Sukses

Harga Emas Naik Lebih dari 1 Persen karena Lonjakan Kasus Covid-19

Harga Emas telah meningkat lebih dari 22 persen sepanjang tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas naik lebih dari 1 persen pada perdagangan Selasa, didukung oleh ekspektasi lebih banyak paket bantuan virus Corona di Amerika Serikat karena meningkatnya kasus COVID-19 memperbarui kekhawatiran atas korban ekonomi akibat pandemi.

Dikutip dari CNBC, Rabu (16/12/2020), harga emas di pasar spot emas naik 1,4 persen menjadi USD 1,852,36 per ounce. Sementara harga emas berjangka AS ditutup naik 1,3 persen pada USD 1,855.30.

“Ada kemungkinan stimulus lolos dan itulah yang ditunggu-tunggu oleh pasar emas,” kata Jeffrey Sica, Pendiri Circle Squared Alternative Investments.

“Kebanyakan orang telah menerima kenyataan bahwa vaksin akan menghentikan gelombang berikutnya, tetapi tidak banyak hubungannya dengan gelombang saat ini," lanjut dia.

Angka kematian akibat COVID-19 di AS yang mengejutkan memberi tekanan pada anggota parlemen untuk memberikan bantuan, meningkatkan optimisme sekitar USD 1,4 triliun.

Sementara itu harga Emas, yang dianggap sebagai lindung nilai terhadap kemungkinan inflasi dan penurunan nilai mata uang, telah meningkat lebih dari 22 persen sepanjang tahun ini di tengah stimulus yang belum pernah terjadi sebelumnya yang dilepaskan secara global.

Infeksi yang meningkat juga menyebabkan pembatasan yang lebih ketat diberlakukan di Belanda, Jerman, dan London. Dolar AS yang lemah semakin meningkatkan daya tarik untuk emas batangan dalam denominasi greenback.

Investor juga menunggu pertemuan Federal Reserve AS mulai hari Selasa, dengan bank sentral diperkirakan akan mempertahankan suku bunga mendekati nol.

Harga emas memiliki resistensi pada USD 1.879 per ounce, dengan penutupan di atas level USD 1.894, mengarahkan harga untuk naik ke USD 1.920, kata Phillip Streible, Kepala Strategi Pasar di Blue Line Futures di Chicago.

Perak melonjak 2,7 persen menjadi USD 24,45 per ounce, dan paladium naik 1,9 persen menjadi USD 2,336.62. Kedua logam tersebut naik lebih dari 3 persen di awal sesi.

"Peran ganda perak sebagai logam mulia dan bahan industri membuatnya lebih menarik pada saat aktivitas ekonomi diperkirakan akan pulih," kata Fawad Razaqzada, Analis Pasar ThinkMarkets.

Selain harga emas, harga platinum juga naik 1,8 persen menjadi USD 1.025,08.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Simak Prediksi Harga Emas Jelang Akhir 2020, Bakal Lebih Mahal?

Harga emas tengah menghadapi resistensi yang kuat di level USD 1.850. Analis menilai, level harga emas akan sampai ke USD 1.925 per ons pada perdagangan akhir 2020. Hal ini akan sangat dipengaruhi oleh stimulus fiskal AS yang saat ini masih belum jelas.

Dilansir dari laman Kitco News, Minggu (14/12/2020), co-direktur Walsh Trading Sean Lusk menyebutkan bahwa, berdasarkan historis pola perdagangan emas, salah satu waktu terbaik untuk harga emas adalah dari pertengahan Desember hingga Hari Valentine (Februari).

“Level USD 1.880-USD 1.900 masih menjadi resistensi kunci untuk emas,” kata Lusk.

Dalam hematnya, saat ini, harga emas berhasil menahan level USD 1.830. Artinya, logam tersebut naik 20 persen sejak awal tahun.

Hingga akhir tahun, Lusk memperkirakan harga emas cenderung lebih tinggi. "Ini akan menjadi proses yang lambat hingga akhir tahun karena kami menuju USD 1.850- USD 1.900,” kata dia.

5 Hal yang akan Mempengaruhi Harga Emas Pekan Ini

Selain momentum Natal dan Tahun baru, ada lima hal yang harus diperhatikan minggu depan yang dapat berdampak signifikan pada pasar emas. Antara lain: rekor kematian akibat covid-19 di AS, stimulus fiskal, kekacauan Brexit, pertemuan kebijakan moneter Federal Reserve, dan data makro.

Direktur perdagangan global Kitco Metals, Peter Hug masih melihat peluang untuk emas mencapai USD 1.925 per ounce pekan depan jika emas bisa bertahan di atas USD 1.850 per ounce.

Di sisi lain, Hug melihat saat ini AS sedang berada dalam tekanan untuk segera meloloskan stimulus USD 900 miliar akiba angka covid-19 yang terus meningkat. Sementara, derik-detik terakhir negosiasi Brexit selama akhir pekan ini juga menambah lapisan ketakutan yang menguntungkan emas.

"Pagi ini, Anda mendapat dukungan di level USD 1.825, dan itu melonjak, kemudian Boris Johnson mengumumkan bahwa kemungkinan Inggris akan meninggalkan UE tanpa kesepakatan perdagangan. Itu akan menciptakan beberapa masalah keuangan antara Inggris dan UE di tahun baru. Ini telah memicu ketakutan dan merupakan katalisator untuk emas, "jelas Hug.

Adapun batas waktu negosiasi akan berakhir pada hari Minggu. Namun ekonom melihat ada kemungkinan untuk diperpanjang. "Ada anggapan umum bahwa pembicaraan bisa berlanjut hingga minggu depan (pekan ini)," kata ekonom pasar berkembang ING James Smith.

Yang tak kalah penting, yakni peristiwa makro terbesar di AS minggu depan adalah pertemuan kebijakan moneter Federal Reserve pada hari Rabu.

"Mengingat situasi ini, Federal Reserve akan mempertahankan bias dovish dan terus menekankan perlunya dukungan fiskal yang sedang berlangsung," kata kepala ekonom internasional ING James Knightley.

Hug juga mencatat bahwa Fed akan tetap sangat akomodatif dan mungkin menekankan perlunya lebih banyak stimulus fiskal.

3 dari 3 halaman

Infografis Rupiah dan Bursa Saham Bergulat Melawan Corona

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.