Sukses

Cara RI Tangani Covid-19 Tuai Apresiasi di WTO, Tambah Kepercayaan dan Peluang Investasi

Neraca dagang Indonesia mengalami surplus sebesar USD 17,07 miliar (hingga Oktober 2020).

Liputan6.com, Jakarta Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menuturkan jika penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia mendapat apresiasi dari banyak negara. Hal itu pun menjadi angin segar dan optimisme bagi investor untuk percaya dan yakin kembali berinvestasi di Indonesia.

Selain itu, berbagai kebijakan perdagangan di Indonesia juga dinilai positif. "Dari respon terhadap statement saya, beberapa negara memberi statement yang begitu terutama terhadap penanganan Covid-19 dan langkah-langkah dalam sektor perdagangan. Neraca dagang surplus, adanya simplifikasi regulasi, UU Cipta Kerja ini mendapat perhatian khusus dari negara anggota," jelas Jerry dalam LiveStreaming Liputan6 "Wamen Jerry Sambuaga dan Pertemuan WTO dari Jenewa, Swiss, Kamis (10/12/2020).

Sebagai informasi, neraca dagang Indonesia mengalami surplus sebesar USD 17,07 miliar (hingga Oktober 2020). Hal ini, berkat kebijakan perdagangan di tengah pandemi yang optimal.

Jerry menambahkan, apresiasi ini merupakan capaian positif yang luar biasa dan menunjukkan bahwa Indonesia ialah negara besar yang patut dipertimbangkan. Banyak negara yang sangat tertarik melihat peluang kerja sama ke depan.

"Ini sesuai dengan amanat Pak Presiden kepada kita untuk menciptakan kesan optimis dari neraca dagang kita yang surplus," jelas dia.

Pihaknya turut mengapresiasi respons negara-negara WTO dalam melihat kebijakan yang dilakukan pemerintah Indonesia.

"Ini kerja keras semua tim. Kami harap lewat momentum ini, kita memberikan kesan yang positif terhadap dunia kalau Indonesia adalah negara yang memiliki peran strategis dalam perdagangan global," tandas dia.

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wamendag Sebut Kebijakan Perdagangan Indonesia di Tengah Covid-19 Diapresiasi Dunia

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menjadi wakil Indonesia dalam forum Trade Policy Review ke-7 Indonesia yang diselenggarakan World Trade Organization (WTO) di kantor WTO, Jenewa, Swiss, Rabu (9/12/2020) lalu.

Pada pertemuan tersebut, Jerry mengungkapkan, kebijakan pemerintah dalam bidang perdagangan dan penanganan pandemi Covid-19 mendapat apresiasi dari banyak negara.

"Kemarin saya menyampaikan statement saat opening session, dan direspon sangat baik oleh banyak negara anggota. Sangat welcome dan mengapresiasi Indonesia khususnya terkait kebijakan pemerintah yang mengedepankan openness (keterbukaan) terutama tentang omnibus law," kata Jerry dalam LiveStreaming Liputan6 "Wamen Jerry Sambuaga dan Pertemuan WTO" Live from Jenewa, Swiss, Kamis (10/12/2020).

Jerry bilang, para negara anggota tertarik untuk melihat peluang kerjasama ke depan karena Indonesia sudah lebih terbuka dan transparan. Regulasi atau proses perizinan juga sudah mengalami simplifikasi sehingga mempermudah investasi yang masuk.

Para negara anggota juga mengapresiasi langkah Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19, terutama terkait dengan sektor perdagangan. Indonesia dinilai cukup berhasil dan optimal menerapkan kebijakan tersebut.

"Apalagi neraca perdagangan surplus. Terakhir hingga Oktober 2020, neraca dagang kita surplus USD 17,07 miliar dan itu positif, baik, dan menciptakan kesan optimis," jelas Wamendag.

Sebagai informasi, TPR Indonesia digelar untuk meninjau seluruh kebijakan perdagangan dan kebijakan terkait perdagangan Indonesia periode 2014-2020 oleh seluruh anggota WTO untuk dilihat kesesuaiannya dengan kommitmen yang telah disepakati Indonesia di WTO.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.