Sukses

BPH Migas Gelar Penghargaan BPH Migas 2020

BPH Migas menggandeng Media ekonomi terintegrasi terbesar di Indonesia, CNBC Indonesia menggelar Malam Puncak "Penghargaan BPH Migas 2020 dan Penyerahan Sertifikat ISO 37001 Sistem Manajemen Anti Penyuapan", di Hotel Westin Jakarta.(08/12/2020).

Liputan6.com, Jakarta BPH Migas menggandeng Media ekonomi terintegrasi terbesar di Indonesia, CNBC Indonesia menggelar Malam Puncak "Penghargaan BPH Migas 2020 dan Penyerahan Sertifikat ISO 37001 Sistem Manajemen Anti Penyuapan", di Hotel Westin Jakarta.(08/12/2020). Ajang penghargaan sekaligus acara puncak rangkaian peringatan 17 tahun BPH Migas dihadiri Kepala Staff Presiden Jenderal TNI (Purn.) Moeldoko, Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto, Wakil Ketua Komisi VII Alex Noerdin juga Menteri Koordinator Bidang Perkekonomian Airlangga Hartato hadir secara virtual, para pimpinan kementerian dan lembaga serta perwakilan perusahaan dan Pemerintah Daerah yang memperoleh penghargaan.

Kegiatan sebagai bentuk apresiasi dari BPH Migas kepada stakeholders, khususnya Badan Usaha Sektor Hilir Migas baik BUMN maupun swasta yang telah berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan kegiatan usaha disektor Hilir Migas. BPH Migas juga memberikan penghargaan kepada Badan Usaha, Bupati dan Penyalur pada Program BBM 1 Harga sebagai apresiasi atas kontribusinya dalam mewujudkan energi berkeadilan khususnya bagi masyarakat di wilayah 3 T (Terdepan, Tertinggal, dan Terluar).

Selain itu juga pada acara tersebut, BPH Migas mendapatkan Sertifikat ISO 37001 Sistem Manajemen Anti Penyuapan sebagai bentuk pengakuan BPH Migas yang telah menerapkan standar dan prosedur untuk mendukung tata kelola Pemerintahan yang baik (good and clean governance).Dalam sambutannya, Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko mengapresiasi peran Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) dalam mewujudkan program BBM Satu Harga di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurut dia, banyak yang tidak memahami betapa tidak mudah menjalankan program BBM Satu Harga."Bayangkan minyak dari Surabaya, Balikpapan, dibawa ke Indonesia Timur turun dengan truk sebagian ke sungai, naik perahu, ada yang dibawa ke airport, naik darat lagi baru ke user. Betapa sulitnya menuju ke BBM Satu Harga," ujar Moeldoko.

Kendati demikian, eks Panglima TNI itu menekankan Presiden dengan tegas memerintahkan BBM dengan harga yang sama harus dinikmati oleh siapapun.Moeldoko juga menyampaikan apresiasi karena BPH Migas mendapat sertifikat 37001 dalam hal sistem manajemen anti penyuapan.

"Ini upaya yang baik. Prinsip-prinsip akuntabilitas, prinsip-prinsip keterbukaan harus bisa dijalankan dengan sebaiknya," ujar Moeldoko.Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa, dalam sambutannya mengatakan akan terus melanjutkan program BBM Satu Harga hingga mencapai 500 lokasi pada 2024 mendatang. Hingga hari ini, program BBM Satu Harga sudah beroperasi di 253 lokasi."Mudah-mudahan dengan tercapainya 500 lokasi, maka amanah UU migas yang meminta negara hadir yang menjamin ketersediaan BBM di seluruh RI bisa diwujudkan," ujar Ifan, panggilan dari Fanshurullah Asa.

Acara ini merupakan bagian dari acara HUT BPH Migas ke 17 tahun. Dalam usia tersebut, BPH Migas telah melakukan banyak hal sesuai amanat dari UU Migas dalam mengawal energi berkeadilan di seluruh Indonesia.

Selain mewujudkan BBM Satu Harga ke seluruh pelosok Indonesia, BPH Migas juga mendorong penerapan program jaringan gas (Jargas) di berbagai kota. Jargas ini telah diimplementasikan di 57 kabupaten/kota dengan total 53 ribu sambungan.

