Sukses

Pos Indonesia Salurkan BST Tahap 9 ke 88.218 KPM di Kota Manado

Pelaksanaan penyaluran BST tahap Sembilan di Kota Manado, Sulawesi Utara oleh PT Pos Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Pos Indonesia senantiasa membantu pemerintah dalam hal ini melalu Kementerian Sosial dalam upaya mencapai target penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST). Penyaluran BST tahap Sembilan salah satunya dilaksanakan di Kota Manado, Sulawesi Utara.

“Penyaluran BST 2020 ini kita menerapkan teknologi, karena pekerjaan ini harus dilakukan secara lintas fungsi dan melibatkan seluruh fungsi yang ada di PT Pos Indonesia. Kemudian dalam pelaksanaannya kita juga butuh pengolahan data. Ada dari big data, strategic business unit kita yang Namanya digital platform,” kata Haris Husein, Ketua Satgas BST PT Pos Indonesia.

“ Dan yang tak kalah penting kita melibatkan fungsi pengawasan.” ungkapnya.

Sebanyak 88.218  Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Manado menerima BST yang masuk daerah dengan kategori khusus. Sulawesi Utara dengan keunikan topografinya masuk ke dalam daerah kategori khusus, yaitu daerah pesisir dan pulau-pulau keci, terpencil, dan atau perbatasan negara yang juga disebut 3 T, Terluar, Terpencil, dan Terdepan.

Dengan topografi tersebut Sulawesi Utara jadi daerah dengan keterbatasan akses geografis dan infrastruktur.

“Untuk realisasi pembayaran di klaster 3 kita harus mempunyai strategi terutama strategi dalam melihat situasi dan kondisi cuaca, karena kita harus memiliki koordinasi yang kuat, ini kunci dalam kesukesan penyaluran BST di wilayah klaster 3. Koordinasi dengan pihak keamanan dan koordinasi dengan pemda dalam hal ini aparat kecamatan dan aparat desa,” kata Temmy Talinus, Kepala Kantor Pos Manado.

Penyaluran BST tahap 9 di Kota Manado telah mencapai 97 persen yang telah disebar ke 9 Kota dan Kabupaten yang masuk dalam wilayah penyaluran BST Kantor Pos Manado, diantaranya

  • Kepulauan Sangihe
  • Kepulauan Talaud
  • Kota Bitung
  • Kota Manado
  • Kota Tomohon
  • Minahasa
  • Minahasa Selatan
  • Minahasa Tenggara
  • Minahasa Utara
  • Siau Tagulandang Biaro

“Harapan saya bantuan tahapannya diperpanjang dan biaya akan diperbesar, kalau bisa dari 300 ribu bisa kembali seperti tahap pertama hingga ketiga yang 600 ribu,” ujar Olandri Amema, penerima Bantuan Sosial Tunai.

“Terima kasih untuk kementerian Sosial yang sudah memberikan bantuan untuk pandemi ini dan terima kasih juga keoada pihak PT Pos Manado sebagai penyalur,” tambah Olandri.

Pemerintah berharap program BST yang berjalan dengan baik, tepat sasaran, dan bemanfaat bagi penerima bantuan akan mempu meningkatkan ekonomi nasional.

Pemerintah juga berharap  semua daerah di Indonesia bersinergi dengan baik, mulai dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan PT Pos Indonesia khususnya dalam program Bantuan Sosial Tunai ini.

Untuk informasi selengkapnya, silahkan saksikan video berikut ini,

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.