Sukses

FLOU Cloud Siap Penuhi Kebutuhan Transformasi Bisnis di 2021

FLOU Cloud hadir sebagai solusi untuk mendukung pemerintah dalam membangun digital hub Indonesia dan siapmenjadi accelerator pembangunan Indonesia 4.0.

Liputan6.com, Jakarta - Sesuai dengan tren adopsi teknologi industri 4.0 saat ini, cloud memungkinkan setiap user mewujudkan fungsi otomasi dalam bisnis, pengoptimalan nilai efisiensi, hingga memberikan keunggulan sebagai data driven organization yang tentunya sangat esensial bagi perkembangan bisnis secara jangka panjang.

Melihat tingginya kebutuhan cloud yang sesuai dengan karakteristik pengguna di Indonesia, FLOU Cloud hadir sebagai solusi untuk mendukung pemerintah dalam membangun digital hub Indonesia dan siap menjadi accelerator pembangunan Indonesia 4.0.

FLOU cloud resmi diluncurkan dalam acara virtual Grand Launching FLOU Cloud yang bertajuk Indonesia Digital Hub Accelerator (2/12/2020) sebagai digitalplatform yang memiliki teknologi hybrid multi cloud serta memiliki kapabilitas dan fitur yang setaradengan pemain cloud global.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia, Edi Witjara, keynotes speaker dalam virtualGrand Launching FLOU Cloud meyakini bahwa FLOU Cloud menjadi digital enabler untuk mendorongtransformasi digital bagi seluruh industri, sehingga dapat membantu percepatan pemulihan ekonominasional.

Bukan hanya sekedar tagline reliable, unlimited, fast menjadikan FLOU Cloud memiliki keunggulan yangditawarkan untuk mampu memenuhi kebutuhan pasar.

FLOU Cloud Sebagai Inovasi anak bangsa,dirancang memenuhi segala kebutuhan user tanpa dibatasi dari segi kapabilitas resources seperti storage, compute, network, dan security.

“Kami memiliki FLOU Cloud yang menawarkan fleksibilitas yang mampu menyesuaikan kebutuhanteknologi dan resources bagi setiap perusahaan, sehingga pelanggan cukup berinvestasi sesuai denganyang diperlukan”, ujar Bhimo Aryanto, CEO Telkomsigma

Dari segi infrastruktur, Director of Delivery and Operation Telkomsigma, I Wayan Sukerta menambahkan, FLOU Cloud memiliki ketersediaan wide coverage network dengan spesifikasi high performance dan jugadata center bersertifikasi internasional yang tersebar di Indonesia.

“Melalui FLOU Cloud, kamimemberikan nilai operation excellent kepada seluruh segmen pelanggan melalui kesiapan dan dukunganinfrastruktur cloud yang trusted dan reliable”, ujar Wayan.

Sejak soft launching-nya pada 10 Juni 2020 lalu, FLOU Cloud telah dipercaya untuk diimplementasikan dilebih dari 30 pelanggan dari segmen startup, small &medium business, swasta hingga lembagapemerintahan dalam kurun waktu 5 bulan.

Melihat respon pasar yang cukup baik, ditargetkan pada 2021, FLOU Cloud akan memperluas pangsapasarnya agar semakin strategis untuk bersaing dengan pemain cloud global yang telah melakukan penetrasi pasar di Indonesia melalui.

“FLOU Cloud menjadi masa depan bagi para startup bisnis maupunenterprise untuk semakin kompetitif”, pungkas Tanto Suratno, Director of Business and SalesTelkomsigma

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Startup dan Komunitas Bersinergi Kembangkan Potensi Ekonomi Digital di Daerah 3T

Untuk mengembangkan potensi ekonomi digital di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T), pemerintah melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika melaksanakan program Dayamaya.

Program ini mengajak para pelaku Startup eCommerce, Komunitas, Kelompok masyarakat dan UMKM digital bersinergi mengembangkan potensi serta membuat solusi tepat guna bagi masyarakat di daerah 3T.

“Melalui peran startup, komunitas, dan UMKM yang terlibat, kami harapkan dapat mempercepat kemajuan di daerah 3T. Saat ini sudah ada lima inisiatif, dari 18 yang terpilih pada tahun 2019, yang mulai berproses di masyarakat. Kami yakin dengan peran serta mereka, akan segera terjadi perubahan di daerah 3T menuju ke arah yang lebih baik,” kata Direktur Layanan TI untuk Masyarakat dan Pemerintah Bakti Danny Januar Ismawan di Jakarta, Rabu (2/12/2020).

Untuk tiga dari 18 inisiatif yang telah berkesempatan memberikan kontribusi kepada masyarakat yaitu Atourin, Cakap, dan Jahitin.

Atourin sebagai perusahaan teknologi di sektor pariwisata yang menyediakan jasa dan layanan baik secara online maupun offline untuk industri pariwisata Indonesia, pada tahun 2019 berkesempatan menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi pemandu wisata di Natuna melalui program Dayamaya.

Menurut Reza Permadi selaku Tim Operasional Atourin, pada tahun 2019 terdapat 10 pemandu wisata di Natuna sudah memiliki lisensi, lebih berani melakukan self branding, dan mulai memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi. Dengan ini diharapkan akan ada lebih banyak lagi pemandu wisata yang berlisensi.

“Di masa pandemi ini, salah satu satu program kami yaitu melakukan pelatihan secara daring bagi pemandu wisata se-Indonesia. Kami ajarkan bagaimana cara membuat tur virtual. Salah satu sektor yang paling terdampak akibat pandemi adalah pariwisata. Dengan pelatihan ini, diharapkan pemandu wisata dapat memanfaatkan internet untuk menghadirkan layanan virtual tour baik kepada wisatawan dalam negeri maupun mancanegara," kata Reza.

Lebih lanjut Reza mengatakan bahwa tur virtual ini merupakan platform baru, yang dapat dimanfaatkan untuk jangka waktu panjang, tidak hanya di masa pandemi saja

Selaras dengan Atourin, Cakap sebagai platform online pembelajaran bahasa asing mendukung pengembangan daerah wisata dengan meningkatkan kemampuan masyarakat dari sisi penguasaan bahasa, utamanya bahasa Inggris.

Dalam kontribusinya, pada tahun 2019 melalui program Dayamaya, Cakap telah menyelenggarakan digital assessment di Kabupaten Sabu Raijua dan Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), menggunakan standarisasi CEFR (The Common European Framework of Reference for Languages).

Program melibatkan peserta setingkat pelajar SMA sebanyak 250 orang, kegiatan ini dilakukan secara daring melalui ruang belajar digital dalam sebuah kelas online yang diisi oleh guru bahasa Inggris asing (ESL Teacher). 

3 dari 3 halaman

Infografis Protokol Kesehatan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.