Sukses

7 Tips Hindari Investasi Bodong

Berikut 7 daftar pertanyaan untuk membantu menghindari jebakan investasi bodong atau penipuan investasi

Liputan6.com, Jakarta Orang sering membuat keputusan yang tidak bijaksana tentang uang mereka dalam hal investasi. Skema cepat kaya, peluang pemasaran berjenjang, dan peluang investasi yang solid telah membuat banyak orang kehilangan tabungan pensiun mereka dan mendorong mereka ke dalam hutang.

Ada terlalu banyak penipuan dan penipuan untuk mencantumkan semuanya. Untuk kenyamanan, semua bentuk peluang investasi, skema, ide dan kesepakatan bisnis disebut sebagai “kesepakatan”.

Tetap tenang dan kumpulkan data dan pikirkan semuanya sebelum membuat keputusan. Pertanyaan-pertanyaan ini mungkin bisa membantu. Berikut 7 daftar pertanyaan untuk membantu menghindari jebakan investasi bodong atau penipuan investasi, dilansir dari laman Freemalaysiatoday.com, Rabu (2/12/2020).

1. Apakah saya membuat keputusan emosional?

Jangan pernah merasa berkewajiban untuk mengatakan ya hanya karena teman Anda terlibat. Banyak skema Ponzi yang berhasil telah berhasil melalui rujukan.

2. Apa keuntungan dan kerugian dari kesepakatan itu?

Sisi positifnya adalah apa yang berpotensi Anda peroleh. Jika upside sudah menjadi tren pasar, tanyakan pada diri Anda apakah ini benar-benar kesepakatan yang bagus. Misalnya, jika pengembang sudah mendiskon harga, apakah membeli rumah ini dengan diskon “khusus” sepadan?

Sisi negatifnya adalah segala sesuatu yang bisa salah dalam kesepakatan. Anda perlu mencari sebanyak mungkin kerugian dari kesepakatan, termasuk implikasi jangka pendek dan jangka panjang untuk kesepakatan lain dan keuangannya.

3. Berapa biaya peluang jika Anda menginvestasikan uang dalam suatu kesepakatan?

Penting untuk mempertimbangkan apakah waktu dan uang Anda, keduanya sumber daya yang terbatas, dan dapat digunakan dengan lebih baik di tempat lain. Jaringan dan kekayaan bersih Anda mungkin membatasi akses Anda ke penawaran bagus, tetapi itu tidak berarti penawaran itu tidak ada. Mintalah pendapat seseorang yang lebih pintar atau lebih terhubung.

4. Apakah Anda dalam posisi keuangan untuk menanggung risiko atas janji keuntungan potensial? Apakah Anda memiliki jaring pengaman jika ada yang gagal? Bagaimana cara melindungi nilai risiko Anda dengan lebih baik dan mengurangi kerugian?

Jika Anda investasi di pasar saham, miliki dana hari-hari hujan (gaji enam bulan) dan asuransi kesehatan bahkan sebelum Anda mempertimbangkan untuk berinvestasi. Anda tidak ingin kualitas hidup Anda terpengaruh jika kesepakatan gagal atau jika sesuatu yang tidak terduga terjadi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

5. Apakah Anda sudah cukup melakukan penelitian dan memvalidasi asumsi dengan berbagai sumber, termasuk pakar yang berpengalaman? Apakah saya memahami peluang saya?

Jika seseorang mengajukan kesepakatan, kemungkinan besar sudah terdapat asimetri informasi, yang berarti mereka mengetahui sesuatu yang tidak Anda ketahui. Anda harus mengklarifikasi keraguan sebanyak penggerus insting Anda. Cobalah untuk menjembatani kesenjangan pengetahuan dan jangan takut untuk meminta bantuan.

6. Apa manfaat langsung yang langsung terlihat?

Beberapa skema (atau kursus) menawarkan hal-hal yang tidak berwujud seperti akses ke informasi dan koneksi, dengan harga tertentu. Ini mungkin terdengar bagus di atas kertas, tetapi benda tak berwujud seperti itu sia-sia tanpa tindakan.

Semakin cepat dan nyata hasilnya, semakin baik. Jika Anda ingin berinvestasi dalam hal yang tidak berwujud, dapatkan keterampilan, misalnya, pemikiran kritis dan evaluasi bisnis.

7. Apa sudut pandang mereka dan di mana posisi Anda? Bagaimana kesepakatan X membuat orang berpisah dengan uang mereka? Apa model bisnis mereka? Siapa lagi yang ada di dalamnya dan mengapa?

Apakah ada tanda-tanda putus asa? Beberapa tanda bahaya: “Semua orang melakukannya”, “Ini hal besar berikutnya”, “Ini adalah kesempatan eksklusif yang sensitif terhadap waktu untuk beberapa orang terpilih”, “Teman-teman Anda menghasilkan begitu banyak uang dari X”. Jika kesepakatan itu terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, mungkin memang begitu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.