Terbelit Utang Kartu Kredit, Begini Lho Caranya Biar Cepat Lunas

Oleh Liputan6.com pada 16 Des 2020, 07:00 WIB
Diperbarui 16 Des 2020, 07:00 WIB
Cara Agar Bisa Bayar Hutang Kredit dengan Cepat
Perbesar
Ada beberapa pengguna kartu kredit yang teledor dalam menggunakan kartu kredit.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda adalah orang yang sering menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan sehari-hari sehingga jadi utang bertumpuk, melunasinya mungkin sebenarnya jauh lebih mudah dari apa yang dibayangkan. Kuncinya dengan mengembangkan rencana yang baik dan terus konsisten.

Berikut 4 strategi dari Bank of America, yang bisa membantu Anda melunasi utang kartu kredit, seperti melansir bettermoneyhabit.bankofamerica, Rabu (16/12/2020).

1. Bayar Satu Per Satu

Apakah kamu memiliki saldo di lebih dari satu kartu? Jika memang begitu kondisinya, Bank of America menyarankan untuk selalu pastikan membayar minimum dari setiap kartu.

Setelah itu fokus membayar kartu kredit satu per satu. Anda bisa menentukan mana kartu yang akan jadi prioritas terlebih dahulu dengan mengikuti dua cara ini:

- Periksa suku bunga di laporan keuangan dan lihat kartu mana yang mempunyai tingkat bunga tertinggi, jika sudah tahu prioritaskan kartu tersebut terlebih dahulu.

- Selesaikan pembayaran dengan saldo terkecil terlebih dahulu, setelah itu ambil uang yang dibayarkan untuk utang tersebut. Lalu gunakan untuk membayar saldo terkecil lainnya.

2. Membayar Lebih dari Minimum

Selalu lihat laporan kredit. Jika Anda membayar saldo minimum pada kartu kredit tertentu, maka akan memakan waktu jauh lebih lama untuk melunasi tagihan yang ada.

Jadi jika Anda membayar lebih dari jumlah minimum, maka bunga yang akan dibayar akan jauh lebih sedikit.

Perusahaan kartu kredit biasanya diharuskan untuk membuat bagian ini di dalam laporan mutasinya, sehingga melihatnya bisa membantu pembayaran tagihan ke depannya.

 

2 dari 3 halaman

3. Menggabungkan Utang

Kartu Kredit
Perbesar
Ilustrasi Foto Kartu Kredit (iStockphoto)

Bank of America, menyatakan bahwa dengan mengkonsolidasi utang, maka kamu bisa menggabungkan saldo berbunga tinggi menjadi satu dengan suku bunga yang jauh lebih rendah.

Dengan begitu pun, seseorang bisa membayar tagihan utangnya jauh lebih cepat. Berikut ini adalah dua cara umum untuk mengkonsoldasi uutang:

- Manfaatkan tingkat transfer saldo rendah untuk memindahkan utang dari kartu berbunga tinggi.

Ketahuilah bahwa biaya transfer saldo seringkali 3–5 persen, tetapi simpanan dari tingkat bunga yang lebih rendah seringkali lebih besar daripada biaya transfer. Selalu pertimbangkan hal itu ketika mempertimbangkan pilihan ini.

- Jika mempunyai ekuitas di rumah, maka hal itu bisa digunakan untuk membayar utang dari kartu kredit.

Bank of America menilai, biasanya jalur kredit dari ekuitas rumah jauh lebih rendah dari apa yang dikenakan di kartu kredit masing-masing individu.

4. Memprioritaskan Ulang Budget 

Mulailah dengan memberikan kategori kepada pengeluaran masing-masing, misalnya: belanjaan transportasi, perumahan, dan hiburan. Dengan begitu laporan mutasi kredit bisa menjadi alat yang berguna.

Jika sudah mengetahui kategori pengeluaran terbesar Anda, maka carilah cara untuk memotongnya. Kemudian ambil uang yang telah kamu sisihkan dan terapkan untuk membayar tagihan utang.

Reporter: Yoga Senjaya Putra

 

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini

Lanjutkan Membaca ↓