6 Trik Menghemat Biaya Rumah Tangga

Oleh Helena Yupita pada 26 Des 2020, 06:00 WIB
Diperbarui 26 Des 2020, 06:00 WIB
Ilustrasi membersihkan rumah
Perbesar
Ilustrasi biaya rumah tangga.

Liputan6.com, Jakarta Mengurus rumah tangga memerlukan biaya yang tidak sedikit. Meski demikian, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan biaya rumah tangga alias lebih hemat.

Menurunkan pengeluaran akan membantu Anda tetap dalam jalur anggaran. Sehingga bisa menabung untuk tujuan lain seperti membeli rumah atau menambah tabungan pensiun.

The balance menyebutkan ada 6 cara untuk mengurangi pengeluaran rumah tangga. Apa saja?

1. Gabungkan Layanan

Punya internet, telepon, dan layanan kabel? pindahkan semua akun Anda ke satu penyedia. Langkah ini akan dapat menghemat banyak pengeluaran per bulan. 

Tanyakan penyedia Anda saat ini tentang penawaran bundling yang mereka tawarakan. Pilihlah perusahaan yang menawarkan layanan bundel terbaik di wilayah Anda.

2. Pengurangan Ekstra

Tanyakah apakah Anda memang benar-benar membutuhkan data tak terbatas di ponsel? Bagaimana dengan paket kabel atau satelit premium yang berlangganan? 

Apakah Anda berlangganan beberapa layanan streaming?. Periksa daftar pengeluaran bulanan, dan tentukan apa yang bisa dipertahankan.

3. Potong Premi Asuransi

Asuransi itu penting tapi mahal. Berbelanjalah untuk mendapatkan tarif asuransi mobil yang lebih baik dan itu dapat memotong lumayan banyak anggaran dari premi saat ini. 

Tidak dapat menemukan tarif yang lebih baik? Bicaralah dengan penyedia Anda saat ini untuk melihat apakah ada diskon yang terlewatkan. 

2 dari 3 halaman

4. Hemat Energi

[Bintang] 4 Cara Hemat Listrik di Rumah
Perbesar
Ilustrasi mengatur Air Conditioner | Via: abc.news.go.com

Apakah Anda takut membuka tagihan listrik setiap bulan? Jika ya, banyak yang dapat dilakukan untuk mengurangi tagihan tersebut.

Pasang termostat cerdas dan setel agar tidak berfungsi saat tidak ada orang di rumah. Matikan lampu saat tidak digunakan. Cuci cucian dengan air dingin.

Turunkan suhu pemanas air panas. Matikan AC jika tidak digunakan. Beli hanya peralatan hemar energi. Mulailah melihat-lihat, dan Anda akan menemukan banyak cara untuk mengurangi konsumsi energi dan tagihan energi rumah.

5. Bayarlah Tagihan Tepat Waktu

Jika terbiasa terlambat membayar tagihan, Anda mungkin akan membayar lebih dari yang seharusnya. Mulailah membayar tagihan dengan tepat waktu dan ucapkan selamat tinggal pada biaya keterlambatan denda dan kenaikan tarif.

Salah satu opsi untuk memastikan tagihan dibayar tepat waktu adalah menggunakan pembayaran otomatis.

 Jika anggaran terlalu ketat untuk pembayaran otomatis, pertimbangkan untuk menggunakan pengingat kalender. 

Jika Anda memiliki akses ke pembayaran tagihan melalui bank, pertimbangkan untuk menyiapkannya agar pembayaran tagihan lebih cepat dan mudah.

6. Pelajari Berbagai Hal agar Mandiri

Kembangkan keterampilan Anda sehingga dapat menjaga rumah tetap terawat dengan baik tanpa menyewa layanan atau jasa lain.

 Pertimbangkan tugas-tugas pembelajaran seperti menangani perawatan halaman, membersihkan rumah, mengepel lantai, menyetrika pakaian dan lainnya.

Jika Anda tidak suka memasak di rumah, pertimbangkan untuk belajar. Cobalah satu atau dua resep sederhana per minggu untuk membangun keterampilan dan kepercayaan diri Anda.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini

Lanjutkan Membaca ↓