Sukses

Program Kartu Prakerja Disebut Efektif Jadi Alat Salurkan Bantuan Sosial ke Masyarakat

Perusahaan fintech ikut berperan berkontribusi dalam penanganan dampak pandemi.

Liputan6.com, Jakarta Keberadaan Program Kartu Prakerja dinilai mempercepat proses inklusi keuangan di masa pandemi Covid-19. Itu karena program semi bantuan sosial ini terealisasi dengan sistem digital.

Mulai dari sistem pelatihan sampai penyaluran insentif yang menggunakan platform digital dan melibatkan perusahaan financial technology (fintech).

"Kami memberikan dukungan dan apresiasi karena program ini menggunakan fintech dalam proses penyaluran bantuan tunainya," kata Ekonom dari UGM, Hendri Saparini dalam Press Briefing Indonesia Fintech Society (IFSoc): Outlook Fintech 2021, Jakarta, Selasa (29/12).

Hendri mengatakan penggunaan teknologi dalam penyaluran bantuan dinilai lebih efektif, lebih transparan dan stabilitas program lebih mudah dikontrol.

Sampai 27 November 2020 lalu, Kementerian Keuangan mencatat realisasi anggaran program Kartu Prakerja telah mencapai Rp 19,89 triliun dari total anggaran Rp 20 triliun.

"Penyerapan anggaran program kartu prakerja mencapai Rp 19,89 triliun dari anggaran Rp 20 triliun yang sebagian besar pencairannya lewat fintech," kata dia.

Keberhasilan ini kata Hendri perlu menjadi sorotan karena perusahaan fintech ikut berperan berkontribusi dalam penanganan dampak pandemi.

Untuk itu, penyaluran bantuan sosial di tahun 2021 perlu dilakukan dengan cara serupa. Disamping itu, pemerintah juga perlu melakukan sosialisasi secara intens dan menyediakan akses layanan digital kepada masyarakat.

Sebab ini pemanfaatan teknologi ini bisa menjadi pisau bermata dua. Satu sisi menguntungkan dan sisi lainnya bisa menjadi ancaman.

"Karena ini jadi peringatan dan ancaman, ke depan perlu dikaitkan dengan sektornya. Jadi digitalisasi juga untuk keuangan lain bukan hanya secara umum," kata dia mengakhiri.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Animo Tinggi, Wapres Sebut Kartu Prakerja akan Lanjut di 2021

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengapresiasi capaian target Manajemen Program Kartu Prakerja yang berhasil menjaring 5,6 juta peserta atau 100 persen dari target.

Tingginya animo masyarakat membuat program Kartu Prakerjamenyentuh 43 juta pendaftar secara keseluruhan di tahun 2020.

"Insya Allah pemerintah akan memutuskan melanjutkan kegiatan ini pada 2021," ungkap dia dalam tayangan virtual di Youtube Kartu Prakerja, Senin (28/12/2020).

Menurutnya, Kartu Prakerja merupakan salah satu langkah extra ordinary pemerintah untuk menjaga kestabilan kondisi ketenagakerjaan di Indonesia.

"Pelaksanaannya memanfaatkan teknologi dan berupaya mendorong pengembangan kompetensi pencari kerja, mereka yang terkena PHK atau yang membutuhkan peningkatan keterampilan, termasuk UMKM yang tutup akibat pandemi," kata Ma'aruf.

Tak cukup sampai di situ, Ma'aruf juga membeberkan manfaat lain dari Kartu Prakerja yaituinsentif untuk menjaga daya beli yang turun akibat pandemi Covid-19.

"Insya Allah, program ini akan berhasil dengan baik," tandasnya.

Diharapkan dengan Kartu Prakerja, angkatan kerja bisa mendapatkan pekerjaan, para pekerja bisa meningkatkan keterampilannya dan pelaku UMKM yang tutup bisa membuka usaha kembali.

"Saya apresiasi hal ini, dan saya harap pelaksanaannya akan bisa lebih baik," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pemerintah membuka Program Kartu Prakerja sejak 2020 untuk membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.

    Kartu Prakerja

  • Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja & kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja.
    Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja & kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja.

    Prakerja