Bangun Usaha di Masa Pandemi, Bisa Kok!

Oleh Reza pada 07 Des 2020, 00:00 WIB
Diperbarui 07 Des 2020, 00:00 WIB
Perhatikan Kembali 5 Hal Ini Jika Bisnis Online Kamu Ingin Berkembang
Perbesar
Buat kamu yang ingin bisnis onlinenya berkembang, perlu kembali melihat 5 hal ini apakah sudah berjalan baik.

Liputan6.com, Jakarta Dampak pandemi membuat sebagian orang kehilangan pekerjaannya. Untuk bertahan, ada sebagian dari mereka yang terjun ke dunia usaha. Mulai dari usaha makanan sampai budidaya hewan. 

Bagi Anda yang mengalami hal serupa, tidak ada kata terlambat untuk membangun sebuah usaha. Tak perlu yang langsung besar, cukup yang sederhana namun memberikan  keuntungan. 

Untuk hal itu, ada beberapa cara yang perlu dilakukan, biar usaha semakin maju dan berkembang selama pandemi. 

Pilih usaha

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ialah memilih usaha yang tepat untuk Anda. Kamu bisa mencari referensi dari internet. Pilihlah jenis usaha yang Anda pahami. Setidaknya, tahu proses usaha tersebut. 

Sebagai contoh, saat ini budidaya hewan dan tumbuhan menjadi primadona dalam dunia usaha. Ternak lele sampai tanaman janda bolong, misalnya.

Setelah Anda sudah memilih, lanjut mempelajarinya dahulu. Jangan terburu-buru. Intinya, Anda paham apa yang harus dilakukan untuk menjalankan usaha tersebut. 

Beralih digital

Dunia digital menjadi ‘toko’ yang sedang diminati oleh banyak orang. Pasalnya, melalui digital, seperti platform belanja online sampai media sosial bisa menjangkau ke berbagai tempat. Jadi, saat Anda berjualan, produk bisa dilihat oleh banyak orang. 

Lagi pula, selama masa pandemi, banyak orang lebih memilih belanja online ketimbang konvensional. Hal itu terkait rasa aman ketika belanja online ketimbang harus keluar rumah yang nantinya bisa berakibat fatal terkena virus Covid-19. 

Gunakan layanan perbankan yang terpercaya

Memanfaatkan produk dan layanan perbankan bisa menjadi cara untuk meningkatkan usaha Anda. Salah satu produk yang bisa Anda manfaatkan adalah Pinjaman Modal Kerja untuk mendukung ekspansi atau mengubah usaha Anda untuk beralih ke digital. 

“Untuk memanfaatkan transformasi digital, tentunya diperlukan investasi yang cukup besar. Salah satu solusi untuk mendukung transformasi digital ini adalah dengan pendanaan dari perbankan terpercaya. Selain dukungan dari segi pendanaan, pihak perbankan juga dapat memberi kemudahaan lainnya seperti kenyamanan transaksi digital dan juga dalam bentuk pembinaan seperti edukasi keuangan yang dapat membantu pelaku usaha untuk tetap bertumbuh di masa yang menantang ini,” kata SME Business Head Bank Danamon, Haryanto Suryonoto.  

Untuk memilih bank yang tepat, perlu dicermati juga fitur-fitur atau layanan pendukung yang ditawarkan bank tersebut. Sebagai contoh, Bank Danamon selain menyediakan pinjaman untuk usaha juga menghadirkan aplikasi yang memberikan kemudahan bertransaksi dalam menjalankan usaha Anda melalui gadget dimana saja dan kapan saja. Aplikasi ini juga memungkinkan pelaku usaha untuk mempromosikan produknya sekaligus memonitor laporan pemesanan barang dan pembayaran.

 

(*)