Sukses

Terapkan 7 Jurus Ini Biar Tak Boros saat Merayakan Natal dan Tahun Baru

Ini cara hemat uang di Hari Natal dan Tahun Baru.

Liputan6.com, Jakarta Natal dan Tahun Baru menjadi momen untuk menyenangkan diri sendiri dan keluarga. Salah satunya dengan melakukan kegiatan belanja untuk memenuhi kebutuhan pribadi dan keluarga.

Kadang, antusias berbelanja mendorong Anda membeli barang yang mungkin tidak dibutuhkan. Sehingga secara tak sadar justru pengeluaran belanja jadi tidak terkontrol alias boro.

Padahal, penting untuk menghemat uang demi kesenangan tambahan nanti. Berikut beberapa cara untuk menghindari pengeluaran berlebihan pada hari Natal menurut magforwoman, Jumat (24/12/2020).

1. Buat anggaran

Rencanakan semuanya terlebih dahulu untuk menghindari pengeluaran berlebihan. Anda harus mengalokasikan anggaran yang tepat untuk hadiah, barang, dan juga semua dekorasi Natal.

Anggaran tetap berarti tidak ada pengeluaran tambahan untuk hal-hal yang tidak perlu. Sedikit penghematan tidak akan merugikan kantong dengan cara apa pun, karena itu akan membantu meringankan tagihan masa depan.

2. Kurangi banyak hal

Jika memungkinkan, kurangi hal-hal untuk menghemat uang ekstra. Seperti, kurangi pembelian kosmetik atau perhiasan jika memang tidak diperlukan.

Hemat makan siang dan minuman lain selama waktu ini. Dengan mengurangi barang-barang, Anda akan dapat menghemat uang ekstra, yang dapat  digunakan nanti untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan.

3. Penawaran online

Karena persaingan virtual, banyak situs online menawarkan diskon besar-besaran selama Natal. Penting agar Anda menemukan penawaran terbaik secara online.

Diskon hingga lima puluh persen dapat membantu menghemat banyak. Tapi, sebelum mendapatkan deal online periksa juga keaslian situs atau produk yang Anda beli. Jangan jatuh cinta pada produk murah dan bersikeras untuk hanya membeli yang asli selama Natal.

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Berkreasi dalam pemberian hadiah

Buat hadiah dan kartu buatan sendiri untuk menghemat biaya tambahan. Buat beberapa keranjang bersama dengan kartu buatan tangan yang kreatif.

Hadiah buatan tangan adalah bentuk ekspresi yang lebih baik dibandingkan dengan hadiah biasa yang tersedia. Hadiah berbasis tema juga memberikan perasaan ekspresi. Jadi, pilih opsi untuk menghindari pengeluaran berlebihan pada Natal ini.

5. Belanja di tempat obral

Itu selalu merupakan ide yang baik untuk berbelanja Natal selama obral besar. Dapatkan diskon hingga puluhan persen saat ada diskon Natal. Banyak situs online juga mulai menjual untuk memberikan diskon besar pada produk high end. Menghemat banyak uang dengan membeli barang-barang diskon selama Natal.

3 dari 3 halaman

6. Bayar dengan uang tunai

Kartu kredit memang dikenal sebagai uang mudah, namun hal ini juga bisa membuat terjerumus dalam utang. Faktanya, Anda tidak akan menyimpan lebih banyak uang dalam kredit.

Jika memungkinkan hindari penggunaan kartu kredit untuk membeli produk dan barang selama Natal. Gunakan uang tunai karena itu akan menjadi pilihan yang mudah.

Dengan menggunakan uang tunai, tidak akan ada tagihan tambahan yang harus dibayarkan setelah Natal.

Jadi, menggunakan uang tunai juga akan membantu menghindari pengeluaran berlebihan.

7. Beri hadiah untuk orang terdekat saja

Jangan menghabiskan uang terlalu banyak jika Anda tidak punya uang untuk membeli hadiah untuk keluarga besar.

Cukup seleksi nama orang yang sudah tidak berhubungan dengan Anda lagi. Jadi, selalu keluarkan uang dengan bijak karena itu akan membantu untuk menabung banyak selama Natal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.