Sukses

Ini Dia Youtubers Paling Cuan Sepanjang 2020

Walaupun tarif iklan di Youtube sendiri sempat terhantam karena pandemi Covid-19, hampir semua Youtuber besar bisa pulih dari kondisi periklanan tersebut

Liputan6.com, Jakarta Selain kesehatan, pandemi Covid-19 memberikan begitu banyak imbas buruk untuk begitu banyak sektor industri. Dimulai dari berkurangnya pendapatan hingga harus memutukan melakukan PHK terhadap begitu banyak pekerja, menjadi 2020 sebagai tahun yang tidak ramah dengan kestabilan pekerjaan.

Tapi tidak untuk para bintang-bintang Youtube, seperti Jimmy Donaldson (Mr Beast) yang mampu merilis sebuah episode liburan spesial, dengan pertunjukan kembang api senilai USD 600 ribu dengan berat 400 pon.

Donaldson sendiri merupakan satu dari begitu banyaknya Youtubers yang bisa meraih keuntungan besar, dengan semakin seringnya orang mengkonsumsi media sosial mengingat pandemi.

Tapi selain meningkatnya jumlah views dalam video masing-masing, hampir semua Youtuber rmemperoleh sebagian besar pendapatan dari pendapatan iklan yang dihasilkan dari video YouTube mereka.

Walaupun tarif iklan di Youtube sendiri sempat terhantam karena pandemi Covid-19, hampir semua Youtuber besar bisa pulih dari kondisi tersebut, seperti melansir Forbes, Kamis (24/12/2020).

Berikut ini adalah daftar 10 Youtubers dengan penghasilan terbesar di 2020, dimana kita bisa melihatkeberagaman dari persona make up artist yang kontroversial hingga pengulas mainan anak-anak yang masih berumur 9 tahun:

10. Jefree Star

Penghasilan: USD 15 juta

Views (dari Juni 2019 hingga Juni 2020): 600 juta

Total Pelanggan: 16,9 juta

Salah satu bintang kecantikan ternama di Amerika ini sempat terjebak dalam sebuah kontroversi. Perilaku rasis masa lalu yang dia gambarkan sendiri dan tuduhan pelecehan seksual serta perseteruan dengan sesama Youtubers, James Charles, telah memberikan beberapa konsekuensi terhadap bisnisnya.

Tapi terlepas dari semua hal itu, Jeffrey Lynn Steininger Jr (nama asli Jefree Star) masih berhasil menghasilkan lebih dari satu setengah miliar views dari channel Youtubenya.

Tapi merek lini makeup dari Jefree Star sendiri ternyata memberikan penghasilan yang jauh lebih menguntungkan terhadap bisnisnya tersebut.

Salah satu koleksi terbarunya Blood Money, menampilkan eyeshadows dengan harga USD 52 dan USD 18. Lalu selain itu, Conspiracy Collection-nya yang populer, diluncurkan tahun lalu, dilaporkan berhasil menjual sebanyak 1 juta palet eyeshadow dalam 30 menit.

9. David Dobrik

Penghasilan: USD 15,5 juta

Views: 2,7 miliar

Pelanggan: 18 juta

Selama beberapa tahun terakhir, Dobrik yang sekarang berumur 24 tahun, telah melakukan begitu banyak cara untuk membuat penonton setianya terhibur.

Dimulai dari aksinya mengendarai mobil convertible melalui tempat cuci mobil, mencukur seluruh tubuh seseorang hingga berpura-pura menikahi ibu sahabatnya sendiri.

Tetapi akhir-akhir ini pun, Dobrik lebih fokus untuk memberikan konten hiburannya melalui TikTok. Kesuksesannya di Youtube pun dengan mudah kembali di raihnya di media sosial tersebut, dimana Dobrik berhasil mengumpulkan 24,7 juta pengikut.

 

8. Blippi (Stevin John)

Penghasilan: USD 17 juta

Views: 8,2 miliar

Pelanggan: 27,4 juta

Satu-satunya orang dewasa yang membuat konten anak-anak dalam daftar, pria berusia 32 tahun ini meluncurkan channel Youtubenyapada tahun 2014 lalu.

John di dalam channelnya, berperan sebagai Blippi, seorang karakter berpakaian cerah yang bertujuanmengedukasi anak-anak melalui konten-konten seperti "Blippi Mengunjungi Akuarium" dan "Belajar Warna dengan Blippi.”

Selain memproduksi konten anak-anak, John juga meluncurkan lini barang dagangan, seperti kacamata oranye yang sering dipakainyahingga baret biru-dan-jingga ikonik dari karakter Blippi. John juga menawarkan videonya melalui Hulu dan Amazon.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

7. Nastya (Anastasia Radzinskaya)

Penghasilan: USD 18,5 juta

Views: 39 miliar

Pelanggan: 190,6 juta

Youtuber dari Rusia berusia 6 tahun ini menampilkan konten dimana dirinya dan ayahnya bermain permainan lego, melakukan pekerjaan rumah, dan menjelaskan pandemi virus.

Video dari Nastya sendiri biasanya dipenuhi dengan warna, ekspresif, dan tidak terlalu begitu banyak dialog, menjadikan komposisi konten tersebut cocok untuk penontonglobalnya.

Sekarang ini, Nastya sendiri telah menjadi anak populer di TikTok dengan 3 juta pengikut dan akan meluncurkan program lisensinya tahun depan.

