juga dipastikan standar, serta protokol kesehatan diterapkan dengan baik di seluruh kawasan bandara.

Awaluddin juga mengatakan, lalu lintas penerbangan di seluruh bandara di bawah PT Angkasa Pura II dipantau secara real time guna secara cepat melakukan antisipasi di lapangan.

“Posko Natal dan Tahun Baru 2020/2021 sebagai wadah koordinasi stakeholder di bandara bertugas untuk memantau lalu lintas penerbangan dan penerapan protokol kesehatan di bandara-bandara,” ujar Awaluddin.

Adapun bandara PT Angkasa Pura II yang paling sibuk dalam menyambut kedatangan penumpang pesawat pada puncak arus balik adalah Bandara Soekarno-Hatta. Hari ini, 3 Januari 2021, jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta diperkirakan mencapai 80.000 orang dengan 850 penerbangan.

Pada periode Angkutan Nataru dari 18 Desember 2020 – 2 Januari 2021, pergerakan pesawat di seluruh bandara PT Angkasa Pura II tercatat 22.111 pergerakan. Sementara pergerakan penumpang pesawat mencapai sekitar 1,75 juta orang.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bandara Soetta

Khusus di Bandara Soekarno-Hatta pada H-7 sampai H+1 jumlah pergerakan pesawat sebanyak 12.590 pergerakan, dan pergerakan penumpang sekitar 1,02 juta orang. Muhammad Awaluddin menuturkan, secara umum pelaksanaan Angkutan Nataru 2020/2021 berjalan lancar di bandara-bandara PT Angkasa Pura II.

“Kami terus memantau perkembangan terkini dan melakukan sejumlah antisipasi serta perbaikan untuk mendukung berjalannya penerbangan dengan baik,” ujar Awaluddin.

Sementars, Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan, guna memperlancar proses kedatangan pada puncak arus balik ini, diimbau bagi penumpang pesawat agar menginstall dan mengisi formulir aplikasi eHAC di bandara kebarangkatan.

“Kami sudah mempersiapkan segala sesuatunya agar proses keberangkatan dan kedatangan berjalan lancar misalnya dengan mengkoordinasikan lokasi parkir pesawat, aktivitas pihak ground handling, alur kedatangan penumpang termasuk terkait pemeriksaan eHAC. Penumpang diimbau mengisi formulir eHAC di bandara keberangkatan,"tuturnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.