Sukses

Harga Emas Naik Dipengaruhi Pelemahan Dolar AS

Harga emas naik pada hari Selasa

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas naik pada hari Selasa karena dolar melemah setelah persetujuan pemeriksaan bantuan virus corona yang lebih besar oleh Dewan Perwakilan Rakyat AS yang dipimpin Demokrat, sementara selera risiko yang meningkat menyimpannya di bawah tertinggi satu minggu sesi terakhir.

Dikutip dari CNBC, Rabu (30/12/2020), harga emas di pasar spot naik 0,4 persen menjadi USD 1,877.75 per ounce. Logam naik sebanyak 1,3 persen pada hari Senin setelah persetujuan Presiden AS Donald Trump dari paket stimulus USD 2,3 triliun.

Emas berjangka AS naik 0,1 persen menjadi USD 1.882,80.

"Emas diperdagangkan secara teknis juga dengan dukungan mendasar yang berasal dari dolar yang lebih lemah didorong oleh prospek potensi cek yang lebih besar yang didistribusikan ke konsumen AS," kata analis Saxo Bank Ole Hansen.

“Kami memasuki tahun 2021 dengan sedikit kegelisahan karena kami mendapatkan pasar saham pada level yang lebih tinggi dan (pada) prospek stimulus tambahan terhadap prospek vaksin yang mulai meningkatkan prospek ekonomi, tetapi secara keseluruhan itu tidak mengurangi keinginan untuk aman- surga logam," tambahnya.

Saham Eropa memperpanjang reli akhir tahun mereka. Sementara indeks dolar turun 0,3 persen terhadap mata uang saingannya di tengah harapan paket stimulus AS yang diperluas dengan Senat AS akan memberikan suara pada cek bantuan COVID-19 senilai USD 2.000.

Pembatasan keuntungan emas adalah kampanye vaksinasi COVID-19 maraton di seluruh zona euro yang meningkatkan prospek pertumbuhan global pada tahun 2021.

Pasar yang lebih luas akan berjalan dengan cerita pemulihan ekonomi tahun depan tetapi fiskal ekspansif dan kebijakan moneter longgar akan membuat harga emas disematkan di dekat level saat ini, kata Hitesh Jain, analis utama di Yes Securities yang berbasis di Mumbai.

Logam harus diperdagangkan dalam kisaran antara USD 1.850- USD 2.000 dalam tiga hingga enam bulan ke depan, katanya.

Harga emas, yang dipandang sebagai lindung nilai terhadap inflasi, telah naik 24 persen tahun ini, sebagian besar didorong oleh serangkaian langkah stimulus yang dikeluarkan untuk mengurangi dampak pandemi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Intip Prediksi Harga Emas di 2021

Analis memperkirakan investor akan memanfaatkan minggu terakhir tahun ini untuk mengambil saham. Dimana ini akan bermanfaat bagi harga emas. Sebab trader akan mengambil keuntungan dan menginvestasikannya kembali ke aset yang lebih aman.

"Secara historis, kami cenderung melihat investor merefleksikan beberapa kesalahan yang dibuat di masa lalu. Apa yang bisa terjadi adalah beberapa orang memilih untuk mengambil keuntungan dari ekuitas AS dan menggunakan modal ke dalam aset seperti emas," kata kepala strategi pasar Blue Line Futures Phillip Streible dilansir dari laman Kitco, Senin (28/12/2020).

Dengan demikian, harga emas minggu ini akhirnya bisa mencapai level USD 1.900 per ounce. Tetapi untuk pergerakan berkelanjutan yang lebih tinggi, logam mulia harus ditutup dan dibuka di atas USD 1.920 per ounce.

"Kita (harga emas) dapat menembus USD 1.904-1.905. Jika Anda melihat emas, tren sejak Agustus telah lebih rendah, dengan nilai tertinggi dan terendah yang lebih rendah. Jika kita berada di atas USD 1.920 dan kita menutup di wilayah positif, maka mungkin ada sesuatu yang lebih dalam di sana," kata Streible.

Dari sisi musiman, harga emas juga cenderung berkinerja baik pada akhir Desember dan awal Januari. kepala strategi pasar FXTM Hussein Sayed mengatakan, jika manajer aset ingin membukukan beberapa keuntungan dan mengurangi risiko dalam portofolio, emas kemungkinan akan menerima beberapa aliran masuk yang signifikan di hari-hari terakhir tahun 2020.

"Kami tetap positif pada logam kuning selama imbal hasil riil terus diperdagangkan di wilayah negatif, yang kemungkinan akan menjadi skenario di tahun mendatang,” kata dia.

Senada, analis senior Kitco Jim Wyckoff menyebutkan bull emas memiliki keuntungan teknis jangka pendek pada perdagangan minggu depan. Dimana resistensi pertama terlihat di hari Selasa pada USD 1.889.40 dan kemudian di USD 1.900. Support pertama terlihat di terendah minggu ini di USD 1.859, dan kemudian di 1.850.

"Bulls perlu menunjukkan kekuatan baru segera untuk menjaga uptrend tetap hidup. Sasaran harga naik selanjutnya adalah untuk menghasilkan penutupan di bulan Februari di atas resistance yang solid di tertinggi November di USD 1.973.30,” jelas dia.

Secara keseluruhan, tahun 2020 telah menjadi tahun yang sangat positif untuk emas, dengan harga naik lebih dari 22 persen sejak awal tahun. Harga emas berjangka Comex Februari saat ini diperdagangkan pada 1,882.50, naik 0,23 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.