 

6. Preston Arsement

Penghasilan: USD 19 juta

Views: 3,3 miliar

Pelanggan: 33,4 juta

Permainan Minecraft nampaknya akan terus menjadi lahan tambang emas bagi Arsement, 26 tahun. Dirinya yang berhasil berkembang menjadi bintang di Youtube pun dimulai saat Arsement masih menjelajahi dunia animasi dan di mana beberapa waktu kemudian, channelnya bercabang menjadi saluran gaming.

Dimulai dari permainan Roblox hingga Call of Duty pun menjadi salah satu konten andalan channelnya.

Arsement sendiri mengoperasikan beberapa server Minecraft yang menguntungkan, di mana pengguna bisa membayar untuk mengakses dunia Minecraft yang dirinya buat.

Selain itu, Arsement sendiri juga menjalankan channel keduanya, PrestonCosmic, yang diisi dengankonten pengabadian waktu bermainnya di server Minecraft.

 

5. Markiplier (Mark Fischbach)

Penghasilan: USD 19,5 juta

Views: 3,1 miliar

Pelanggan: 27,8 juta

Markiplier sendiri sudah berada di atmosfir Youtube selama delapan tahun. Dimana dirinya selama ini dikenal memposting walktrough video game yang sangat populer.

Channel Markiplier sendiri menarik hampir 28 juta subscribers. Selama setahun terkahir ini, Markiplier yang berumur 31 tahun, memutuskan untuk merubah beberapa hal dari kontennya.

Dirinya dan sesama teman gamer-nya Ethan Nestor (alias CrankGameplays) mendirikan channel baru dengan nama, Unnus Annus.

Tetapi sayangnya, channel tersebut beserta dengan kontennya semuanya sudah di hapus. Walaupun tidak bertahan lama, Unnus Annus memang merupakan saluran Youtube yang cukup populer, dengan berhasil mendatangkan 4,5 juta pelanggan dan hampir 1 miliar views.

 

4. Rhett dan Link

Penghasilan: USD 20 juta

Views: 1,9 miliar

Pelanggan: 41,8 juta

Rhett James McLaughlin yang berusia 43 tahun) dan Link (42 tahun, Charles Lincoln III) telah memulai channel "Good Mythical Morning"sendiri sejak tahun 2012.

Mythical Entertainment Co sendiri, sekarang ini berhasil mengakuisisi SMOSH, saluran YouTube komedi sketsa seharga USD 10 juta.

Usaha akuisisi tersebut pun sekarang membuat Mythical Entertainment memiliki 100 karyawan, mendapatkan hampir 2 miliar penayangan di YouTube pada tahun lalu dan berhasil menghasilkan sekitar USD 11 dari pendapatan iklannya

Selain itu "Good Mythical Morning" juga memiliki klub penggemar yang berkembang dengan iuran bulanan mulai dari USD 10 hingga USD 20 untuk akses ke konten eksklusif mereka.

 

 

3 dari 3 halaman

3. Dude Perfect

Penghasilan: USD 23 juta

Views: 2,77 miliar

Pelanggan: 57,5 ​​juta

Terdiri dari lima anggota teman (Coby Cotton, Cory Cotton, Garret Hilbert, Cody Jones dan Tyler Toney) memberikan hiburan kepada pengikutnya dengan bermain dan bersenang-senang dengan permainan lightsabers, Nerf Guns, dan paintballs.

Aksi populer mereka telah menghasilkan tur nasional yang meraup sekitar USD 6 juta dan produksi dokumenter mereka "Backstage Pass".

Pada bulan Maret, ketika virus Corona pertama kali menyerang dan olahraga profesional terhenti, grup tersebut menggunakan saluran YouTube mereka untuk membuat Quarantine Classic.

Quarantine Classic sendiri merupakank ompetisi bersaing satu sama lain dalam adu bola basket tiga poin dan hoki kursi roda. Serial video tersebutpun berhasil mendapatkan sekitar USD 160.000 untuk Palang Merah dan Feeding America.

 

2. Mr Beast

Penghasilan: USD 24 juta

Tampilan: 3 miliar

Pelanggan: 47,8 juta

Donaldson dengan channel Mr Beast nya merupakan salah satu pendatang baru terbesar di Youtube, dengan jumlah pengikut hampir 50 juta. Konten yang ditawarkan dari channel Mr Beast sendiri merupakan campuran dari aksi ekstrim dan humor.

Dalam 12 bulan terakhir, Donaldson bersama dengan teman-temannya telah membekukan dirinya sendiri di dalam es, mengelilingi bianglala 1.000 kali dan membangun menara Lego terbesar yang pernah ada.

 

1. Ryan Kaji

Penghasilan: USD 29,5 juta

Views: 12,2 miliar

Pelanggan: 41,7 juta

Bintang Youtube berusia sembilan tahun ini memang memiliki karir yang saat ini sedang melayang. November ini dia menjadi YouTuber pertama yang ditampilkan dalam Parade Hari Thanksgiving Macy dengan kendaraan hias berdasarkan alter ego superhero-nya.

Tetapi selain itu dari iklan, sponsor dan jumlah views dari channel "Ryan's Toys Review", Sebagian besar bisnisnya berasal dari kesepakatan lisensi untuk lebih dari 5.000 produk Ryan’s World. Produk-produktersebut dimulai dari dekorasi kamar tidur dan figur aksi hingga topeng dan walkie talkie.

Reporter: Yoga Senjaya Putra

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.