Sukses

Keren, Sri Mulyani Ikut Masuk Daftar Muslim Paling Berpengaruh Dunia 2021

Ternyata, bukan hanya Presiden Jokowi yang masuk dalam daftar Muslim Paling Berpengaruh Dunia 2021.

Liputan6.com, Jakarta The Muslim 500 mengeluarkan daftar Muslim Paling Berpengaruh Dunia 2021. Di antara daftar, Presiden Joko Widodo (Jokowi) masuk berada di peringkat 12, naik dari sebelumnya yang berada di peringkat 13.

Ternyata, bukan hanya Jokowi yang masuk dalam daftar. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, yang merupakan jajaran Kabinet Jokowi turut masuk daftar Muslim Paling Berpengaruh Dunia 2021.

Dia bersanding dengan nama Muslim lain dalam bidang bisnis yang sebagian besar kaum pria, seperti Talal Abu-Ghazaleh, Mohammed Hussein Ali Al-Amoudi, Sheikha Al-Bahar, Maha Al-Ghunaim dan lainnya.

Mengutip penjelasan dalam situs resminya, The Muslim 500 menyebut jika Sri Mulyani Indrawati adalah salah satu dari sedikit pembuat kebijakan Indonesia dengan profil internasional.

Selama menjabat sebagai Menteri Keuangan, di negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, juga masuk salah satu dari 20 ekonom terkemuka di dunia.

Dikatakan jika Indonesia menjadi salah satu negara dengan ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara. Hal itu disebut sebagian berkat kombinasi kebijakan ekonomi yang baik dan lingkungan politik yang stabil.

Disebutkan juga jika Sri Mulyani pernah diangkat sebagai Managing Director Bank Dunia pada 2010. Dia menjabat hingga 2016.

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Raih Peringkat 12 dalam Daftar Muslim Paling Berpengaruh Dunia 2021

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berada di peringkat 12 di daftar Muslim Paling Berpengaruh Dunia 2021 versi The Muslim 500. Jokowi naik peringkat dari sebelumnya yang berada di peringkat 13. 

Di daftar ini, Jokowi bersanding dengan tokoh-tokoh di Timur Tengah seperti Pangeran Mohammed bin Zayed Al-Nahyan dari Uni Emirat Arab hingga Raja Salman dari Arab Saudi.

Pada profilnya, Jokowi disebut memiliki latar sebagai "politisi bersih". Budaya blusukan juga disorot oleh The Muslim 500.

Jokowi dipuji sebagai "pemimpin jujur" yang mengawal suksesnya Asian Games 2018 di Jakarta.

Meski demikian, The Muslim 500 menyorot respons Jokowi yang lambat saat pandemi COVID-19. Jokowi disebut awalnya khawatir tentang ekonomi sehingga berbagai tindakan terlambat.

Peringkat 1 ditempati oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Berikut daftar 15 besar muslim berpengaruh di dunia versi The Muslim 500:

3 dari 3 halaman

10 Besar

1. Presiden Recep Tayyip Erdogan (Turki)

2. Raja Salman bin Abdul-Aziz Al-Saud (Arab Saudi)

3. Ayatollah Hajj Sayyid Ali Khamenei (Iran)

4. Raja Abdullah II bin Al-Hussein (Yordania )

5. Sheikh Muhammad Taqi Usmani (Pakistan)

6. Raja Mohammed VI (Maroko)

7. Pangeran Mohammed bin Zayed Al-Nahyan (Uni Emirat Arab)

8. Ayatollah Sayyid Ali Hussein Sistani (Iran)

9. Habib Umar bin Hafiz (Yaman)

10. Salman Al-Ouda (Arab Saudi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.