Ifan menjelaskan bahwa mayoritas penduduk di Indonesia masih menggunakan LPG dengan subsidi APBN yang mencapai Rp 50 triliun. Sekitar 70% dari LPG tersebut juga berasal dari impor."Jika bisa diakselerasi menjadi penggunaan jargas di rumah tangga maka pemanfaatan gas dalam negeri bisa dimaksimalkan ke seluruh pipa gas yang terbangun di Indonesia," jelas Ifan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato dalam sambutanya secara virtual mengingatkan sebuah pekerjaan rumah (PR) besar Indonesia di sektor minyak dan gas bumi."Kita adalah net importir (migas) dan akan menimbulkan neraca migas yang melebar," ujarnya.Oleh karena itu, Airlangga bilang kalau semua pihak harus melakukan pendekatan yang tidak biasa. Sebab, pertumbuhan ekonomi suatu negara, termasuk Indonesia, membutuhkan energi."Operasionalisasi regulasi diharapkan bisa dilaksanakan dan BPH Migas memegang peranan penting," kata Airlangga.

Berikut Penerima Penghargaan BPH Migas Award 2020;

Penghargaan I - 5 Badan Usaha pembayar Iuran terbesar di bidang BBM.

1. PT. Pertamina (Persero)

2. PT. Pertamina Patra Niaga

3. AKR Corporindo, Tbk.

4. PT. Petromine Energy Trading

5. PT. Exxonmobil Lubricants Indonesia

Penghargaan II - 5 Badan Usaha Pembayar Iuran Terbesar di Bidang Gas Bumi

1. PT. Pertamina Gas

2. PT. Perusahaan Gas Negara, Tbk.

3. PT. Transportasi Gas Indonesia

4. PT. Energasindo Heksa Karya

5. PT. Inti Alasindo Energy

Penghargaan III.a - 5 Badan Usaha Kepatuhan Pembayaran Iuran Badan Usaha BBM

1. PT. Jasatama Petroindo

2. PT. Petro Andalan Nusantara

3. PT. Jagad Energy

4. PT. Elnusa Petrofin

5. PT. Moto Energy Indonesia

Penghargaan III.b - 5 Badan Usaha Kepatuhan Pelaporan Verifikasi Volume Badan Usaha BBM

1. PT. AKR Corporindo, Tbk

2. PT. Moto Energy Indonesia

3. PT. Andifa Perkasa Energi

4. PT. Total Oil Indonesia

5. PT. Exxonmobil Lubricants Indonesia

Penghargaan IV a - 5 Badan Usaha Kepatuhan Pembayaran Iuran Badan Usaha Gas Bumi.

1. PT. Petrogas Jatim Utama

2. PT. Sumber Petrindo Perkasa

3. PT. Majuko Utama Indonesia

4. PT. Mitra Energi Gas Sumatera

5. PT. Banten Inti Gasindo

Penghargaan IV.b - 5 Badan Kepatuhan Pelaporan Verifikasi Volume Badan Usaha Gas bumi.

1. PT. Transportasi Gas Indonesia

2. PT. Majuko Utama Indonesia

3. PT. Mitra Energi Gas Sejahtera

4. PT. Banten Inti Gasindo

5. PT. Surya Energi Parahita

Penghargaan V - 5 Kepala Daerah Pendukung BBM 1 Harga.

1. Bupati Lampung Barat

2. Bupati Halmahera Utara

3. Bupati Tojo Una-Una

4. Bupati Asmat

5. Bupati Sabu Raijua

Penghargaan VI - 5 Penyalur BBM 1 Harga

1. PT Ratna Oil and Gas

2. PT Bukit Indah Berkah

3. PT Nias Barat Sejahtera

4. PT Seroja Abadi

5. PT Bintang Sembilan Papua Energi

Penghargaan VII - Badan Usaha Pelaksana Utama Program BBM 1 Harga

1. PT Pertamina (Persero)

Penghargaan VIII  - 3 Perguruan Tinggi Aktif Pengembangan Usaha Hilir Migas

1. Universitas Gadjah Mada

2. Universitas Padjadjaran

3. Univeritas Indonesia

Penghargaan IX - 2 Badan Usaha Pelaksana Program Digitalisasi SPBU Penugasan Pemerintah

1. PT. Pertamina (Persero)

2. PT Telkom Indonesia, Tbk

Penghargaan X - 2 Badan Usaha Pelaksana Penugasan Jaringan Gas

1. PT Perusahaan Gas Negara, Tbk

2. PT Pertamina Gas

Penghargaan XI - Lifetime Achievemen

Ignasius Jonan

Lifetime Achievemen diberikan kepada Ignasius Jonan, Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral periode 2017-2019 atas kontribusi yang luar biasa dalam pengembangan sektor Hilir Migas khususnya dalam mewujudkan energi berkeadilan melalui pelaksanaan program BBM 1 Harga dan jaringan gas untuk rumah tangga dan pelanggan kecil.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini