Sukses

3 Tugas Berat dari Jokowi buat Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyebut telah diberi tiga pekerjaan rumah (PR) oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyebut telah diberi tiga pekerjaan rumah (PR) oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Menurutnya, PR utama ialah terkait kestabilan harga dengan menjaga tingkat inflasi.

"Kemaren dipanggil oleh bapak Jokowi. Pak Jokowi pesan tiga hal. Yang pertama adalah menjaga dari kestabilan harga, terutama inflasi," ujar dia usai Serah Terima Jabatan dalam siaran virtual Youtube Kementerian Perdagangan, Rabu (23/12).

Mantan Dubes RI untuk Amerika Serikat itu mengatakan, tugas selanjutnya adalah membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) domestik untuk menembus pasar ekspor. Bila perlu dengan melibatkan balai pelatihan ekspor utnuk memperkuat struktur UMKM.

"Kedua, beliau titip pesan bahwa mesti dibantunya UMKM terutama untuk pasar pasar ekspor diperbaiki strukturnya. Kalau perlu panggil konsultan daripada balai pelatihan ekspor," paparnya.

Terakhir, memperluas pasar ekspor hingga ke sejumlah negara non tradisional. Antara lain dengan memanfaatkan sejumlah kerjasama ekonomi internasional yang telah di teken pemerintah Indonesia.

"Bagaimana menembus pasar-pasar un-tradisional dengan cara perundingan dari pada economic agreement yang sudan menandatangani beberapa yang penting. Jadi ini adalah bagian-bagian utama yang akan kita pelajari sesuai dengan keinginan bapak presiden," tutupnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Muhammad Lutfi akan Langsung Lakukan Ini Usai Menjabat Menteri Perdagangan

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengatakan produk buatan Indonesia berkesempatan ikut berkompetisi di tingkat dunia.

Dia pun memastikan akan seluruh barang di bisa di ekspor dan kompetitif. "Dan ini adalah bagian dari pada perbaikan daripada ekonomi nasional dan berharap bisa jadi daya ungkit baru untuk tumbuhnya pertumbuhan ekonomi yang sehat," kata dia dalam pernyataan pers di Istana, Rabu (23/12).

Selain itu, Mendag Muhammad Lutfi juga akan memastikan bahwa arus barang berjalan dengan baik. Sehingga bisa menjadi bagian untuk kepercayaan kepada masyarakat agar segera memulihkan daya beli.

"Dan ini merupakan agenda agenda utama yang saya laksanakan pada waktu yang singkat ini," ujarnya.

Sebelumnya, Mendag Lutfi, berjanji untuk bekerja secara optimal untuk perbaikan ekonomi nasional di masa mendatang. Alasannya, melihat kondisi perekonomian global yang tengah menghadapi kondisi sulit akibat dampak pandemi Covid-19.

Maka dari itu, Kementerian Perdagangan harus dapat menjalankan fungsinya dengan baik agar dapat memberikan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

"Saya berjanji akan bekerja sekuat mungkin, sepandai mungkin, secakap mungkin untuk memastikan perekonomian indonesia akan lebih baik di masa yang akan datang," tuturnya di Istana Negara Jakarta, Selasa (22/12/2020).

"Seperti kita ketahui bahwa ekonomi dunia berada pada situasi yang sangat sulit, beliau (Jokowi) mempercayakan saya untuk memimpin Kementerian Perdagangan. Kementerian ini adalah sesuatu lembaga yang mekanismenya adalah memastikan bahwa arus barang berjalan dengan baik, kegiatan ekonomi berjalan dengan baik agar kesejahteraan dapat tercipta bagi rakyat Indonesia," papar dia. 

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Wajah Baru dalam Reshuffle Kabinet Jokowi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.