Sukses

PLN Tambah 4 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Ruas Tol Surabaya - Jakarta

Keberadaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik dalam rangka menyiapkan sarana pendukung untuk pengembangan kendaraan listrik berbasis baterai.

Liputan6.com, Jakarta PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menambah 4 Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di ruas tol Surabaya - Jakarta, bekerja sama dengan Jasa Marga.

Langkah ini dilakukan dalam rangka menyiapkan sarana pendukung untuk pengembangan kendaraan listrik berbasis baterai.

Adapun, 4 SPKLU yang diresmikan ialah SPKLU Rest Area Km 207 A Palikanci, SPKLU Rest Area 379 Batang, dan SPKLU Rest Area Km 519 A/B Sragen.

"Fasilitas SPKLU di 4 titik ini disediakan PLN untuk memberikan rasa nyaman kepada para pengguna mobil listrik dan untuk mengakomodir kebutuhan pengisan baterai pada saat bepergian dari Jakarta ke Surabaya," ujar Direktur Niaga dan Manajemen Pelangga PLN Bob Saril dalam keterangannya, Kamis (24/12/2020).

Bob menambahkan, peresmian SPKLU ini menjadi bagian dari komitmen PLN untuk mendukung implementasi Perpres No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

"PLN ingin memberikan kenyamanan warga pengguna Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dengan memastikan penyediaan infrastruktur kelistrikan melalui pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum," imbuhnya.

Program KBLBB tersebut bertujuan untuk meningkatkan Ketahanan Energi Nasional dengan mengurangi ketergantungan impor BBM.

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bangun 2.400 SPLU

Adapun hingga tahun 2025 mendatang, PLN berencana akan membangun 2.400 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Keterbatasan jarak tempuh dan minimnya infrastruktur pengisian listrik, selalu menjadi kendala penggunaan mobil listrik saat ini, sehingga kebanyakan mobil listrik hanya dipakai di dalam kota saja.

"Dengan adanya 4 SPKLU baru di jalan tol Trans Jawa, maka akan lebih memudahkan orang berpergian dengan jarak yang jauh menggunakan mobil listrik," tandasnya.

Sebagai informasi, peresmian dihadiri oleh Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril, Komisaris PLN, Eko Sulistyo, Kepala Dinas ESDM Sujarwanto Dwiatmoko, Sekda Kabupaten Sragen, Tatag Prabawanto mewakili Bupati Sragen dan Jajaran Forkompimda Kabupaten Sragen bertempat di Rest Area Km 519 A Sragen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.