Gantikan Luhut Jadi Menteri KKP, Ini Rencana Syahrul Yasin Limpo

Oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana pada 03 Des 2020, 14:47 WIB
Diperbarui 03 Des 2020, 14:47 WIB
Mentan
Perbesar
Mentan Syahrul Yasin Limpo. Dok kementan

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan amanat kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk menjadi pengganti sementara Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Ad Interim Luhut Binsar Pandjaitan. Tugas ini diberikan lantaran Luhut harus melakukan perjalanan dinas ke luar negeri hingga 10 Desember 2020.

Syahrul mengatakan, dirinya akan rutin memantau tugas-tugas yang jadi tanggung jawab KKP selama masa jabatan sementara ini.

"Saya diamanatkan Presiden (Jokowi) tadi jam 09.00 (WIB) untuk melaksanakan tugas Kementerian Kelautan dan Perikanan Ad Interim, sementara, di dalam mengawal aktivitas-aktivitas rutin yang ada di dalam Kementerian Kelautan dan Perikanan," kata Syahrul Yasin Limpo di Gedung Mina Bahari 1, Jakarta, Kamis (3/12/2020).

Dia berkomitmen agar KKP bisa mempercepat penyerapan anggaran pendapatan belanja negara (APBN) 2020 di sisa tahun ini. Syahrul juga tak mau lepas kendali pada pelaksanaan anggaran di 2021, meski ia sudah tidak lagi menjadi sebagai Menteri KKP Ad Interim.

"Tentu saja semua konsepsi-konsepsi yang sudah terprogram bisa dilakukan upaya-upaya percepatan di dalam menutup tahun anggaran 2020 ini. Tentu saja percepatan untuk mempersiapkan langkah-langkah di tahun 2021 menjadi konsentrasi-konsentrasi saya bersama sekjen irjen dan seluruh dirjen yang ada di sini," serunya.

"Tugas daya merampungkan tugas program konsepsi aktivitas di 2020, baik secara faktual administrasi maupun keuangan. Ini pekerjaan besar sekali," tandas Syahrul Yasin Limpo.

2 dari 3 halaman

Jokowi Tunjuk Mentan Syahrul Yasin Limpo Gantikan Luhut Jabat Menteri KKP Ad Interim

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo. Dok Kementan
Perbesar
Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo. Dok Kementan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo untuk menduduki jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan (Menteri KKP) Ad Interim. Mentan Syahrul Yasin Limpo menggantikan posisi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan yang sebelumnya juga ditunjuk sebagai Menteri KKP Ad Interim.   

Pergantian ini dilakukan karena Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan tengah melakukan perjalanan dinas keluar negeri.  "Pak Luhut tugas ke luar negeri," kata Sekertaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan, Antam Novambar kepada wartawan, Jakarta, Rabu (2/12/2020).

Dalam surat yang ditandatangani Menteri Sekretariat Negara, Pratikno, Luhut akan menjalani perjalanan dinas pada 2-10 Desember 2020. Permintaan izin perjalanan dinas tersebut pun telah diajukan Luhut kepada Presiden sejak tanggal 22 November 2020.

"Pada intinya memohon kepada Bapak Presiden untuk melakukan perjalanan dinas keluar negeri pada tanggal 2-10 Desember," tulis Pratikno dalam surat tersebut.

"Kami beritahukan Bapak Presiden berkenan menunjuk Menteri Pertanian untuk menggantikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Ad Interim," tulis Pratikno dalam surat tersebut.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