Sukses

Seluruh Penumpang dan Awak Lion Air yang Tergelincir di Bandara Radin Inten II Lampung Selamat

Seluruh penumpang dan awak pesawat Lion Air dalam kondisi selamat, serta dilakukan proses evakuasi ke gedung terminal bandar udara.

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat Lion Air JT-173 rute Bandara Hang Nadim Batam dengan tujuan Bandara Radin Inten II, Tanjung Karang, Lampung mengalami insiden di Bandara Radin Inten II. Pesawat Boeing 737-900ER tersebut keluar dari landas pacu saat akan parkir. 

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, Lion Air dengan nomor penerbangan JT-173 tersebut membawa 7 awak pesawat serta 125 penumpang dewasa, satu anak-anak, dua balita.

"Seluruh penumpang dan awak pesawat dalam kondisi selamat, serta dilakukan proses evakuasi ke gedung terminal bandar udara," jelas dia, Minggu (20/12/2020).

Ia pun menceritakan kronologi kejadian. Pesawat lepas landas dari Bandar Udara Internasional Hang Nadim pukul 13.33 waktu setempat dan mendarat di Bandar Udara Radin Inten II pada 14.45 WIB.

Lion Air penerbangan JT-173 ketika mendarat dalam kondisi hujan deras dengan jarak pandang yang memenuhi kualifikasi proses pendaratan pesawat udara.

"Setelah pesawat dalam kecepatan rendah dan proses untuk berbelok arah menuju pelataran parkir (apron), badan pesawat keluar dari landas pacu (runway)," kata Danang.

Lion Air akan terus berkoordinasi dan bekerja sama dengan pengelola bandar udara setempat dan instansi lain yang terkait dalam proses evakuasi pesawat.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesawat Lion Air JT173 Tergelincir di Bandara Radin Inten II Lampung

Sebelumnya, Pesawat Lion Air JT-173 tujuan Batam-Tanjungkarang tergelincir. Insiden ini diduga akibat cuaca buruk di Bandara Radin Inten II, Lampung, Minggu (20/12/2020), pukul 14.00 WIB.

Hal tersebut dibenarkan oleh Humas Bandara Radin Inten II Pujo Wusono saat dihubungi di Bandarlampung, Minggu (20/12/2020).

"Benar tergelincir, saat ini tengah melakukan proses evakuasi," ujarnya.

Ia mengatakan untuk sementara selama proses evakuasi, tidak ditemukan korban atas kejadian tersebut.

"Tidak ada korban jiwa, saat ini dalam proses evakuasi," ucapnya lagi seperti dikutip Antara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.