Sukses

Kredivo Ajak Milenial Tak Cuma Melek Digital, Tapi Juga Keuangan

Kredivo mengajak milenial sekarang ini untuk memiliki kemampuan melek keuangan alias bisa mengatur keuangan (financial savy).

Liputan6.com, Jakarta - Milenial merupakan generasi yang turut andil dalam pergerakan ekonomi nasional, terutama di tengah tekanan ekonomi saat ini. Untuk itu, Kredivo hadir bersama Generasi Djempolan yang mampu menciptakan generasi yang melek keuangan.

Di tahun ini, Indonesia tengah menghadapi fase demografi dengan populasi milenial mencapai sepertiga atau 34 persen dari total populasi. Sangat luar biasa jika milenial mampu melek menjadi generasi keuangan, bukan hanya melek digital. Hal itulah yang melatarbelakangi Kredivo akhirnya menghadirkan Generasi Djempolan.

Banyak orang mengalami perubahan perilaku semenjak pandemi ini melanda Tanah Air. Seperti perilaku kebanyakan konsumen untuk melakukan belanja online. Terjadi peningkatan di berbagai platform terhadap konsumen yang belanja online untuk membeli barang-barang, selain makanan.

Hal itu disebabkan karena aturan pembatasan jarak sosial membuat konsumen cenderung bertransaksi atau membeli barang secara online. Peningkatan tersebut terjadi di bebagai komoditi saat ini.

Seperti latar belakang tersebut, Kredivo akhirnya menghadirkan Generasi Djempolan. Generasi tersebut merupakan serangkaian gerakan literasi keuangan digital yang diinisiasi Kredivo dalam mengajak milenial sekarang ini untuk memiliki kemampuan melek keuangan alias bisa mengatur keuangan (financial savy), tentunya dengan berbagai kanal komunikasi yang cocok dengan para milenial.

Head of Business Development PT Finaccel Finance Indonesia (Kredivo), Lily Suriani menjelaskan, setidaknya ada tiga kriteria utama sebagai Generasi Djempolan. "Pertama, set priority, yakni seperti apa pengeluaran yang harus dirapatkan. Value over price, mengatur bagaimana pengeluaran bisa berdampak bagi peningkatan bisnis atau bisa mengarahkan ke arah yang lebih baik. Terakhir, best of worlds, bisa menguasai atau memiliki kemampuan untuk terus mengatur keuangan," jelas dia, Rabu (2/12/2020).

Bersama Generasi Djempolan, Kredivo akan melakukan berbagai hal positif. Salah satunya adalah akan terus melakukan kegiatan literasi keuangan, seperti seminar, webinar, kompetisi, dan campaign melalui media sosial untuk terus menanamkan nilai Generasi Djempolan.

Salah satunya juga ada kelas khusus untuk milenial agar mereka bisa mempelajari fintech dari segi teknologi dan operasional, Kredivo Fintech Lab namanya.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kredivo Terapkan Sistem Pendeteksi Penipuan Setara Bank

Sebelumnya, platform kredit digital, Kredivo terus berinovasi melalui teknologinya guna memperluas inklusi keuangan masyarakat. Salah satu fokus Kredivo adalah memastikan teknologinya mampu mempermudah proses kredit dari mulai pengajuan, verifikasi data hingga persetujuan dapat berjalan tanpa hambatan.

Selain itu, Kredivo juga menerapkan teknologi verifikasi data dan pendeteksi penipuan melalui sistem manajemen risiko industri yang mampu mencapai metrik risiko setaraf bank. 

Kemampuan tersebut juga mendapat pengakuan dari dua institusi kredibel sekaligus, yaitu The Asian Banker dan IDC.

Komisaris Kredivo, Umang Rustagi mengapresiasi pengakuan terhadap kinerja Kredivo dari institusi kredibel seperti The Asian Banker dan IDC.

"Penghargaan ini akan menjadi dorongan bagi Kredivo untuk terus berinovasi meningkatkan kualitas layanan dan memberi dampak dengan menghadirkan akses kredit yang cepat, aman, dan inklusif kepada jutaan milenial Indonesia," di Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.