Sukses

5 Jurus Genjot Kinerja Kerja di Kantor

Lakukan ini agar kinerja kerja Anda meningkat.

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada formula ajaib untuk meningkatkan prestasi kerja. Namun ada beberapa langkah yang bisa diikuti untuk menggapai kinerja di kantor.

Jika Anda memiliki komitmen dan secara konsisten menerapkan strategi ini ke dalam hidup, performa kerja Anda akan meningkat secara drastis.

Tugasnya adalah menentukan strategi mana dan berapa banyak yang dibutuhkan untuk membuat resep yang tepat untuk meningkatkan kinerja kerja Anda.

Melansir laman Lifehack berikut 5 strategi yang digunakan karyawan berkinerja tinggi untuk mempertahankan produktivitas kerja yang tinggi secara konsisten, Rabu (30/12/2020).

1. Perjelas Tujuan

Memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang ingin dicapai akan memberi arah dan tujuan. Dengan kejelasan, kemungkinan besar Anda akan mengambil tindakan. 

Tuliskan tujuan yang ingin dicapai dalam jangka pendek dan atau panjang. Untuk setiap rangkaian tujuan, tentukan kerangka waktu sendiri. Rujuk ke tujuan ini secara teratur, dan pastikan Anda mencatat kemajuan yang dialami.

2. Rencanakan Setiap Hari di Malam Sebelumnya

Apa yang sering terjadi di tempat kerja jika tidak memiliki rencana tindakan harian yakni Anda akan cenderung lebih reaktif dan dapat menghadapi banyak kewalahan kecil di tempat kerja.

Kewalahan dan kekacauan di tempat kerja akan mengalihkan Anda dari tugas-tugas penting yang perlu dilakukan, dan akibatnya, produktivitas kerja akan menurun. Luangkan waktu setiap malam untuk merencanakan hari berikutnya.

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Buat Rencana Tindakan Harian

Setelah meluangkan waktu untuk merencanakan apa yang perlu dilakukan setiap hari, tulis rencana tindakan Anda dengan merinci waktu kapan tugas-tugas utama perlu diselesaikan.

Jangan habiskan 100 persen waktu Anda untuk tujuan dan tugas yang harus diselesaikan setiap hari. Alokasikan waktu untuk hubungan dan luangkan waktu untuk dihabiskan dengan rekan kerja. 

Hal terakhir yang ingin dilakukan adalah menjadi begitu fokus pada tujuan dan tugas sehingga Anda akhirnya terputus dari orang-orang dalam kehidupan kerja. 

Memiliki hubungan yang baik di tempat kerja memberikan kontribusi yang signifikan untuk dapat meningkatkan kinerja.

4. Bertanggung jawab atas Tindakan

Secara sadar pikiran kita tidak menyukai perubahan dan akan melakukan segala daya untuk mengalihkan perhatian dengan mengubah hidup.

 Semua keyakinan yang membatasi diri, ketakutan, dan pikiran negatif yang kita miliki di alam bawah sadar akan berjuang keras untuk bertahan. Jangan dengarkan mereka.

Gunakan kekuatan akuntabilitas untuk tetap di jalur. Bagikan dengan tim dan rekan kerja tentang tujuan, ide, dan pengalaman Anda tentang cara meningkatkan kinerja kerja. 

Contohkan perilaku yang diinginkan sebagai karyawan berkinerja tinggi di tempat kerja. Perhatikan tanda-tanda yang mengancam kemajuan Anda dan segera tutup itu.

5. Rayakan Kesuksesan

Mengelola pola pikir adalah kunci agar Anda tetap di jalur dan bergerak maju. Cara terbaik untuk menjaga momentum adalah dengan merayakan pencapaian ini.

Lakukan ini secara teratur karena akan menjaga motivasi Anda. Meningkatkan motivasi adalah faktor kunci bagi Anda yang ingin terus maju dan sukses keesokan harinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.