Sukses

Alasan CEO Pfizer Bukan Jadi Orang Pertama yang Dapat Suntikan Vaksin COVID-19

Survei mengungkapkan bahwa masyarakat akan lebih rela disuntik vaksin COVID-19 jika CEO perusahaan vaksin yang salah satunya adalah Pfizer rela disuntik terlebih dahulu.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa pun akan berpikir dengan selesainya Pfizer mengembangkan vaksin COVID-19, maka sang CEO akan menjadi orang pertama yang mendapat suntikan vaksin tersebut. Ternyata tidak.

CEO perusahaan farmasi asal Amerika Serikat Pfizer Albert Bourla mengungkapkan, dirinya belum menerima suntikan vaksin untuk melawan virus COVID-19 dan menjelaskan alasan di balik keputusan tersebut.

Dilansir dari entrepreneur.com, Jumat (18/12/2020), ketika ditanya kenapa tidak menjadi orang pertama yang mencoba vaksin tersebut? Bourla mengemukakan vaksin tersebut belum disuntikkan karena belum berada dalam rentang usia yang seharusnya menerima terlebih dahulu.

"Umur saya 59 tahun, saya dalam keadaan sehat, saya bukan di baris pertama, jadi untuk tipe saya tidak disarankan untuk divaksinasi sekarang. Sebisa mungkin, aku akan melakukannya aturan itu,” kata Bourla.

Jika dia divaksinasi, masyarakat umum akan mempertimbangkan untuk melakukannya. Sadar akan pengaruhnya terhadap populasi terkait keputusan mereka untuk menerima vaksin atau tidak, CEO perusahaan farmasi tersebut menyatakan dia belum mempertimbangkan untuk menerimanya lebih awal.

Bourla menjelaskan, survei yang dilakukan oleh apoteker sendiri mengungkapkan bahwa masyarakat akan lebih rela divaksinasi jika CEO perusahaan disuntik terlebih dahulu. Responden menilai vaksinasi CEO Pfizer akan lebih menentukan dibandingkan jika presiden terpilih, Joe Biden, menerima obat tersebut.

"Dengan pemikiran itu, saya mencoba mencari cara untuk mendapatkan vaksinasi, meskipun ini bukan waktu saya, hanya untuk menunjukkan kepercayaan pada perusahaan," katanya.

Dia menekankan produk vaksin tersebut memenuhi semua standar untuk persetujuan dan meminta orang untuk mempercayainya

Sementara itu @Pfizer mentweet #PfizerProud

“Vaksin Pfizer-BioNTech # COVID19 belum disetujui atau dilisensikan oleh FDA AS tetapi telah diizinkan untuk penggunaan darurat guna mencegah COVID-19 pada individu berusia 16+. Lihat ketentuan penggunaan: https://t.co/ENvj6P2vv2 pic.twitter.com/aMn3a4Xz6w

-AlbertBourla (@AlbertBourla) 13 Desember 2020

Direktur eksekutif berkomentar bahwa pendistribusian vaksin merupakan tantangan, karena harus disimpan pada -70° C, suhu yang jauh lebih rendah daripada vaksin lainnya.

Perusahaan farmasi tersebut berencana untuk memproduksi 1,3 miliar dosis penawar terhadap virus covid-19 pada 2021. Menurut Bourla, ini adalah "komitmen untuk dunia."

Adapun orang pertama yang divaksinasi di Amerika Serikat dengan obat Pfizer-BioNTech adalah Sandra Lindsay. Dia adalah seorang perawat yang tinggal di wilayah Queens, New York, dan bekerja di unit Perawatan Intensif Rumah Sakit Lenox Hill di Manhattan.

Di Meksiko, vaksin Pfizer-BioNTech sudah disetujui Jumat lalu, 11 Desember. Proses aplikasi di negara kita telah diumumkan sebelumnya, yang akan dimulai dengan menginokulasi personel sektor kesehatan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sah! Vaksin Pfizer Lolos Uji BPOM AS untuk Lawan COVID-19

Sebelumnya, Vaksin Pfizer mendapat izin dari BPOM AS untuk dipakai melawan COVID-19. Izin yang didapat adalah izin darurat atau Emergency Authorization Use (EAU). 

BPOM AS menyorot bahwa berdasarkan data dari 36.523 partisipan, vaksin Pfizer dinyatakan 95 persen efektif. Berdasarkan kualitas dan konsistensi produk, turut disimpulkan bahwa vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech dapat efektif.

"Selain itu ... berdasarkan keseluruhan bukti sains yang tersedia, benefit yang diketahui dan potensial dari Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech melebihi risiko yang diketahui dan potensial dari vaksin tersebut," tulis Denise Hinton, Chief Scientist dari Food and Drug Administration (BPOM AS) dalam rilis resmi pada Jumat 11 Desember 2020, dikutip Sabtu (12/12/2020).

Sebelumnya, komite vaksin di AS juga telah memberikan rekomendasi kepada BPOM AS untuk meloloskan vaksin Pfizer. Denise Hinton lantas memberikan izin berdasarkan aturan yang berlaku.

"Saya mengizinkan penggunaan darurat dari Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTEch," ujarnya.

BPOM AS menegaskan bahwa vaksin Pfizer dapat disalurkan lewat distributor berizin berdasarkan arahan pemerintah AS.

Namun, vaksin ini hanya boleh dipakai untuk usia 16 tahun ke-atas.

"Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech yang mendapat izin ini hanya akan diberikan melalui provider vaksinasi dan hanya digunakan untuk mencegah COVID-19 berusia 16 tahun dan lebih tua," tulis BPOM AS.

AS adalah salah satu negara pertama yang memberikan izin kepada Pfizer. Negara pertama yang memakai vaksin ini secara umum adalah Inggris.

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.