Sukses

Deretan Kader Hipmi di Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Kader HIPMI yang sudah lebih dahulu ditunjuk untuk menjabat menjadi menteri dan kepala lembaga pemerintah adalah Bahlil Lahadalia dan Erick Thohir.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum (Ketum) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Mardani H.Maming mengatakan Presiden Jokowi sudah melakukan hal yang tepat untuk memasukan kader-kader terbaik HIPMI kedalam jajaran menterinya.

“Saya rasa ini keputusan yang tepat, untuk bisa untuk menghadapi bonus demografi dan Pandemi Covid-19. Ini akan menjadi energi baru untuk pemerintahan Pak Jokowi di periode kedua, kondisi sekarang butuh energi anak muda," kata Mardani kepada Liputan6.com, Selasa (22/12/2020).

Kader HIPMI yang juga merupakan mantan ketum HIPMI yang sudah lebih dahulu ditunjuk untuk menjabat menjadi menteri dan kepala lembaga pemerintah adalah Bahlil Lahadalia dan Erick Thohir.

Lalu Presiden Joko Widodo kini menunjuk Mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2005-2008, Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga akan menggantikan Wishnutama Kusubandio yang dilantik sebagai Menparekraf oleh Jokowi pada 23 Oktober 2019 lalu

Mantan ketum HIPMI periode 2001-2004 Muhammad Lutfi juga ditunjuk sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto.

Menurutnya saat ini dibutuh energi anak Muda, dengan adanya kader-kader terbaik HIPMI di jajaran Menteri diharapkan adanya perubahan yang akan dibawa melalui kebijakan mereka nanti, dan akan mendorong perekonomian nasional dan lahirkan lapangan pekerjaan seluas-luasnya.

Dengan Indonesia yang saat ini mengalami resesi di Kuarta III minus 3,49 persen, perlu adanya percepatan untuk bisa membangkitkan perekonomian Indonesia.

“Saya berharap ada kebijakan-kebijakan yang bisa memberikan semangat baru untuk dalam Dunia usaha agar bisa menekan tingginya pengganguran dan bisa berdampak untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia," ujar Mardani.

Terakhir Mardani mengatakan mereka kader terbaik HIPMI, harapan bisa memberikan kontribusi terbaik untuk Indonesia.

Seperti diketahui Presiden Jokowi akhirnya mengumumkan reshuffle kabinet. Dalam konferensi pers yang digelar Jokowi secara virtual dari Istana Merdeka, Selasa Sore 22 Desember 2020.

Pertama yang diperkenalkan Jokowi adalah Tri Rismaharini alias Risma yang ditunjuk menjadi Mensos. Kemudian Kedua , Jokowi memperkenalkan Sandiaga Uno untuk memimpin Kementerian Parekraf.

Kemudian ketiga, Budi Gunadi Sadikin yang menjadi Menkes. Keempat, Yaqut Cholil akan menjadi Menag untuk menggantikan Fachrul Razi.

"Kelima, Wahyu Sakti Trenggono. Beliau sekarang ini Wamenhan dan akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri KP, Terakhir, Dubes RI untuk Amerika Serikat Muhammad Lutfi menjadi Menteri Perdagangan," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sandiaga Uno jadi Menparekraf, Ekonom Sebut Jadi Harapan dan Tantangan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Sandiaga Uno menahkodai Kementerian Pariwisata menggantikan Wisnuthama Kusubandrio. Ini bagian dari Reshuffle Kabinet Indonesia Maju.

Pengamat Ekonomi, Piter Abdullah, menilai penunjukan Sandiaga Uno akan menjadi harapan dan tantangan baru bagi sektor pariwisata ke depan. Utamanya dalam mengembalikan sektor pariwisata yang tengah mengalami tekanan.

"Saya kira ini akan jadi tantangan buat Sandi," ujarnya kepada merdeka.com, Selasa (22/12/2020).

Piter memandang pengusaha milenial tersebut memiliki segudang pengalaman dan kemampuan dalam memimpin. Hanya saja, masih membutuhkan pembuktian untuk ke depannya.

"Sandy masih lumayan. Perlu pembuktian," kata dia.

Sebelumnya, Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) di Kabinet Indonesia Maju, Wishnutama Kusubandrio tampak bersyukur dengan penunjukan tersebut.

Dalam akun Instagram @wishnutama, mantan bos stasiun televisi itu mengucapkan selamat kepada Sandiaga dengan mengunggah foto 'selfie' mereka disertai keterangan ditautkan ke akun instagram @sandiuno.

"Alhamdulillah mas @sandiuno telah terpilih menggantikan saya untuk menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Selamat mas @sandiuno, semoga sehat selalu," kata Wishnutama.

Dia juga menyatakan keyakinan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan segera bangkit kembali, bahkan lebih baik dari sebelumnya.

"Sukses membawa @kemenparekraf.RI menjadi maju ke depan, amin ya rabbal alamin," kata Wishnutama menandaskan.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com 

3 dari 3 halaman

Infografis Sahabat Jadi Saingan, Erick Thohir Vs Sandiaga Uno

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.