Sukses

Cara Jababeka Tekan Tingkat Emisi di Kawasan Industri

Penanaman sejumlah pohon trembesi sangat berdampak besar bagi orang yang beraktivitas di Kawasan Industri Jababeka serta guna menekan tingkat emisi.

Liputan6.com, Jakarta - Memperingati hari pohon sedunia yang jatuh pada tanggal 21 November 2020, Batiqa Hotel Jababeka bersama Jababeka Infrastruktur selaku pengelola Kawasan Industri Jababeka berkolaborasi melakukan penanaman pohon trembesi di area II Kawasan Industri Jababeka.

General Manager Batiqa Hotel Jababeka Gustaf Adolf menjelaskan, tujuan kegiatan ini juga dilakukan sebagai upaya partisipasi positif kepada masyarakat dan bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya.

"Setelah sukses menggelar acara CSR menanam pohon mangrove di daerah Muara Gembong pada tahun lalu, kami berterima kasih kepada tim Jababeka yang memberikan kesempatan ini (menanam pohon trembesi)," terang Adolf dikutip, Sabtu (28/11/2020).

"Hotel Batiqa Jababeka sendiri sudah menjadi bagian dari kawasan industri yang sudah hadir sejak tahun 2015. Jadi, kami sudah lima tahun di sini. Mudah-mudahan penanaman pohon trembesi ini bisa berkontribusi, bermanfaat, dan mudah-mudahan memperindah kawasan Jababeka," tambahnya.

General Manager Operational PT Jababeka Infrastruktur Aris Dwi Cahyanto menerangkan bahwa kolaborasi melalui penanaman sejumlah pohon trembesi sangat berdampak besar bagi orang yang beraktivitas di Kawasan Industri Jababeka. Karena dengan hadirnya banyak pohon, maka itu bisa mengurangi emisi karbon sekaligus mengurangi udara panas.

"Hal itu sangat penting, karena kita tahu bahwa kita berada di kawasan industri dan menjaga lingkungan sangat dibutuhkan," terang Aris.

Ia pun berharap kegiatan ini bisa menarik perhatian dan menginspirasi para stakeholder untuk mengadakan program-program lingkungan seperti ini, meski Jababeka Infrastruktur sendiri sudah memiliki program Jabat (Jababeka Sahabat) Lingkungan, Jabat Sosial, Jabat Kesehatan yang diperuntukkan untuk menyelenggarakan kegiatan positif di Kawasan Industri Jababeka.

"Saya berharap lahan-lahan bisa dipenuhi pepohonan, apapun (jenis) pohonnya. Karena saat pohon itu mengeluarkan oksigen, hal itu akan memberi manfaat bagi stakeholder, yaitu tenant, tim keamanan, pengelola, dan masyarakatnya," terang Aris.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jababeka Tawarkan Kemudahan Berinvestasi di Kawasan Industri

Menanamkan modal di Kawasan Industri Jababeka menjadi pilihan yang sangat tepat jika para investor menginginkan pendirian perusahaan secara cepat dan tepat. Pasalnya, PT Jababeka telah banyak memberikan berbagai fasilitas kemudahan untuk investor.

Salah satunya adalah kemudahan memperoleh perizinan satu pintu yang dirilis pada 2017 lalu, yaitu Jababeka Focus to Accelerate Services atau J-FAST.

President Director of PT Jababeka Infrastruktur Tjahjadi Rahardja mengatakan, J-FAST rupakan layanan terpadu satu pintu Jababeka Infrastruktur bagi investor yang mendirikan perusahaan. Apakah itu Izin mendirikan Bangunan (IMB), Hak Guna Bangunan (HGB), Izin Usaha Tetap atau Izin Usaha Industri, dan Surat Izin Usaha Perdagangan.

"Seluruh proses perizinan itu dilakukan dalam waktu 1X24 Jam. Kami bantu proses perizinan baik proses IMB, izin lingkungan, hingga pendirian perusahaan. Jadi, investor sudah bisa langsung membangun," kata Tjahjadi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (10/10/2020).

Tak hanya itu, J-FAST juga bisa membantu penyusunan maupun pelaporan dokumen-dokumen yang diwajibkan oleh pemerintah, seperti dokumen Upaya Kelola Lingkungan atau Upaya Pemantauan Lingkungan, Rencana Kelola Lingkungan atau Rencana Pemantauan Lingkungan, laporan pemantauan lingkungan (Semester). Bahkan J-FAST juga menyediakan jasa menganalisa laboratorium dan lingkungan yang dibutuhkan perusahaan dalam mendirikan pabrik atau laporan.

Lebih dalam, dijelaskan Muhammad Ayub Arwin selaku Head of business development J-FAST, hadirnya J-FAST bertujuan agar waktu para investor tidak habis untuk urusan administrasi atau mengurus dokumen perizinan sehingga produktivitas mereka tidak terganggu.

"Kami sadar bahwa waktu perusahaan sangat berharga. Mereka tak ingin produktivitas perusahaan mereka terganggu. Untuk itulah JFAST hadir. Semua urusan perizinan JFAST yang akan urus dan perusahaan tinggal terima beres saja, " kata dia.

Menurut Ayub, jasa yang JFAST tawarkan mempertimbangkan aspek kelayakan, standar, dan tersertifikasi. Sehingga laporan yang dibuat bisa dipertanggungjawabkan.

"Kami selalu mengedepankan value 3T kepada klien kami, yaitu Terpercaya, Terjamin dan Terlengkap. Kami terjamin karena jasa yang kami tawarkan semua punya sertifikasinya, jadi bukan kami yang bikin sendiri.

3 dari 3 halaman

Infografis Harga Mati DISIPLIN Protokol Kesehatan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.