Sukses

Tiru 5 Jurus Bikin Karir Gemilang di Tahun Ini

Berikut 5 tips agar bisa mengatur ulang, membuat niat baru serta mempersiapkan kembali karir atau pekerjaan anda masing-masing di tahun 2021.

Liputan6.com, Jakarta Awal tahun menjadi waktu tepat untuk merefleksikan kondisi pekerjaan atau karir. Tahun ini menjadi peluang bagaimana Anda membuat karir lebih baik.

Pakar karir, Vicki Salemi memberikan 5 tips untuk seseorang agar bisa mengatur ulang, membuat niat baru serta mempersiapkan kembali karir atau pekerjaan di tahun 2021.

Seperti melansir CNBC, Rabu (6/1/2021). Berikut ini adalah ke 5 tips tersebut.

1. Bersihkan Tempat Kerja 

Karena kemungkinan di tahun 2021, dunia masih memerlukan banyak orang bekerja dari rumah masing-masing. Salemi berpendapat penting untuk merapikan ruang kerja di rumah. Bersihkan laci, singkirkan dokumen lama, atau buang buku yang mungkin sudah tidak diperlukan.

Selain merapikan, pikirkan juga bagaimana ruang kerja yang ada bisa membuat kinerja semakin baik dan efisien. Coba mulai memperhatikan ukuran meja kerja, kondisi kursi, atau mungkin memerlukan pencahayaan ruangan yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Lalu jangan lupa untuk mempertimbangkan hal-hal apa yang bisa dipertanggungkan oleh perusahaan masing-masing. Penting untuk menyerahkan segala pengeluaran kantor yang anda perlukan saat bekerja.

2. Tetapkan Tujuan Karir 

Sudah memasuki awal tahun, seharusnya adalah waktu yang tepat untuk mempertimbangkan masa depan ataupun visi karir.

Pertimbangkan hal-hal apa yang bisa membantu Anda mengasumsikan jika tahun ini pandemi masih memberikan hantaman kepada dunia pekerjaan.

Pikirkanlah kemungkinan untuk memiliki pekerjaan tambahan, mungkin negosiasi gaji atau mungkin coba tanyakan ke bos atau manajer atas kemungkinan kenaikan jabatan.

Jadwalkan 30 menit dengan manajer atau bos perushaan untuk mendiskusikan tujuan karir anda. Bersiaplah dengan mempersiapkan rencana untuk mencapai tujuan akhir tersebut.

Misalnya dengan mencoba untuk mendapatkan sertifikasi dalam suatu keterampilan baru atau memulai proyek baru. Karena dengan berinisiatif berdiskusi, maka biasanya anda akan dihadiahi dengan cara dan saran untuk meningkatkan karir sesuai dengan keinginan.

 

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Perbaharui CV

Sekarang adalah saat yang tepat untuk menambahkan pencapaian besar dari tahun lalu ke resume masing-masing. Misalnya, proyek baru apa yang anda kerjakan atau misalnya bagaiman perubahan tanggung jawab kerja di era pandemi ini.

Misalnya jika Anda adalah seorang manajer, maka bisa ditambahkan pernyataan "mengelola karyawan di seluruh zona waktu, atau merekrut tiga karyawan baru dengan memimpin secara jarak jauh."

4. Bangun Koneksi 

Interaksi yang terbatas selama pandemi telah menyusutkan jaringan sosial rata-rata orang sebesar 17 persen. Berdasarkan data penelitian dari profesor Yale School of Management, Marissa King.

King sendiri menambahkan bahwa sekarang orang cenderung hanya berinteraksi dengan kolega terdekat mereka setiap hari.

Yang sekarang banyak orang lewatkan dalam berjejaring adalah melakukan perkenalan dan pertemuan dengan orang-orangdari departemen yang berbeda.

Jika Anda adalah orang yang tidak terlalu suka berjejaring secara tradisional, maka coba untuk menjangkau orang lain dan berinisiatif memberikan sesuatu kepada mereka.

Entah itu untuk ungkapan terima kasih karena sudah membantu proyek sebelumnya atau sederhana mendoakan mereka selama liburan

"Setiap orang mendambakan hubungan sosial, tinggalkan pikiran bahwa berjejaring atau membentuk koneksiitu adalah kegiatan licik atau memanfaatkan," jelas King.

5. Buatlah Rencana Saat Kembali Kerja di Kantor

Jika atasan telah menetapkan tanggal di masa mendatang untuk kembali ke kantor secara penuh waktu, pikirkanlah tentang cara kerja yang sesuai dengan diri sendiri dan bagaimana biasanya anda bisa memunculkan ide baru kepada perusahaan anda.

Di sisi lain, Salemi mengatakan anda juga dapat mulai menyampaikan ide kepada atasan untuk melakukan kerjajauh secara penuh atau paruh waktu.

Karena jika anda merasa bahwa bekerja jarak jauh ternyata jauh lebih efisienterhadap pekerjaan, maka pertimbangkan diskusi tersebut daripada kembali kepada pola kerja yang tidak sesuai.

 

Reporter: Yoga Senjaya Putra

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.