Setidaknya, Ini Target Keuangan yang Harus Dicapai Sebelum Usia 30 Tahun

Oleh Helena Yupita pada 19 Des 2020, 06:00 WIB
Diperbarui 19 Des 2020, 06:00 WIB
Ilustrasi Miliarder
Perbesar
Kebiasaan makan miliarder ternyata memengaruhi kesuksesan kerja. (Ilustrasi: The Huffington Post)

Liputan6.com, Jakarta Saat berusia 20-an, Anda mengalami banyak perubahan. Mungkin lulus dari perguruan tinggi dan memulai pekerjaan pertama.

Anda dapat pindah ke pekerjaan kedua dan terus menaiki tangga karier. Dapat pula kembali ke sekolah pascasarjana untuk mendapatkan gelar master. Atau mungkin bahkan menikah dan memulai sebuah keluarga.

Sulit untuk menetapkan tonggak untuk ini karena orang mengambil jalur karier dan kehidupan yang berbeda.

Namun, kelima tujuan ini akan bermanfaat bagi Anda tidak peduli arah mana yang diambil dalam hidup.

Melansir dari the balance, jika mengambil langkah-langkah ini dan mengikuti rencana keuangan, Anda mungkin sedang menuju sukses secara finansial sepanjang hidup.

1. Menuntaskan utang

Meskipun mungkin tidak dapat melunasi seluruh utang, tetapi Anda harus mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasinya. Semua utang termasuk tunggakan kartu kredit yang dimiliki juga harus dilunasi.

Ketika Anda mengelola utang dengan baik dan melunasinya, pintu dapat terbuka untuk langkah-langkah lain dalam hidup, seperti memiliki rumah atau membeli mobil baru.

Luangkan waktu sekarang untuk menyiapkan rencana pembayaran utang sehingga dapat keluar dari jeratan utang, atau pertimbangkan program perangkat lunak pengurangan hutang untuk membantu Anda menjadi bebas hutang lebih cepat.

2. Rencanakan Pensiun

Mulailah dengan pekerjaan pertama dan cobalah menabung setidaknya 15 persen dari pendapatan sebelum pajak untuk masa pensiun.

Jika mulai melakukan ini pada pekerjaan pertama, Anda akan mulai mengumpulkan tabungan berkualitas lebih awal. Begitu terbiasa menyisihkan uang, Anda tidak akan melewatkan seterusnya.

Jika memutuskan untuk meninggalkan dunia kerja untuk mengejar gelar pendidikan berkelanjutan atau yang lainnya, uang di rekening pensiun akan terus bertambah.

 

2 dari 3 halaman

3. Menabung untuk Uang Muka Rumah

beli rumah
Perbesar
Ilustrasi

Menabung setidaknya 20 persen untuk uang muka rumah memiliki banyak manfaat, itu tidak selalu merupakan pilihan yang tepat.

Bagaimanapun, Anda mungkin perlu menabung sejumlah uang untuk membayar uang muka jika ingin membeli rumah baru. Misalnya, mungkin hanya membutuhkan 3,5 persen untuk uang muka jika mendapatkan pinjaman, atau Anda mungkin membutuhkan setidaknya 20 persen untuk hipotek konvensional selama 30 tahun.

Bergantung pada pilihan hidup, Anda dapat membeli rumah pertama di usia 20-an, atau mungkin menunggu sampai berusia 30-an. Itu tergantung pada situasi, lajang atau menikah, dan pilihan karier. Namun, menyimpan uang ini akan membantu Anda siap ketika saatnya tiba.

4. Fokus pada Karir

Ini saat yang tepat untuk membangun karier yang solid. Luangkan waktu untuk membuat jaringan profesional yang solid dan pertimbangkan semua opsi yang tersedia. Usia 20-an adalah waktu yang tepat untuk menjelajahi berbagai opsi.

Jika lajang, Anda dapat pindah ke berbagai kota untuk mengejar pekerjaan impian, dan juga dapat benar-benar fokus untuk membangun reputasi yang baik. Ini dapat membantu jika Anda memutuskan untuk mulai bekerja sebagai konsultan atau freelance saat situasi keluarga berubah di masa depan.

5. Bangun Kebiasaan Keuangan yang Baik

Penting untuk meluangkan waktu untuk membangun kebiasaan keuangan yang baik di usia 20-an. Ini berarti mengelola kredit dengan baik dan memperbaiki kesalahan seperti keterlambatan pembayaran yang Anda lakukan di masa lalu. Itu berarti membuat dan mengikuti anggaran setiap bulan.

Jika Anda telah menetapkan dasar dari kebiasaan keuangan yang baik, akan lebih mudah untuk terus bergerak maju karena hidup menjadi lebih rumit dengan anak-anak, hubungan, atau karier yang bergerak.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini

Lanjutkan Membaca ↓