Sukses

Menaker Ida Fauziyah Positif Covid-19, Simak Daftar Menteri yang Terinfeksi Corona

Dengan positifnya Menaker Ida Fauziyah ini menambah daftar para menteri dalam kabinet Presiden Joko Jokowi (Jokowi) yang terkonfirmasi terinveksi virus Corona Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah terinfeksi virus Corona Covid-19. Saat ini kondisi fisik Menaker Ida sangat baik dan tengah melakukan isolasi mandiri. 

"Ya betul hasil PCR test saya positif Covid-19. Mohon doanya semoga segera pulih," jelas Menaker Ida Fauziyah pada Kamis (3/12/2020).

Dengan positifnya Menaker  Ida Fauziyah ini menambah deretan para menteri dalam kabinet Presiden Joko Jokowi (Jokowi) yang terkonfirmasi terinveksi virus Corona Covid-19. 

Dirangkum Liputan6.com, berikut ini daftar menteri yang positif covid-19, Kamis (3/12/2020):

1. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dinyatakan sembuh dari infeksi virus Corona setelah terpapar dan dirawat selama 17 hari di RSPAD Gatot Soebroto. Budi Karya menyatakan bahwa dirinya bisa bekerja efektif lagi 5 Mei 2020.

Perjalanan Budi karya menuju kesembuhan tidaklah mudah. Awalnya, Mensesneg Pratikno mengumumkan status Menhub Budi Karya yang positif Corona, tepatnya tanggal 13 Maret 2020, dan membuat geger semua pihak terutama yang melakukan kontak fisik dengannya beberapa hari ke belakang.

"Atas izin keluarga yang disampaikan Pak Wakil Kepala RSPAD tadi, pasien tersebut Pak Budi Karya, Pak Menhub," ujar Mensesneg, Pratikno, di Kemensesneg, Jakarta, pada Sabtu 14 Maret 2020 malam.

"Hasil laboratorium confirm untuk Covid-19," imbuh Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto Brigjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya.

Pratikno berujar, Menhub Budi Karya terkena Corona dikarenakan aktif mengunjungi tempat-tempat vital yang memang berpotensi dalam menularkan virus tersebut. Awalnya, Menhub hanya divonis terkena tifoid (tifus) biasa, namun saat menjalani pemeriksaan dan perawatan, dokter menyatakan dirinya positif Corona.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo

Edhy Prabowo yang kala itu masih menjabat menjadi Menteri KKP dikabarkan positif covid-19 pada 3 September 2020. Namun kini Edhy sudah pulih dan menjadi tersangka korupsi ekspor lobster yang ditangkap oleh KPK.

Informasi Menteri Edhy positif Covid-19 dibenarkan oleh Wakil Ketua Komisi IV Daniel Johan. Diketahui, Komisi ini merupakan mitra kerja dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Dia memperoleh informasi tersebut dari staf KKP sekitar tanggal 3 September 2020.

"Iya (positif Covid-19). Saya mendapat kabar dari staf KKP. Dan info yang saya dapat kondisinya sehat. Saya dapat infonya 3 September, tapi tanggal pastinya harus tanya langsung," kata Daniel kepada Liputan6.com, Selasa, 8 September 2020.

Politisi PKB ini langsung mencoba mengontak langsung Edhy melalui Whatsapp. Namun, tak langsung menanyakan positif Covid-19.

"Saya langsung WA Bang Edhy, tapi tidak secara langsung menanyakan hal itu, hanya mendoakan agar selalu sehat dan lancar," jelas Daniel.

Daniel pun bercerita bahwa pesan tersebut langsung dibalas oleh Edhy. Dia tak menjelaskan Edhy positif Covid-19. Hanya mengucapkan terima kasih saja. "Dijawab amin, terima kasih Pak Ketua," tukas Daniel.

Namun demikian, kondisi kesehatan Edhy Prabowo saat ini telah membaik. Hal itu diutarakan oleh Ketua Komisi IV, Sudin.

"Sudah sehat. Memang seminggu lalu kurang sehat. Tapi sekarang sudah sehat, kemarin baru ngobrol sama saya (di WA)," ujar Sudin dalam sambungan telepon bersama Liputan6.com, Rabu, 16 September 2020.

Meski telah membaik, Sudin menambahkan, Edhy Prabowo saat ini masih harus menjalani masa pemulihan di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. Dalam kondisi tersebut, Sudin mengatakan Edhy Prabowo sudah bisa berkomunikasi seperti biasa, saat itu. 

 

3 dari 3 halaman

3. Menteri Agama Fachrul Razi

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi terkonfirmasi positif virus Corona atau Covid-19 pada 17 September 2020. Staf Khusus Menteri Agama, Kevin Haikal, mengatakan kondisi Fachrul saat ini dalam keadaan baik.

"Pada 17 September, Menag melakukan tes swab dan hasilnya positif," kata Kevin saat dikonfirmasi, Senin (21/9/2020).

Meski dinyatakan positif Covid-19, Kevin menegaskan, kondisi Fachrul Razi dalam keadaan baik dan tanpa gejala yang mengkhawatirkan.

"Alhamdulillah kondisi fisik beliau hingga saat ini terpantau baik, tidak ada gejala-gejala mengkhawatirkan," ucap dia.

Kevin menambahkan, saat ini Fachrul Razi menjalani isolasi dan istirahat. Hal ini dilakukan sebagai komitmen taat protokol kesehatan. "Menag tengah menjalani proses isolasi dan istirahat. Mohon doanya," pungkas Kevin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.