Sukses

Mau Sukses di 2021? Taklukan 6 Ketakutan Karir Ini

Jika anda ingin memiliki kehidupan yang sukses di 2021, cobalah untuk menaklukan 6 ketakutan berikut ini

Liputan6.com, Jakarta - Penelitian menunjukkan bahwa penghalang terbesar menuju kesuksesan yang berkelanjutan bukanlah waktu, uang, atau sumber daya, tapijustru kurangnya toleransi terhadap resiko.

Tidak peduli seberapa cepat dan tidak terduganya dunia ini bergerak, semua dipaksa untuk beradaptasi setiap hari entah itu di duniapekerjaa ataupun kehidupan sehari-hari.

Scott Steinbergseorang futuris, menemukan bahwa biasanya terdapat enam ketakutan yang datang di kehidupan seorang manusia, seperti melansir CNBC Make It, Minggu (3/1/2021).

Jadi jika anda ingin memiliki kehidupan yang sukses di 2021, cobalah untuk menaklukan 6 ketakutan berikut ini:

1. Takut akan Perubahan dan Ketidakpastian

Baik itu dalam karier atau hubungan, anda akan tertinggal jika diam terus dan tidak mauberkembang.

Jangan mencoba meramal masa depan. Sebaliknya, pelajari peristiwa saat mulai terbentuk, dan mulai perlahanmenyesuaikan dengan kondisi terkini.Jangan mencoba meramal masa depan. Sebaliknya, pelajari peristiwa saat mulai terbentuk, dantindakan. Selalu melakukan refleksi dan revisi jika mempunyai informasi baru.

2. Takut akan Isolasi

Memang terkadang terasa tidak nyaman untuk melakukan dan memprjuangkan sesuatusendiri tanpa adanya dukungan dari orang lain, apalagi saat era pandemi seperti ini.

Tapi ada cara untuk maju. Ambil langkah-langkah kecil untuk membangun kepercayaan dan hubungan yang kuat dengan kolega, teman, dan anggota keluarga anda. Jadilah bagian dari tim, tetapi raih kembali hubungan anda dengan diri sendiri juga.

3. Takut akan Konfrontasi

Memiliki interaksi pribadi atau profesional dengan orang yang tidak terlalu dikenal memangseringkali bisa berakibat buruk. Tapi jika selalu menghindari situasi ini, maka masalahtidak akan pernah terselesaikan.

Tanyakan pada diri anda: Apa yang sepadan dengan waktu annda, dan apa yang tidak? Cobalah untuk pelan-pelanmenyusun strategi dan pikirkan cara terbaik untuk mengatasinya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Takut Ditolak

4. Takut akan Penolakan

Bukan hal yang aneh untuk merasa takut ditolak.takut ditolak klien, tidak mendapatkan pekerjaan impian ataumungkin produk atau jasa anda ditolak. Semua orang pasti pernah merasakan ketakutan tersebut.Pertahankan kepercayaan diri dan terus maju. Anda akan mendengar "tidak" lebih sering daripada "ya" dalam hidup.Jadi jangan pernah berhenti untuk mencoba hingga jawabannya menjadi "ya" dalam hidup.

5. Takut Kehilangan Kendali

Penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan untuk tetap berada di atas segalanya dan mengelola keadaan dan orang-orang di sekitar kita sering kali berakar dari rasa takut kehilangan kendali. Dari pada mempertanyakan dan merasa resah terhadaphal yang tidak terkontrol, pikirkan sesuatu yang bisa anda kendalikan. Mulailah perlahan-lahan menerima bahwa terkadangbeberapa variabel kehidupan berada di luar kendali anda.

6. Takut akan Kegagalan

Sasaran yang besar dan bermakna membutuhkan waktu untuk mencapainya. Mungkin beberapa kegagalanlebih dari sekali muncul sebelum mencapainya.

Cobalah untuk bereksperimen dengan sering. Sering merasakan dan mengalami kegagalan itu tidak apa-apa, tetapi pastikan gagal dengan cerdas. Gunakan kegagalan sebagai cara untuk menguji strategi dan solusi baru untuk mengoreksi jalan sampai menemukan kesuksesan.

 

Reporter: Yoga Senjaya Putra

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini