Sukses

3 Kapal Patroli KPLP Kawal MV Suzuka Express dari Pelabuhan Patimban

Keberangkatan Kapal MV Suzuka Express dari Pelabuhan Patimban menunggu waktu pasang air laut tertinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, resmi beroperasi pada Minggu 20 Desember 2020. Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil melakukan soft launching dan pengoperasian perdana pelabuhan internasional Patimban.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan pengiriman ekspor perdana 140 unit mobil mobil yang diangkut dengan Kapal MV Suzuka Express milik PT Toyofuji Shipping Co.,Ltd dengan tujuan Brunei Darussalam.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Ahmad mengatakan, Kapal MV Suzuka Express telah bertolak dari Pelabuhan Internasional Patimban pada Senin pagi.

“Alhamdulillah, kapal MV Suzuka Express dikawal 3 kapal patroli KPLP hingga keluar area keruk pelabuhan Patimban pukul 7.20 WIB,” kata Ahmad dalam keterangan tertulis, Senin (21/12/2020). 

Adapun keberangkatan Kapal MV. Suzuka Express ini menunggu waktu pasang air laut tertinggi yang terjadi di pagi hari tadi. Ahmad menyebut hal ini untuk memastikan keselamatan pelayaran.

“Demi keselamatan pelayaran, jadi kami menunggu waktu pasang air laut tertinggi. Ini dilakukan untuk keselamatan pelayaran. Setelah air laut pasang tertinggi Kapal MV Suzuka Express bertolak dari dermaga pelabuhan patimban, tidak ada masalah semuanya berjalan dengan baik,” tegasnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Kapal Patroli

Sementara itu Kepala Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) kelas I Tanjung Priok Capt. Pujo Kurnianto menyebut pihaknya menurunkan 3 kapal patroli KPLP untuk mengawal Kapal MV. Suzuka Express bertolak dari Pelabuhan Patimban.

“Untuk memastikan semuanya berjalan selamat dan lancar pada pengoperasian perdana ini kami turunkan 3 kapal untuk mengawal langsung, yakni KN Alugara P114, ada KN Trisula P111, dan KN Celurit P203. Alhamdulillah pagi tadi Kapal MV Suzuka Express sudah berlayar bertolak ke Brunei,” ujar Pujo.

Kapal MV. Suzuka Express merupakan kapal berbendera Panama yang memiliki spesifikasi diantaranya berat GT. 43.810, length 180 m, beam 30 m, draught 7.7 m, dan memiliki speed (heading) 14.6 Knots.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.