Sukses

Harga Emas Menguat Terpicu Ancaman Stimulus Covid-19 dari Donald Trump

Pemicu sebenarnya harga emas adalah pelonggaran yang berkepanjangan dari neraca bank sentral dan terus turunnya dolar.

Liputan6.com, Jakarta Harga emas menguat usai Presiden Donald Trump mengancam tidak akan menandatangani RUU bantuan pandemi Covid-19, yang memicu penurunan dolar.

Melansir laman Nasdaq, Kamis (24/12/2020), harga emas di pasar spot naik 0,3 persen menjadi USD 1.865,65 per ounce. Sementara emas berjangka AS stabil di posisi USD 1.870,90.

Harga emas telah naik sekitar 23 persen sepanjang tahun ini dan bersiap untuk keuntungan tahunan terbesar sejak 2010. Ini usai bank sentral dan pemerintah secara global melepaskan stimulus yang tak tertandingi untuk meredam pukulan ekonomi dari krisis virus Corona.

"Pasar cukup optimis tentang RUU (stimulus AS) akan disahkan pada akhirnya," kata Kunal Shah, kepala penelitian di Nirmal Bang Commodities di Mumbai.

Dikatakan jika pemicu sebenarnya harga emas adalah pelonggaran yang berkepanjangan dari neraca bank sentral dan terus turunnya dolar.

Sementara itu, indeks dolar turun 0,3 persen terhadap mata uang saingan setelah ancaman Trump untuk tidak menandatangani tagihan pemulihan virus korona [USD /], meningkatkan daya tarik emas bagi investor non-AS.

"Rasa ketidakpastian telah dipicu setelah pengumuman Presiden Trump," kata Analis StoneX, Rhona O'Connell.

"Pada pandangan pertama, tampaknya hal itu telah mengurangi peluang untuk pertumbuhan inflasi tetapi itu telah dibayangi oleh ketidakpastian penundaan stimulus, yang sekarang menjadi kebutuhan untuk pemulihan ekonomi," kata dia.

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Logam Lainnya

Mutasi virus Corona telah mendorong banyak negara untuk menutup pintu mereka dari Inggris, menghilangkan harapan kebangkitan ekonomi dunia setelah pandemi.

"Pada sisi atas, tidak ada resistensi nyata harga emas hingga USD 1.900, meskipun kemungkinan kisaran harganya sekitar USD 1.875- USD 1.880 kemungkinan akan menjadi ujian pertama untuk setiap upaya pemulihan (untuk emas)," kata kepala analis ActivTrades, Carlo Alberto De Casa dalam sebuah catatan.

Adapun harga perak naik 1,3 persen menjadi USD 25,45 per ounce. Harga Platinum naik 1,2 persen menjadi USD 1,013,55 dan paladium naik 0,4 persen menjadi USD 2.323,77. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Emas adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Au (bahasa Latin: 'aurum') dan nomor atom 79.

    emas

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas