Sukses

2 Ruas Tol Trans Sumatera Ini Beroperasi Gratis hingga 4 Januari 2021

Khusus untuk Ruas Bakauheni–Terbanggi Besar Tol Trans Sumatera telah diadakan pemeriksaan hasil rapid antigen.

Liputan6.com, Jakarta - PT Hutama Karya (Persero) mengoperasikan dua ruas tol di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) secara fungsional alias tanpa tarif selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020/2021.

Kedua ruas tersebut pertama Jalan Tol Medan–Binjai Seksi 1 (Tanjung Mulia–Marelan–Helvetia) segmen Tanjung Mulia–Marelan sepanjang 4,2 km yang beroperasi gratis sejak Rabu (23/12/2020). Kedua ruas Ruas Sigli–Banda Aceh Seksi 3 (Jantho–Indrapuri) sepanjang 16 km sejak Kamis (24/12/2020).

"Setelah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada masing-masing ruas tersebut akhirnya diputuskan untuk membuka jalur tersebut selama momen libur Nataru sesuai arahan dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) melalui Surat Terkait Pelaksanaan Jalur Fungsional Jalan Tol pada Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021," jelas Direktur Operasi I Hutama Karya Suroto, Jumat (25/12/2020).

Suroto mengatakan, kedua jalur fungsional tersebut akan dibuka sampai dengan Senin, 4 Januari 2021 pukul 18.00 WIB, dengan masa operasional 24 jam pada ruas Medan–Binjai Seksi 1 (Tanjung Mulia–Marelan–Helvetia), dan masa operasional 12 jam pada ruas Sigli–Banda Aceh Seksi 3 (Jantho–Indrapuri) dari Pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB.

"Meskipun belum dikenakan tarif, pengguna jalan tetap harus melakukan tapping kartu uang elektronik untuk dapat melintas di Seksi 3 (Jantho–Indrapuri) ini. Jadi kami menghimbau kepada pengguna jalan untuk mengecek kartu uang elektroniknya terlebih dahulu sebelum melintas," imbuhnya.

Selain itu, Hutama Karya juga memperketat protokol Covid-19 dalam pengoperasian seluruh ruas jalan tol yang dikelola. Khusus selama periode Nataru kali ini, perseroan telah menyiapkan beberapa pos check point bagi pengguna jalan, dimana mereka tidak hanya akan di cek suhu tubuhnya tetapi juga bisa mendapatkan cek kesehatan gratis untuk memastikan pengguna jalan dalam keadaan prima.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemeriksaan Rapid Antigen

Khusus untuk di Ruas Bakauheni–Terbanggi Besar telah diadakan pemeriksaan hasil rapid antigen pada Selasa (22/12/2020) sesuai dengan arahan pemerintah yang akan dilakukan secara acak oleh Dinas Kesehatan daerah setempat dengan tim satgas Covid-19 di Rest Area.

Pos check point ini dibangun pada ruas jalan tol yang paling banyak dilintasi pengguna jalan, yakni ruas Tol Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung (Terpeka), ruas Tol Bakauheni–Terbanggi Besar (Bakter) dan ruas Tol Pekanbaru-Dumai (Permai).

"Secara rutin kami lakukan penyemprotan disinfektan baik di setiap gerbang tol, gedung kantor maupun di rest area, hingga mewajibkan petugas tol menggunakan masker, faceshield dan sarung tangan. Kami pastikan protokol kesehatan yang ketat terimplementasi dengan baik," ungkap Suroto.

Hutama Karya juga telah menggelar operasi persiapan Nataru dengan menggandeng unsur TNI dan Polri daerah setempat, serta Basarnas, dimana di dalamnya terdapat operasi ranjau paku guna melakukan pencegahan tindak kriminal, operasi penindakan kendaraan Over Dimensi dan Overload (ODOL), operasi mengantuk guna mengantisipasi kecelakaan yang diakibatkan pengemudi mengantuk dan kondisi kendaraan yang kurang baik serta apel siaga persiapan Nataru 2020/2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.