Hadapi Cuaca Ekstrim, Ditjen Migas Minta Badan Usaha Migas Susun Upaya Mitigasi

Oleh Gilar Ramdhani pada 16 Des 2020, 18:47 WIB
Diperbarui 16 Des 2020, 18:47 WIB
Hadapi Cuaca Ekstrim, Ditjen Migas Minta Badan Usaha Susun Upaya Mitigasi
Perbesar
Minyak dan Gas Bumi

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka peningkatan kewaspadaan dan kesiapan memasuki musim penghujan dan cuaca ekstrim di mana di beberapa daerah telah terjadi banjir yang mengakibatkan lumpuhnya sarana dan prasarana umum, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi melalui Kepala Inspeksi meminta badan usaha pada kegiatan migas untuk melakukan upaya-upaya pencegahan.

Pelaksana Tugas Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Mustafid Gunawan selaku Kepala Inspeksi, dalam surat tertanggal 11 Desember 2020 yang ditujukan kepada Kepala Teknik dan Direktur Badan Usaha pada kegiatan migas, meminta badan usaha untuk menyusun, menetapkan dan mensosialisasikan rencana upaya mitigasi dan kesiapan tempat kerja secara optimal untuk menanggulangi dampak dari bencana akibat cuaca ekstrim.

"Apabila diperlukan, membentuk tim tanggap darurat untuk mengantisipasi dampak dari bencana akibat cuaca ekstrim," ujar Mustafid.

Ditekankan pula bahwa keselamatan migas yaitu keselamatan pekerja, keselamatan instalasi dan peralatan, keselamatan lingkungan dan keselamatan umum, serta kehandalan dan keamanan dari setiap instalasi dan peralatan, tetap menjadi prioritas utama dalam setiap pengambilan keputusan rencana operasi.

Mutafid juga meminta agar Kepala Teknik meneruskan himbauan dan menyebarluaskam informasi ini di saluran atau media internal kepada seluruh pekerja dan melaporkan kepada Kepala Inspeksi apabila terjadi gangguan bencana akibat cuaca ekstrim di wilayah operasinya.

 

(*)