Kantongi Bonus Akhir Tahun, Sebaiknya Dihabiskan ke Mana?

Oleh Liputan6.com pada 23 Des 2020, 07:00 WIB
Diperbarui 23 Des 2020, 07:00 WIB
Karyawan yang Mendapat Bonus Uang Menjadi Lebih Sehat
Perbesar
Ilustrasi bonus.

Liputan6.com, Jakarta Momen liburan Natal dan Akhir Tahun sudah semakin dekat, dimana beberapa dari Anda mungkin menerima bonus dari tempat kerja. Di situasi yang sulit akibat pandemi Covid-19, mendapat sedikit uang tambahan sangatlah menyenangkan.

Tetapi apa yang seharusnya dilakukan terhadap bonus tersebut? Haruskah disimpan semua untuk di tabung, masuk ke investasi atau membelanjakannya untuk orang-orang yang dicintai?

Berikut ini adalah hal-hal bermanfaat yang bisa Anda lakukan saat menerima bonus tersebut, dan tentukan pilihan paling sesuai, seperti melansir Entrpreneur, Rabu (23/12/2020).

1. Memenuhi Kebutuhan Penting

Membeli sebuah hadiah saat Natal dan Akhir tahun memang cukup umum untuk dilakukan banyak orang.

Meskipun hal itu bisa dilakukan untuk membelanjakan bonus Anda, tapi dari sudut pandang finansial, keputusan tersebut mungkin tidak selalu yang terbaik.

Karena jika Anda tidak menghemat anggaran bonus yang ada, maka usaha menabung di masa depan akan terlihat jauh lebih sulit.

Jadi jika ingin membelikan hadiah, coba untuk berfikir lebih kreatif. Memberikan hadiah berupa foto ataupun karya video pribadi, sering kali memberikan nilai berharga lebih untuk orang-orang yang disayangi.

Karena mengedit sebuah foto ataupun video bisa dilakukan gratis, tanpa harus mengeluarkan sepeser pun uang. Jadi nanti uang bonus tersebut bisa dialokasikan untuk kebutuhan yang jauh lebih penting.

2. Masukkan ke Tabungan 

Memang merupakan sebuah hal yang klise untuk selalu konsisten dalam menabung. Tetapi jika memang Anda saat ini mendapatkan bonus, tidak akan ada ruginya untuk menambahkan persentasi penyisihan dari pendapatan ke dalam rekening tabungan.

Karena dengan begitu pun, mungkinbonus yang sudah di tabungkan bisa berperan penting untuk kebutuhan mendadak atau darurat di masa depan.

 

2 dari 3 halaman

3. Investasi

20151113-Ilustrasi Investasi
Perbesar
lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal. (iStockphoto)

Investasi adalah salah satu opsi terbaik yang bisa dilakukan anda saat sudah menerima bonus dari kantor. Menginvestasikan pendapatan memungkinkan uang anda bekerja untuk diri anda sendiri.

Tidak akan ada salahnya untuk menginvestasikan bonus gaji pada investasi saham, surat bank ataupun dana utang.

Atau, jika anda memilliki kerabat dengan bisnis yang sudah berjalan, maka jangan pernah untuk mengesampingkan hal itu.

4. Membayar utang

Membayar utang kredit ataupun pinjaman pribadi pastinya adalah pilihan terbaik yang bisa Anda lakukan saat memiliki bonus. Banyak yang bertanya-tanya, sebenarnya jauh lebih baik mana, melakukan investasi atau membayar utang.

Kedua hal tersebut pun pastinya mempunyai keuntungan sendiri, tetapi dengan membayarkan utang kredit ataupun pinjaman pribadi dengan bonus hal itu bisa jadi manfaat.

Karena dengan membayarkan bonus tersebut untuk hutang, maka hal tersebut bisa menghemat pengeluaran dari anggaran utama atau pasif selama ini.

 Reporter: Yoga Senjaya Putra

 

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini

Lanjutkan Membaca ↓