Sukses

Terpantau Lancar, Menhub Sidak Arus Lalu Lintas Jakarta-Cikampek dan Puncak via Helikopter

Menhub mengimbau agar masyarakat yang merasa kurang enak badan untuk mengurungkan bepergian dan tetap tinggal di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memantau langsung kondisi arus lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek dan jalur Puncak, Ciawi Jawa Barat pada Kamis, 24 Desember 2020. Hasil pantauan via Helikopter, terlihat jika arus lalu lintas lancar. 

Budi Karya Sumadi menyampaikan, lancarnya arus lalu lintas terjadi kemungkinan karena banyak masyarakat yang memilih liburan di rumah. Ia pun mengapresiasi masyarakat yang memilih tidak bepergian di masa pandemi ini.

"Berdasarkan survey yang dilakukan Kemenhub, sebanyak 70 persen masyarakat lebih memilih libur di rumah. Saya ucapkan terima kasih karena selain menghindari resiko penyebaran covid, juga membantu pemerintah tidak memenuhi jalan" jelas dia.

Menhub juga mengapresiasi kepolisian yang secara intensif melakukan random check rapid antigen kepada masyarakat yang melakukan perjalanan di beberapa titik sampling. Seperti di Terminal Kampung Rambutan, Jalur Puncak arah Ciawi dan Godog, serta rest area tol arah timur.

"Sektor transportasi darat agak susah dalam pengawasannya sehingga saya apresiasi pihak Korlantas Polri yang telah melakukan random check (rapid antigen)," jelas dia.

Dari hasil pemeriksaan secara acak, dari 9 orang yang melakukan tes rapid antigen di Terminal Kampung Rambutan, semuanya negatif.

Di rest area tol arah timur dilakukan tes kepada 80 orang dan ditemukan 3 orang orang yang positif. Di puncak arah Ciawi dilakukan tes kepada 100 orang, ditemukan 1 orang yang positif. Sementara dari tes yang dilakukan di Gadog, semuanya negatif.

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Himbauan Menhub

Menhub mengimbau agar masyarakat yang merasa kurang enak badan untuk mengurungkan bepergian dan tetap tinggal di rumah.

Pada akhir pantauan, Menhub juga memberikan bingkisan dan masker kepada para petugas yang bertugas mengamankan arus lalu lintas di pos polisi Gadog, Ciawi.

" Saya mengapresiasi Kepolisian, Dishub, BPTJ agar bertugas secara baik. Dan kepada masyarakat agar menjaga penyebaran covid," pungkas Menhub.

Turut ikut serta dalam pemantauan tersebut Kepala BPTJ Polana B. Pramesti, dan Kabag Operasional Korlantas Polri R. Antariksa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.