Sukses

BI dan Kemenkeu Sepakat Kembangkan Aplikasi Core Banking System pada 2021

Dengan adanya CBS, diharapkan layanan jasa perbankan yang diberikan BI ke pemerintah dapat semakin mendukung modernisasi pengelolaan perbendaharaan.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sepakat untuk kembangkan aplikasi Core Banking System (CBS). Aplikasi ini dibangun oleh BI dan bakal interkoneksi dengan sistem di Kemenkeu pada 2021.

Kesepakatan ini merupakan salah satu topik strategis kesepakatan Forum Harmonisasi BI – Kemenkeu 2020 (Forhar 2020) yang ditandatangani pada Senin 7 Desember 2020. Juga sebagai wujud digitalisasi layanan perbankan Bank Indonesia kepada pemerintah.

“Dengan adanya CBS, diharapkan layanan jasa perbankan yang diberikan BI kepada pemerintah, dapat semakin mendukung modernisasi pengelolaan perbendaharaan yang dilakukan Kemenkeu,” kata Deputi Gubernur BI Doni P. Joewono, Senin (7/12/2020).

Dengan demikian, sinergi BI dan Kemenkeu tersebut dapat mendukung pelaksanaan tugasnya masing-masing sebagai otoritas moneter dan otoritas fiskal.

Penandatanganan kesepakatan Forhar 2020 tersebut dirangkaikan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang Koordinasi Operasionalisasi Treasury Dealing Room (PKS TDR) di Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kemenkeu. Hal ini sebagai bentuk komitmen BI dalam mendukung upaya pengelolaan kelebihan kas Pemerintah yang telah berjalan sejak 2015.

Koordinasi yang erat antara BI dengan Kemenkeu telah berjalan dalam hal pertukaran informasi, seperti penyampaian perencanaan kas harian Pemerintah, rencana penempatan atau investasi Pemerintah, dan realisasi penempatan atau investasi Pemerintah untuk mendukung pelaksanaan tugas kedua lembaga.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesepakatan Lain

Disamping itu, Forhar 2020 telah menyepakati 16 topik strategis lainnya dalam mendukung penyelesaian tugas BI dan Kemenkeu untuk ditindaklanjuti bersama di tahun 2021.

Topik strategis tersebut meliputi 4 (empat) bidang, yaitu:

- Bidang market, pasar valas, pasar surat utang negara (SBN), termasuk infrastruktur pendukung;

- Bidang pengelolaan kas, utang, dan hibah Pemerintah;

- Bidang sistem pembayaran; dan

- Bidang data dan informasi untuk meningkatkan kualitas informasi sebagai dasar pengambilan keputusan bagi kedua institusi.

Untuk diketahui, Forum Harmonisasi BI-Kemenkeu merupakan suatu forum yang dimanfaatkan untuk mengelola hubungan Bank Indonesia dengan Pemerintah, khususnya Kementerian Keuangan. Serta digunakan untuk membahas berbagai isu strategis di bidang fiskal dan moneter yang memerlukan kesepakatan dan tindak lanjut dari kedua belah pihak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.