Sukses

Nixon LP Napitupulu jadi Plt Dirut Bank BTN

Bank BTN resmi menunjuk Nixon L.P. Napitupulu sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank BTN, menggantikan Pahala Nugraha Mansury

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau Bank BTN resmi menunjuk Nixon L.P. Napitupulu sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank BTN, menggantikan Pahala Nugraha Mansury yang kini dipercaya menjadi Wakil Menteri Kementerian Badan Usaha Milik Negara (Wamen BUMN).

Pengangkatan Nixon sebagai Plt. diputuskan dalam Rapat Komisaris Bank BTN yang digelar di hari yang sama untuk kemudian akan dilaporkan ke Pemegang Saham.

Nixon menghaturkan rasa bangganya kepada Pahala. Nixon berkomitmen, Bank BTN akan tetap fokus melanjutkan visi sebagai The Best Mortgage Bank in Southeast Asia in 2025.

"Kami akan tetap melanjutkan visi sebagai The Best Mortgage Bank in 2025. Kami optimistis mencatatkan kinerja di atas target pada akhir 2020," ujar Nixon dalam keterangan resmi, Rabu (23/12/2020).

Pihaknya juga menunggu arahan Kementerian BUMN untuk penyelenggaraan RUPSLB (Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa).

Sebagai informasi, Nixon resmi bergabung di Bank BTN melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bank BTN pada 17 Maret 2017. Terakhir, Nixon menduduki posisi sebagai Direktur Finance, Treasury, & Strategy Bank BTN sebelum didapuk sebagai Plt Direktur Utama Bank BTN.

Adapun hingga triwulan III tahun 2020, Bank BTN pun mencatatkan kinerja positif kendati di tengah pandemi. Dalam laporan keuangan perseroan, emiten bersandi saham BBTN ini sukses mencatatkan laba bersih per triwulan III tahun 2020 sebesar Rp 1,12 triliun atau naik 39,72 persen secara tahunan.

Pada 2020, BBTN optimistis membidik laba bersih di atas Rp 1,2 triliun. Sementara, per November 2020, laba perseroan telah menyentuh posisi lebih dari Rp 1,3 triliun. "Mudah-mudahan akhir tahun 2020 target laba BTN akan terlampaui," ujar Nixon.

Sementara itu, pada 2021, bank spesialis kredit perumahan ini memproyeksikan laba bersih akan berada di level Rp 2,8 triliun. Perseroan membidik kredit dan dana pihak ketiga (DPK) tumbuh sejalan pada kisaran 7 hingga 9 persen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ini Arahan Erick Thohir untuk Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik 6 menteri dan 5 wakil menteri baru hasil reshuffle kabinet, Rabu (23/12/2020). Salah satunya, Pahala N Mansury yang diangkat menjadi Wakil Menteri BUMN I menggantikan Budi Gunadi Sadikin yang menjabat sebagai Menteri Kesehatan.

Ditemui awak media di Istana Kepresidenan, Pahala membeberkan tugas dan peran yang akan diembannya ke depan sebagai Wakil Menteri BUMN I.

"Pertama, tentu kita ingin mengucapkan terima kasih kepada Presiden yang sudah mempercayakan kami menggantikan Pak Budi Gunadi Sadikin sebagai Wamen BUMN," ujarnya.

Pahala melanjutkan, saat itu Menteri BUMN Erick Thohir lah menghubunginya terkait hal ini. Pahala mengungkapkan, interaksinya dengan Erick cukup sering dan mereka cukup dekat.

Selain itu, Pahala mengatakan bahwa Erick telah menyampaikan visi dan misi Kementerian BUMN untuk terus melakukan transformasi.

"Bagaimana melakukan penciptaan nilai, dan di luar itu bisa berikan impact dan manfaat kepada masyarakat yang lebih luas," ujar Pahala.

Dia menambahkan, di tengah kondisi pandemi, Indonesia harus bekerja lebih keras untuk mencapai pertumbuhan ekonomi ke depan.

"Bagaimana BUMN bisa memberikan kontribusi yang tinggi dalam pemulihan ekonomi nasional, ini yang jadi arahan beliau," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.