Sukses

Grup Astra Sumbang 61 Persen Ekspor Mobil Nasional

Grup Astra tiap tahunnya memproduksi sekitar 700 ribu unit kendaraan roda empat dan 5 juta unit kendaraan roda dua.

Liputan6.com, Jakarta - Grup Astra berpartisipasi pada acara Pelepasan Ekspor dari Indonesia ke pasar global yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara virtual dari Istana Negara pada Jumat, 4 Desember 2020. Perusahaan-perusahaan Grup Astra yang berpartisipasi pada acara Pelepasan Ekspor ini adalah PT Astra Otoparts Tbk (AOP), PT Astra Daihatsu Motor (ADM), dan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI).

Pada kegiatan tersebut, Astra Otoparts mengekspor komponen otomotif untuk pasar suku cadang pengganti (replacement market) dan segmen pabrikan atau original equipment manufacturer (OEM), Astra Daihatsu Motor  mengekspor kendaraan Gran Max.

Sedangkan Isuzu Astra Motor Indonesia mengekspor kendaraan komersialnya yakni Isuzu Traga, yang peresmian ekspor perdananya ke Filipina telah dilaksanakan pada Desember 2019.

"Semoga partisipasi Grup Astra pada kegiatan ekspor ini dapat mendukung program pemerintah, yakni ekspor non-migas, sekaligus membantu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Kami percaya kita semua dapat melalui kondisi pandemi ini jika kita saling mendukung," ujar Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro, Jumat (4/12/2020).

Menurut catatan Grup Astra, ekspor kendaraan roda empat atau mobil perseroan mencapai 61 persen dari total ekspor nasional. Grup Astra tiap tahunnya memproduksi sekitar 700 ribu unit kendaraan roda empat dan 5 juta unit kendaraan roda dua untuk kebutuhan pasar domestik dan ekspor.

Astra Otoparts sebagai produsen dan distributor komponen kendaraan bermotor saat ini telah mengekspor sekitar 74 jenis komponen yang terdiri dari baterai, ban, komponen elektrikal, transmisi mesin, hingga komponen lainnya ke 50 negara tujuan ekspor.

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

109.871 Unit

Berdasarkan data yang dipublikasi oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada Januari-Oktober 2020, Astra Daihatsu Motor telah mengekspor kendaraan roda empat dalam bentuk utuh (CBU) sebanyak 67.740 unit ke 75 negara tujuan ekspor.

Volume ekspor Astra Daihatsu Motor tersebut mencapai 37 persen dari total ekspor kendaraan roda empat nasional yang mencapai 180.903 unit.

Grup Astra melalui pabrik di Toyota juga telah mengekspor kendaraan roda empat CBU sebanyak 42.131 unit pada Januari-Oktober 2020, atau mencapai 23 persen dari total ekspor kendaraan roda empat nasional.

Secara nasional, total ekspor dari pabrikan Grup Astra, yaitu Daihatsu dan Toyota mencapai 109.871 unit atau mencapai 61 persen dari total ekspor kendaraan roda empat CBU nasional. Dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun, IAMI telah mengekspor 2.689 unit Isuzu Traga atau senilai USD 28 juta pada Januari-Oktober 2020.

Di pasar sepeda motor, Grup Astra juga mengekspor sebanyak 221.556 unit CBU motor Honda pada Januari-Oktober 2020 atau mencapai 41 persen dari total ekspor sepeda motor nasional yang mencapai 542.016 unit

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.