Tol BORR Ruas Simpang Yasmin-Semplak Dibuka Gratis saat Nataru

Oleh Maulandy Rizki Bayu Kencana pada 26 Nov 2020, 20:00 WIB
Diperbarui 26 Nov 2020, 20:00 WIB
Jalan tol Bogor Outer Ring Road (BORR) seksi IIB dari Kedung Badak ke Yasmin sepanjang ruas 2,65 kilometer. (Dok Kementerian PUPR)
Perbesar
Jalan tol Bogor Outer Ring Road (BORR) seksi IIB dari Kedung Badak ke Yasmin sepanjang ruas 2,65 kilometer. (Dok Kementerian PUPR)

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk targetkan Jalan Tol Bogor Ring Road (BORR) Seksi 3A Simpang Yasmin- Simpang Semplak dapat beroperasi fungsional alias gratis pada libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru). Jalan tol ini dikelola oleh kelompok usaha Jasa Marga yakni PT Marga Sarana Jabar (MSJ).

Direktur Utama PT MSJ Dedi Krisnariawan Sunoto menjelaskan, hingga 20 November 2020 progres konstruksi Jalan Tol BORR Seksi 3A Simpang Yasmin- Simpang Semplak telah 99,77 persen.

"Jalan tol ini direncanakan beroperasi fungsional pada Desember 2020. Dengan beroperasi fungsional, Jalan Tol BORR Seksi 3A Simpang Yasmin-Simpang Semplak dapat mendukung pelayanan dalam rangka libur panjang Nataru tahun 2020," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (26/11/2020).

Menurut Dedi, PT MSJ terus melakukan upaya percepatan pembangunan Jalan Tol BORR Seksi 3A Simpang Yasmin- Simpang Semplak dengan menyelesaikan berbagai kendala di lapangan.

Saat ini, PT MSJ tengah menyelesaikan masalah pembangunan On Ramp Cibadak yang terkendala oleh lokasi RSIA Bunda Suryatni pada titik yang sama. Namun masalah ini telah disampaikan kepada Kepala Kantor Wilayah BPN Jawa Barat untuk pengarahan penyelesaian di tingkat Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Jalan Tol BORR Seksi 3A Simpang Yasmin- Simpang Semplak memiliki panjang 2,85 km. Jalan tol tersebut merupakan kelanjutan dari Jalan Tol BORR Seksi 1 hingga Seksi 2B Sentul-Simpang Yasmin yang telah beroperasi sebelumnya.

Secara keseluruhan, Jalan Tol BORR sendiri dibagi menjadi sejumlah seksi dengan panjang total sekitar 13,25 Km dengan rincian sebagai berikut:

- Seksi 1 Sentul-Kedung Halang sepanjang 3,70 km

- Seksi 2A Kd. Halang-Kd. Badak sepanjang 1,55 km

- Seksi 2B Kedunt Badak-Simpang Yasmin sepanjang 2,65 km

- Seksi 3A Sp. Yasmin-Simpang Semplak sepanjang 2,85 km

- Seksi 3B Semplak-Junction Salabenda sepanjang 2,5 km

"Kami berharap, seluruh konstruksi pekerjaan Jalan Tol Seksi 3A Simpang Yasmin- Simpang Semplak dapat segera selesai termasuk perbaikan hasil pemeriksaan pada proses uji laik fungsi operasi oleh Badan Pengatur Jalan Tol dan Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Kementerian Perhubungan agar jalan tol ini dapat dioperasikan," tutur Dedi.

2 dari 4 halaman

Selesai Dibangun, Tol Bogor Outer Ring Road Ruas Yasmin-Kayu Manis Siap Beroperasi

(Foto:Liputan6.com/Achmad Sudarno)
Perbesar
Proyek tol BORR (Foto:Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) telah menyelesaikan pembangunan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi IIIA (ruas Simpang Yasmin-Kayu Manis) sepanjang 3 km. Jalur tol tersebut kini telah siap untuk dioperasikan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Jalan Tol Bogor Outer Ring Road menjadi jalan alternatif untuk mengurai kemacetan di Kota Bogor yang dapat memudahkan pergerakan masyarakat dan meningkatkan taraf ekonomi Kota Bogor.

"Dengan total panjang 11,4 km, ruas tol BORR merupakan jalan alternatif untuk mengurai kemacetan lalu lintas di Kota Bogor dan sekitarnya," kata Basuki, Kamis (5/11/2020).

Ruas Tol Bogor Outer Ring Road Seksi IIIA (ruas Simpang Yasmin-Kayu Manis) telah melalui tahap uji statis dan uji dinamis menggunakan kendaraan berat jenis truk. Proses uji statis dilakukan dengan berhenti di tengah-tengah jalan tol lebih dari satu kali untuk mendapatkan hasil yang konsisten dan mengetahui kualitas kekuatan jembatan tol tersebut.

Sedangkan pelaksanaan uji dinamis bertujuan untuk mengetahui faktor redaman jembatan dan Dynamic Amplification Factor (DAF), yakni perbandingan antara amplitudo akibat beban dinamis dengan amplitudo akibat beban statis yang akan menunjukkan karakteristik dari jembatan tersebut.

Jalan Tol Bogor Outer Ring Road yang dikelola oleh PT Marga Sarana Jabar terbagi menjadi tiga seksi, yaitu Seksi I Sentul Selatan–Kedung Halang yang telah dioperasikan pada 2009. Kemudian Seksi IIA Kedung Halang–Kedung Badak yang diresmikan pada 2014 dan Seksi II B Kedung Badak–Simpang Yasmin yang telah diresmikan 2018 lalu, dengan panjang Seksi I dan II yakni 8,45 km. Lalu dilanjutkan Seksi III Simpang Yasmin–Kayu Manis) dengan panjang 3 km.

3 dari 4 halaman

Nilai Investasi

Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi IIIA (ruas Simpang Yasmin-Kayu Manis) sepanjang 3 km. (Dok Kementerian PUPR)
Perbesar
Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi IIIA (ruas Simpang Yasmin-Kayu Manis) sepanjang 3 km. (Dok Kementerian PUPR)

Proyek tol dengan nilai investasi sebesar Rp 2,05 triliun tersebut dibangun dua arah menggunakan jenis perkerasan kaku dan memiliki masa konsesi selama 45 tahun sejak penerbitan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK). Bertindak sebagai kontraktor PT PP (Persero) Tbk dengan konsultan PT Indec Internusa JO dan PT. Eskapindo Matra.

Kehadiran Jalan bebas hambatan yang ada di Kota Bogor ini diharapkan dapat menjadi pendukung kegiatan ekonomi masyarakat Kota Bogor dan sekitarnya sekaligus menjadi akses pendukung kegiatan industri dan logistik.

Selain itu, Jalan Tol BORR dapat mendukung kawasan wisata di sekitar Kota Bogor, di antaranya kawasan puncak Ciawi dan Kebun Raya Bogor. Jalan Tol ini juga menyajikan panorama Gunung Salak yang indah bagi para pengguna jalan tol saat akan memasuki Kota Hujan. 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