Sukses

Wapres Ma'ruf Amin Ajak PNS Terus Gali Inovasi

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengucapkan selamat kepada para PNS yang menerima penghargaan Anugerah ASN 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) menginisiasi ajang Anugerah ASN 2020 pada Senin, 14 Desember 2020. Penghargaan ini diberikan kepada PNS untuk tiga kategori, antara lain PNS Inspiratif, Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Teladan dan The Future Leader.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan Anugerah ASN 2020. Ia berpesan kepada seluruh PNS agar secara aktif untuk terus melakukan inovasi, menggali gagasan baru yang kreatif, mencari model bisnis yang memiliki nilai tambah, dan mengelola cara kerja baru yang berkelanjutan (continuous improvement).

"Dalam alam kompetisi yang ketat, hanya birokrasi dan ASN yang bekerja secara inovatif yang akan mampu bersaing dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat," ujar Ma'ruf Amin dalam sambutannta di Anugerah ASN 2020, Senin (14/12/2020).

Menurutnya, kemajuan suatu bangsa didukung oleh SDM yang unggul dan berkualitas, sehat, berdaya saing, dan berakhlak mulia. SDM unggul salah satunya berasal dari PNS yang mengemban tugas sebagai perencana, pelaksana, serta pengawas penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional.

Hal ini membuat PNS memiliki peran strategis dalam mengantarkan Indonesia menuju birokrasi berkelas dunia. Untuk itu, ia mengutarakan, Anugerah ASN 2020 dapat dijadikan momentum untuk mendorong PNS terus berinovasi dan membuktikan kontribusi yang nyata bagi kemajuan bangsa.

"Saya harapkan kepada seluruh penerima penghargaan agar terus menginspirasi dan berinovasi memberikan karya-karya terbaiknya kepada bangsa dan negara," kata Ma'ruf Amin.

Ma’ruf Amin juga berpesan, praktik-praktik terbaik harus ditemukan dan digali untuk dapat dijadikan standar kompetensi dan layanan yang dapat diaplikasikan secara regional maupun nasional. Itu dilakukan melalui transfer pengetahuan dan berbagi pengalaman.

"Pusat-pusat keunggulan dan inovasi birokrasi harus terus dikembangkan oleh PNS untuk mewujudkan birokrasi kelas dunia," imbuh Ma’ruf Amin.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Pemenang

Berikut daftar pemenang Anugerah ASN 2020:

Top 3 PNS Inspiratif

1. Arif Wibowo – Balai Riset Perikanan, Perairan Umum, dan Penyuluhan Perikanan Palembang

2. Dian Inggrawati Soebangil – Kementerian Sosial

3. Fathul Aminudin Aziz – Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

Top 3 PPT Teladan

1. Charlie D. Heatubun – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Papua Barat

2. Diana Kusumastuti – Direktur Bina Penataan Bangunan, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

3. Herman Suryatman – Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang

Top 3 The Future Leader

1. Ganjar Setya Pribadi – Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung

2. Gilang Adi Nugroho – Kementerian Perdagangan

3. Muhammad Rifki Al Habib – Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.