Sukses

Sambut 2021, Yuk Resolusi Keuangan Anda

Berikut adalah 5 cara untuk memulai resolusi keuangan 2021

Liputan6.com, Jakarta - Kini sudah 2021. Saatnya membuat resolusi untuk Tahun Baru mengenai keuangan. Apakah Anda ingin menambah tabungan atau mendiversifikasi portofolio investasi Anda? Apakah Anda ingin bebas dari pinjaman mahasiswa atau hutang properti?

Berikut adalah 5 cara untuk memulai resolusi keuangan 2021, dilansir dari laman Freemalaysiatoday.com, Jumat (1/1/2021):

1. Bergabunglah dengan kelompok pendukung

Kelompok pendukung, atau menemukan orang yang sefrekuensi bisa menjadi cara yang bagus untuk mencapai tujuan apa pun. Orang-orang dapat berbagi informasi tentang keuangan pribadi untuk memperkuat koneksi dan membangun komunitas seputar tujuan keuangan bersama.

Grup Facebook atau lainnya memungkinkan anggotanya untuk berbagi dan mendiskusikan pembaruan terkini tentang keuangan pribadi dan investasi. Anggota juga dapat mengajukan pertanyaan tentang masalah keuangan dan diskusi yang sehat didorong di antara anggota dalam lingkungan yang aman.

Ada pilihan lain juga, termasuk podcast yang berfokus pada keuangan pribadi. Meskipun Anda tidak melakukan dialog langsung, mendengarkan para ahli mendiskusikan uang dapat membantu Anda tetap fokus pada keuangan dan Anda dapat mempelajari sesuatu selama prosesnya. 

2. Pahami tujuan Anda

Jika Anda tidak memahami bagaimana tujuan keuangan Anda bekerja, Anda mungkin tidak dapat mencapainya. Katakanlah Anda ingin melunasi pinjaman Anda, apakah Anda tahu bagaimana rencana Anda akan bekerja?

Tahukah Anda manfaat melunasi pinjaman lebih awal dan apa yang harus dilakukan dengan uang yang dibebaskan? Anda dapat membelanjakan lebih banyak untuk waktu senggang atau meningkatkan tabungan pensiun Anda.

Pemahaman yang kuat tentang bagaimana strategi keuangan Anda bekerja dapat membantu dalam membuat keputusan yang lebih cerdas.

3. Catat dan nilai kredit Anda

Tinjau skor kredit Anda dan periksa skor dari laporan bank kredit, jika Anda ingin membeli mobil atau properti baru. Skor yang lebih kuat berarti semakin besar peluang pinjaman Anda akan disetujui. Anda mungkin memerlukan laporan kredit saat mencari pekerjaan baru atau melamar asuransi.

Individu dapat meminta informasi kredit mereka dari Biro Kredit. Dalam kasus badan usaha atau individu yang telah meninggal, permintaan dapat dibuat oleh orang yang diberi wewenang oleh entitas (untuk bisnis) atau oleh pengadilan (almarhum).

Periksa informasi tidak benar yang mungkin menjadi peringatan seseorang menyalahgunakan akun Anda. Periksa juga penilaian Anda, riwayat pembayaran tepat waktu dan jumlah utang Anda, atau penggunaan kredit Anda.

Skor kredit Anda juga melihat berapa lama batas kredit Anda telah dibuka, berapa banyak kredit baru yang Anda cari dan jenis kredit yang Anda gunakan. Untuk membangun skor kredit yang baik membutuhkan disiplin, dan banyak yang mungkin terpengaruh secara finansial oleh pandemi.

Banyak yang akan memanfaatkan moratorium pembayaran kembali pinjaman dan fasilitas lain yang ditawarkan oleh lembaga perbankan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Catatlah setiap kebutuhan

Prioritaskan tujuan keuangan Anda, sehingga Anda tahu mana yang harus ditangani terlebih dahulu. Bagilah menjadi kritis, kebutuhan atau keinginan.

Tujuan jangka pendek untuk membangun dana darurat Anda akan termasuk dalam kategori kritis. Alokasikan pendapatan Anda dan kelola arus kas Anda untuk memastikan Anda memiliki cukup untuk prioritas lain setelah menabung untuk dana darurat. 

5. Bekerja sama dengan perencana keuangan berlisensi

Jika Anda memiliki tujuan dalam pikiran tetapi tidak tahu bagaimana memulainya. Selain membaca tentang tip keuangan pribadi di internet, yang mungkin merupakan nasihat yang tidak akurat atau sangat buruk, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan ahlinya.

Seorang perencana keuangan berlisensi dapat melihat situasi keuangan Anda saat ini dan menyusun strategi yang lebih baik untuk menghilangkan risiko keuangan dan membangun kekayaan Anda dalam jangka panjang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.