Sukses

Hadapi Libur Nataru, Jalur Validasi Dokumen Kesehatan di Bandara Soetta Ditambah

Pergerakan pesawat dan penumpang di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), diprediksi akan meningkat pada akhir Desember ini

Liputan6.com, Jakarta - Pergerakan pesawat dan penumpang di Bandara Soekarno Hatta (Soetta), diprediksi akan meningkat pada akhir Desember ini. Petugas validasi dokumen kesehatan pun ditambah agar tak terjadi lonjakan antrian, terutama libur Nataru.

Penambahan petugas validasi dokumen kesehatan tersebut dilakukan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soetta di Terminal 2 dan 3. Hal ini untuk menanggulangi adanya lonjakan saat jam sibuk.

"Kami sudah lakukan penambahan petugas. Di Terminal 3 menjadi 15 orang petugas yang akan memvalidasi dokumen perjalanan, sementara Terminal 2 sebanyak 8 petugas," kata Kepala KKP Kelas I Bandara Soetta, Darmawali Handoko, Senin (21/12/2020).

Menurut Handoko, proses validasi dokumen perjalanan atau surat bebas Covid-19 hanya membutuhkan waktu kurang dari semenit.

Lalu, selain penambahan petugas, KKP Kelas I Bandara Soetta menempatkan dokter di Medical Service Assistance (MSA) dan mobil medis tidak jauh dari tempat validasi.

"Pertama kita sudah bikin posko Nataru, terdiri dari lintas sektor dan lintas program yang ada di Bandara Soetta ini. Di belakangnya ada tempat untuk menilai dan sebelahnya lagi juga ada golf car yang bisa membawa pasien yang tidak bisa jalan," tutur Handoko.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Libur Natal dan Tahun Baru, Penumpang di Bandara Angkasa Pura II Diprediksi Capai 2,1 Juta Orang

Jelang libur Natal dan Tahun Baru 2021, pengelola Bandara Internasional Soekarno Hatta, PT Angkasa Pura II (AP II) mencatatkan, adanya 1.066 permohonan penambahan penerbangan atau extra flight.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhamad Awaluddin mengatakan, secara keseluruhan diperkirakan penerbangan akan lebih tinggi dibandingkan dengan hari-hari biasa dalam masa pandemi Covid-19.

"Permohonan ada 1.066 dengan penambahan penerbangan sekitar 133.000 kursi, dan didominasi penerbangan domestik," katanya, Minggu (20/12/2020).

Adapun penambahan tersebut pada periode angkutan Natal dan Tahun Baru, terhitung mulai 18 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021. Pada periode tersebut, penambahan bukan saja terjadi di Bandara Soetta, melainkan di 18 bandara lain di bawah manajemen Angkasa Pura II.

Awaluddin memperkirakan pada Natal dan Tahun Baru periode pandemi ini, bandara akan dipenuhi 2,1 juta penumpang.

"Kita perkirakan 2,1 juta penumpang di periode Nataru 2021, dan seluruh bandara perseroan mengaktifkan posko Nataru untuk meningkatkan 3C, coordination, collaboration, communication di antara stakeholder," kata Awaluddin.

Posko yang diaktifkan pun, bukan hanya bertugas untuk mengawasi operasional bandara saja, kali ini difungsikan untuk pengawasan pemenuhan protokol kesehatan Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.